contoh laporan olympisme – ARSBLOG.ID
Sun. Sep 19th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

contoh laporan olympisme

4 min read

ini adalah contoh laporan olympisme PFNR 2012 unj, hak cipta contoh laporan olympisme ini milik kami, siapapun boleh menjadikan contoh laporan olympisme ini sebagai referensi, namun harap cantumkan sumber kami.

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur senantiasa kami panjatkan kepada Tuhan Yang Mahaesa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan kegiatan penerapan nilai-nilai Olympisme yang berjudul Gerakan Penanaman Semangat (GPS) Olympism. Laporan ini berisikan hasil kegiatan kami di Madrasah Aliyah Negeri 1 Balaraja dalam rangka menanamkan nilai-nilai Olympism kepada generasi muda bangsa Indonesia khususnya yang ada di Madrasah Aliyah Negeri 1 Balaraja.
Dengan tercapainya kegiatan GPS Olympism di Madrasah Aliyah Negeri 1 Balaraja ini, merupakan penerapan dari matakuliah yang kami dapatkan di Universitas Negeri Jakarta  yaitu matakuliah Olympisme untuk menciptakan generasi muda bangsa Indonesia yang memiliki jati diri seorang pemenang dengan menjunjung tinggi nilai kedamaian dan persahabatan.
Dalam pembuatan Laporan ini, kami banyak mendapatkan bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada :
1.      Bapak Sony Teguh Trilaksono, M.Ed, M.BA selaku dosen pembimbing matakuliah Olympisme Universitas Negeri Jakarta.
2.      Seluruh personil kelompok FORTIUS Olympism Universitas Negeri Jakarta.
Penyusunan laporan ini belum mencapai tingkat kesempurnaan baik materi maupun teknik penulisan. Oleh karena itu, kritik dan saran dari para pembaca yang bersifat membangun sangat diharapkan untuk kesempurnaan laporan ini. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi seluruh kalangan dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Jakarta,  Desember  2012
                         
Tim Fortius PFNR 2012
IDENTITAS MAHASISWA
UNIVERSTAS NEGERI JAKARTA
Fakultas           : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)
Jurusan            : FISIKA
Program Studi : Pendidikan Fisika
Ketua Tim       : Stefanus Reno Saputra         (3215126570)
Anggota Tim   : Aini Fatimah                         (3215126540)
  Diajeng Ramadhan               (3215126545)
  Atikah Amalia Widiantoro   (3215126541)
  Attien Jayanti                        (3215126543)
  Farah Nidya Safitri               (3215126549)


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang
Siswa Madrasah Aliyah (MA) yang setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) sejatinya merupakan masa dimana para generasi muda ini dalam proses pencarian jati diri sehingga perlu untuk diberikan pendidikan soft skill agar terbentuk karakter yang berbudi luhur sesuai nilai luhur bangsa Indonesia.
Untuk membentuk karakter yang berbudi luhur tersebut maka diperlukan sebuah paham yang mampu membentuk jati diri dan karakter generasi muda Indonesia  tersebut yang salah satunya adalh Olympisme. Olympism atau Olympisme adalah dasar fundamental dan filosofi kehidupan yang mencerminkan dan mengkombinasikan keseimbangan antara jasmani (badan yang sehat) dan rohani (kemauan, moral dan kecerdasan) serta mengharmoniskan antara kehidupan keolahragaan, kebudayaan dan pendidikan, sehingga dengan demikian dapat diciptakan keselarasan kehidupan yang didasarkan pada kebahagiaan dan usaha yang mulia, nilai nilai pendidikan yang baik dan penghargaan pada prinsip-prinsip etika dasar universal. Olimpisme juga merupakan filosofi hidup yang mengagungkan yang didalamnya memberikan pendidikan bagi manusia bagaimana untuk hidup dengan baik dengan berlandaskan nila-nilai olympisme.
Nilai-nilai olympisme ini akan memberikan sebuah dampak yang positif bagi peradaban dunia khususnya Indonesia apabila mampu untuk ditanamkan dalam diri tiap individu. Berbicara tentang Indonesia, nilai-nilai olimpisme ini sangat fleksibel apabila ditanamkan dalam diri seluruh masyarakat pada umumnya dan pada generasi muda bangsa Indonesia pada khususnya antara lain siswa MA atau SMA. Generasi muda Indonesia ini yang harus diberikaan pendidikan soft skill agar mereka mampu menjadi generasi masa depan yang siap menghadapi globalisasi secara harmonis antara religi, intelektual, dan moral serta mampu menciptakan sebuah peradaban yang damai dan sejahtera. Oleh karena itulah penanaman nlai-nilai olimpisme dinilai menjadi cara yang tepat untuk mewujudkan itu semua.
1.2.  Tujuan
1.2.1.   Tujuan Umum
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendidikan mengenai nilai-nilai olympisme dan menanamkan nilai-nilai olympisme tersebut dalam diri generasi muda bangsa Indonesia agar tercipta generasi yang berkarakter serta menjunjung tinggi semangat berprestasi dan sikap perdamaian serta siap untuk menyongsong masa depan bangsa Indonesia yang harmonis antara kesejahteraan jasmani dan rohani.
1.2.2.   Tujuan Khusus
a.       Memperkenalkan dan memberikan pengetahuan mengenai pentingnya nilai-nilai olympisme dalam segala aspek kehidupan kepada siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 Balaraja.
b.      Menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai olympisme pada diri siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 Balaraja.
c.       Membentuk soft skill siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 Balaraja yang sesuai dengan sikap Excellence, Respect, dan Frendship serta sikap citius, altius, dan fortius.
d.      Membangkitkan motivasi siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 Balaraja dalam mengejar prestasi.
e.       Mengajak siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 Balaraja untuk mampu berkontribusi dalam menciptakan kehidupan bangsa Indonesia yang damai dan sejahtera dengan nilai olympisme.
f.       Memenuhi tugas akhir matakuliah olympisme di Universtas Negeri Jakarta.
1.3.  Sasaran
Peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 1 Balaraja.
1.4.  Ruang Lingkup Kegiatan
Kegiaatan ini melingkupi penanaman nilai-nilai olympisme beserta penerapan nilai-nilai olympisme pada peserta didik tingkat MA di Madrasah Aliyah Negeri 1 Balaraja.
1.5.  Hasil yang diharapkan
a.       Siswa dapat memahami nilai-nilai olympisme melalui materi yang diberikan melalui media presentasi, pemutaran video, lagu, dan permainan-permainan simulasi.
b.      Siswa mampu menerapkan nilai-nilai olympisme yang telah diberikan dalam kehidupan sehari-hari.
c.       Siswa mampu menyebarkanluaskan paham olympisme kepada keluarga dan teman-teman lainnya.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.