deret triboelektrik – ARSBLOG.ID
Sun. Sep 19th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

deret triboelektrik

3 min read


LISTRIK STATIS
Semua benda yang ada di dunia ini memiliki muatan, namun ada yang mengalir dan ada yang diam. Yang diam ini disebut listrik statis. Listrik statis (elektrostatic) adalah kumpulan muatan listrik dalam jumlah besar, yang statis (tidak mengalir), namun apabila terjadi pengosongan muatan tersebut waktunya sangat singkat.
Penemu listrik statis adalah Thales of Miletus . Ia menggosokkan batu ambar dengan kain wol ,kemudian ia dekatkan ke bulu ayam. Ternyata bulu ayam terbang dan menempel pada batu ambar kemudian jatuh lagi. Benda tersusun oleh partikel zat. partikel zat yang terkecil dan tidak dapat dibagi lagi adalah Atom. Tiap Atom tersusun dari inti atom dan elektron. Inti atom terdiri atas Neutron dan proton . Elektron mengelilingi inti atom menurut lintasannya.
Beberapa aplikasi sederhana dari listrik statis adalah :
Bahan-bahan
Hasil
Proses
Kaca – Kain Sutera
Kaca (+), Sutera (−)
Elektron dari kaca berpindah ke kain sutera
Mistar plastik – Kain wool
Mistar plastik (−), Kain wool (+)
Elektron dari kain wool berpindah ke mistar plastik
Sisir – Rambut Manusia
Sisir (−), Rambut Manusia (+)
Elektron dari rambut manusia berpindah ke sisir
Penggaris/mistar plastik – Rambut manusia
Penggaris (−), Rambut Manusia (+)
Elektron dari rambut manusia berpindah ke penggaris
Balon – Kain Wool
Balon (−), Kain Wool (+)
Elektron dari kain wool berpindah ke balon
Ebonit – Kain Wool
Ebonit (−), Kain Wool (+)
Elektron dari kain wool berpindah ke ebonite
Atau bisa dihafal dengan seperti berikut:
KA                  : KACA
RA                  : RAMBUT
WOL               : BENANG WOL
SU                   : SUTERA
PLA                : PLASTIK
NIT                 : EBONIT
CATATAN : Kalian bisa menghafalnya dengan mengingat kalau kedua benda digosokkan maka benda yang urutannya paling atas akan bermuatan positif dan benda yang urutannya paling bawah akan bermuatan negative.
Contoh :
Plastik dengan Rambut (Rambut akan bermuatan positif soalnya dia letaknya diatas dan Plastik akan bermuatan negative karena letaknya dibawah)
Kaca dengan Sutera (Kaca akan bermuatan positif karena kaca letaknya diatas sutera, dan sutera karena letaknya dibawah kaca maka sutera akan bermuatan negative)
Mudah kan ^_^
Hal mengapa semua itu dapat terjadi adalah karena  deret triboelektrik (tribolistrik). Sebenarnya untuk perpindahan elektron antara dua benda keduanya tidak perlu digosok-gosokkan, cukup dikontakkan atau ditempelkan saja, tetapi dengan saling digosokkan, maka perpindahan elektron akan lebih mudah. 
Mengapa? Jika ingin memperoleh logam bermuatan dengan cara gosokan, maka logam  itu harus diisolasi dari tanah agar muatannya tidak dinetralkan, karena adanya aliran elektron ke tanah bila bendanya bermuatan negatif, atau  sebaliknya elektron dari tanah bila benda tersebut bermuatan positif. Atau jika pemegang tidak pakai sepatu yang bersifat isolator maka muatan listrik bisa mengalir melalui tangan, badan, dan kaki si pembuat eksperimen.
Seorang ahli telah menyusun deret benda-benda, lihat Tabel 7.1! Deret benda tersebut menunjukkan bahwa benda akan memperoleh muatan negatif bila digosok dengan sembarang benda di atasnya, dan akan memperoleh muatan  positif bila digosok dengan benda di bawahnya. Deret semacam ini  dinamakan deret tribolistrik. Dengan memahami deret tribolistrik ini kalian akan dapat mengetahui mengapa penggaris bila digosokkan dengan rambut akan bermuatan negative. Semua dapat diselesaikan dengan deret tribolistrik ini. Berikut akan saya berikan deret tribolistrik pada table dibawah ini. Bila kesulitan menghafalnya kalian bisa menggunakan rumus sakti yang ada di atas loh.. ^_^
Deret Tribolistrik
N0
Nama Benda
No
Nama Benda
1
2
3
4
5
6
7
Bulu kelinci
Gelas
Mika
Wol
Bulu kucing
Sutra
Kapas
8
9
10
11
12
13
14
Kayu
Batu Ambar
Damar
Logam (Cu, Ni, Ag)
Belerang
Logam (Pt, Au)
Seluloid
Sekian dulu postingan dari saya, untuk masalah listrik statis berikutnya kalian bisa request di posting komentar. Terima kasih semoga bermanfaat untuk kita semua. Maaf apabila kurang sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.