olympisme – ARSBLOG.ID
Sat. Apr 17th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

olympisme

3 min read

berikut ringkasan materi mengenai matakuliah olympisme yang disampaikan oleh Bapak dr. Sony Teguh Trilaksono, M.Ed, M.BA


a.      Sejarah Olimpade
Olimpiade, pada mulanya adalah bagian dari ritual keagamaan bangsa Yunani (Greece) dan koloninya untuk menyembah dan memuja Dewa Zeus (dewa penguasa  gunung  Olympia atau Olympus). Setelah dilakukan ritual keagamaan di sebuah kuil di sebuah bukit  Kronus di Gunung  Olympia , maka selanjutnya dilakukan sebuah festival atau lomba  olahraga yang diikuti oleh ratusan atlit bangsa Yunani yang dimaksudkan sebagai penghargaan dan rasa syukur bagi dewa Zeus.
Olahraga yang diperlombakan pada awalnya adalah : lari (192 M, 384 M dan 1344 M), gulat, penthatlon (lompat jauh,lempar lembing, lari 192 M, lempar cakram dan lempar martil), tinju, balap kreta kuda, pancration (gabungan tinju dan gulat), balap kuda, dan lomba lari dengan membawa senjata.
Perlombaan olimpiade diadakan setiap 4 tahun sekali di stadion berkapasitas 40.000 (300M x 200 M) di dekat sungai Kladeios dan berlangsung selama 5 hari. Para atlit melakukan lomba dengan bertelanjang bulat, dimaksudkan untuk menjaga kesucian festival. Peserta dan penonton yang diizinkan berpartisipasi hanyalah kaum pria.
b.      Pengertian Olympisme dan Nilai-Nilai Olympisme
Ø  Pengertian Olympisme
Olympisme adalah dasar fundamental dan filosofi kehidupan yang mencerminkan dan mengkombinasikan keseimbangan antara jasmani (badan yang sehat) dan rohani (kemauan, moral dan kecerdasan) serta mengharmoniskan antara kehidupan keolahragaan, kebudayaan dan pendidikan, sehingga dengan demikian dapat diciptakan keselarasan kehidupan yang didasarkan pada kebahagiaan dan usaha yang mulia, nilai nilai pendidikan yang baik dan penghargaan pada prinsip-prinsip etika dasar universal.
Ø  Nilai-Nilai Olympisme
A.    Excellence
1.      Kerja keras untuk mencapai prestasi terbaik
2.      Berjuang hingga akhir (pantang meyerah)
3.      Fokus terhadap pencapaian prestasi
4.      Terus belajar untuk mendapatkan proses yang tepat untuk pencapaian prestasi terbaik
5.      Menjaga keseimbangan antara kebugaran fisik, motivasi /keinginan dan kekuatan mental
B.     Respect
Saling menghargai diri sendiri dan orang lain dalam hal :
1.      Perbedaan pendapat
2.      Perbedaan keyakinan
3.      Perbedaan keragaman budaya
4.      Perbedaan Suku, Ras, dan Bangsa
5.      Hak-hak sebagai manusia
6.      Pencapaian prestasi atau kesuksesan seseorang
C.     Friendship
1.      Persahabatan
2.      Berempati dan bersimpati kepada orang lain
3.      Kerjasama
4.      Saling memberidan melayani
5.      Saling mendukung
c.       Penerapan Olympisme Dalam Kehidupan
Olympisme memberikan nilai-nilai yang sangat mulia bila kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam meraih prestasi. Untuk dapat meraih prestasi kita harus terus berjuang pantang menyerah, hal ini sesuai dengan salah satu nilai olympisme yaitu Excellence. Apabila kita terapkan nilai itu dalam kehidupan maka kita akan bisa menjadi seorang pemenang.
Begitu pula ketika kita menghadapi sebuah permasalahan yang harus diselesaikan secara bersama, kita harus saling menghargai pendapat orang lain tanpa boleh menghina orang tersebut baik suku, ras, maupun agama. Hal ini pun sesuai dengan nilai olympisme yaitu Respect. Sehingga kita akan selalu menjunjung tingi kebersamaan.
Dalam dunia remaja khususnya masa SMA atau MA merupakan masa yang bergejolak, dalam periode ini sering terjadi perselisihan seperti tawuran antar pelajar, namun apabila kita menerapkan nilai olympisme yaitu Friendship maka tidak akan ada yang namanya tawuran antar pelajar itu.
Dalam penyampaian materi kami menggunakan metode presentasi menggunakan media infokus, selama materi kami juga memberikan video-video tentang sejarah olimpiade, filosofi olimpiade, nilai-nilai olimpiade, penerapan olimpiade dalam kehidupan sehari-hari. Selain video kami juga mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu-lagu tentang pemuda dan nilai-nilai olympisme dan kemudian kami berikan permainan-permainan simulasi penerapan nilai-nilai olympisme tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.