Bangga Menjaga Identitas Nasional – ARSBLOG.ID
Sat. Apr 17th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Bangga Menjaga Identitas Nasional

2 min read
Perubahan iklim telah merusak kestabilan lingkungan dan ekosistem. Tidak semua spesies siap mengahadapinya termasuk berbagai jenis pemangsa di Indonesia antara lain simbol negara kita.
Burung Elang jawa (Spizaetus bartelsi) merupakan salah satu jenis elang berukuran sedang yang hanya dapat ditemukan di pulau jawa. Keberadaannya sangat bergantung pada hutan alami di jawa.
Satwa ini diangap identik dengan lambang negara Republik Indonesia, yaitu Garuda. Sejak tahun 1992 burung ini ditetapkan sebagai maskot langka Indonesia melalui keputusan Presiden nomor 4 tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional, sebagai wakil satwa langka dirgantara.
Populasi Elang jawa di alam diperkirakan tinggal 600 ekor, sehingga pemerintah Indonesia melindungi Elangjawa melalui PP No 7 Tahun 1999 tentang konservasi sumber daya hayati dan ekosistemnya. Sanksi terhadap pelanggaran ini diatur dalam undang-undang no 5 tahun 1990 pasal 21 (ayat 2) yaitu “dipidana dengan pidana penjara paling lama lima tahun dan denda paling banyak Rp. 100 juta”.
Badan Konservasi Dunia Perserikatan Bagsa-Bangsa atau yang disebut IUCN, mengkategorikan flora dan fauna yang terancam punah dalam apendiks 1 hasil kesepakatan konvensi internasonal tentang perdagangan satwa dan tumbuhan yang langka, yang mengatur perdagagan ekstra ketat. Kriteria terbaru dari IUCN, Elang jawa dimasukkan dalam kategori Endangered atau “Genting” (Collar et al, 1994, Shannaz et al., 1995)
(dikutip dari greeneers)
Banyak Organisasi yang mengadakan kegiatan untuk menjaga habitat asling sang Elang vawa ini, tak hanya menjaga habitat aslinya naumn juga harus mengawasi perdagangan satwa liar dan ilegal yang marak di Indonesia, serta harus melakukan kegiatan pelepasan Elang jawa yang ditangkap ke alam tempat Ian tinggal.
Kita tentu tidak akan pernah menginginkan Satwa yang telah menjadi identitas nasional ini punah, yang akan menyebabkan anak cucu kita hanya bisa mendengar dongeng dan cerita dari kita tentang lambang negara kita yang kita agungkan sebagai satwa yang gagah perkasa yang mencerminkan bangsa kita. Apakah nantinya bangsa kita akan punah juga bila lambang bangsa kita telah punah? bisa jadi demikian.
Tugas seluruh bangsa Indonesia untuk tetap setia menjaga lambang negara kita yang menjadi cerminan bangsa kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.