Beberapa Tips Singkat Merawat Laptop dengan Mudah – ARSBLOG.ID
Sat. Apr 17th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Beberapa Tips Singkat Merawat Laptop dengan Mudah

3 min read
Selamat Pagi semua, kesempatan kali ini saya ingin sharing tentang cara merawat laptop dan notebook dengan mudah dan tidak ribet deh pokoknya ^_^. Sebenarnya merawat Laptop atau otebook itu tidak begitu sulit seperti merawat komputer desktop. yang harus kita ketahui adalah bahwa Laptop atau notebook kita itu layaknya kita sendiri yang butuh perawatan selain perawatan mereka pun sangat butuh perhatian agar awet dan bisa setia menemani kita *loh 😀 
nah supaya laptop dan notebook kita bisa dipakai sampai kapanpun dan tetap terlihat elegan maka kita harus merawatnya. Satu hal yang perlu kita ketahui adalah bahwa Laptop itu barang elektronik yang sangat sensitif Perlu diketahui juga, komponen laptop itu lebih mahal dibandingkan komponen komputer desktop atau PC. Sehingga kita harus mau dan tidak mau merawat laptop atau notebok kita.
ada beberapa cara yang sangat mudah dan simple untuk merawat mereka nih, ga butuh uang banyak ko, asal rutin melakukannya maka laptop pun akan tetap bisa digunakan. baiklah kita simak tipsnya:
1. Berhati-hati dalam menginstall software dari internet
Biasanya kita kalau sedang browsing pasti selalu ingin memperkaya laptop kita dengan software-software yang tersedia di internet. Namun yang harus kita ketahui adalah banyak software di internet yang di dalamnya disisipkan virus atau malware yang dapat merusak sistem laptop kita. maka dari itu kita harus selektif dalam menggunakan software dan usahakan gunakan antivirus yang dapat men-scan software yang ingin di install seperti avast.
2. Menginstall Software sesuai kebutuhan.
sekarang kita bayangkan, kita membeli 10 buah roti lalu kita hanya memakan 1 nah yang 9 kan cuma akan basi dan tidak berguna. sama seperti kita menginstall software, buat apa banyak software namun tidak pernah kita gunakan, itu hanya akan memakan memori ram kita dan akhirnya laptop kita akan lemot. alangkah baiknya bila kita hanya menginstall software sesuai kebutuhan kita, sehingga laptop pun lebih bermanfaat.

3. Menempatkan Laptop pada Tempat yang sesuai saat digunakan.

Hal yang perlu dierhatikan berikutnya adalah saat kita menggunakan laptop, letakanlah pada tempat yang datar dan tidak menutup lubang kipas pendingin lapotop kita. sehingga sirkulasi udara tidak terhambat dan komponen lapotop tidak cepat panas. apabila kita meletakkannya di kasur, bantal, dan tempat lain yang menutup kipas pendingin, maka lapotop tdak bisa membuang panas yang dihasilkan oleh komponennya dan akhirnya panas yang terperangkapakan membuat komponen yang ada semakin panas hingga akhirnya akan merusak komponen itu sendiri akibat panas yang berlebihan.

4. Jaga kebersihan laptop anda
Usahakan laptop kita tidak boleh ada debu sama sekali, karena debu yang terdapat pada laptop apabila dibiarkan maka akan menumpuk hingga akhirnya akan menutupi komponen laptop kita alaupun hanya sedikit hal ini akan mengganggu stabilitas laptop kita.

5. Hindari getaran elektromagnetik
Jauhkan laptop kita dari alat-alat elektromagnetik seperti misalnya alat pengeras suara, loudspeaker, mesin, handphone, dan sumber getaran lainnya. karena kita ketahui bahwa dalam laptop kita ada komponen yang menggunakan magnet dan apabila kita dekatkan dengan medan magnet lain maka akan berakibat sangat fatal sekali.

6. Merawat baterai laptop secara teratur
Apabila kita ingin menggunakan laptop dalam waktu yang lama, maka lebih baik kita melepas baterainya. Namun harus diperhatikan ketika kita sering tidaak menggunakan baterai maka baterai pun harus tetap kita charge dalam waktu yang teratur misal seminggu 2x kemudian Jaga sirkulasi udara juga, karena ini sangat penting apabila tidak terjadi sirkulasi udara yang lancar maka dapat menyebabkan over-heating.

7. Jangan Memindahkan Laptop Ketika Masih Menyala.
Hal yang sering kita lakukan adalah memindahkan laptop ketika dalam kondisi menyala. sebenarnya hal ini sangat tidak diperbolehkan. mengapa demikian? begini kawan ceritanya Laptop yang masih dalam kondisi hidup hidup atau belum di shutdown/sleep berarti harddisknya juga sedang bekerja. harddisk masih berputar untuk melakukan tugasnya sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder, itu akibatnya sangat fatal. kalau sudah tergores maka harddisk akan rusak kalau harddisk rusak maka kita hanya bisa terpaku meratapinya karena selain harus beli yang baru data yang ada pun akan lenyap. makanya mulai sekarang kita harus lebih hati-hati lagi.

sekian tips yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. sebenarnya masih banyak tips lainnya namun saya kira tips dasarnya yah ini. kita harus tahu dasarnya terlebih dahulu kan sebelum kita melangkah ke yang lebih tinggi ^_^.

 

1 thought on “Beberapa Tips Singkat Merawat Laptop dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.