Regelasi Sebagai Salah Satu Fenomena Alam – ARSBLOG.ID
Sat. Apr 17th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Regelasi Sebagai Salah Satu Fenomena Alam

2 min read
 REGELASI
hai semua, kali ini saya akan membagi sebuah cerita menarik yang semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Kali ini saya akan menceritakan tentang sebuah fenomena menarik yang dinamakan Regelasi, yaitu peristiwa melebur dibawah tekanan dan membeku kembali saaat tekanan dikurangi. Hal tersebut merupakan slah satu sifat dari air, dalam hal ini khususnya karena struktur molekul H2O yang terbuka, sehingga membuatnya menJadikannya berbeda dari zat-zat lain. Ketika kita membuat sebuah bola salju, secara tidak sadar kita telah menggunakan prinsip ini. ketika kita menekan salju dengan tangan kita yang menyebabkan sedikit peleburan pada kristal es sedangkan saat kita kurangi tekanan tersebut,es akan membeku kembali dan bersama-sama mengikat salju. Sulit membuat bola salju dalam cuaca yang sangat dingin, karena tekanan yang dapat kita berikan mungkin tidak cukup untuk melebur salju.
Selain itu ada contoh lain dari fenomena regelasi ini kawan, entah sadar atau tidak pasti kita pernah melihat seseorang yang bermain ski es kan? nah itu pun aplikasi dari fenomena regelasi ini. Pada sepatu yang digunakan oleh pemain ski dibuat seperti pisau tipis, hal ini akan membuat tekanan yang diberikan terhadap es akan lebih besar, ingat bahwa semakin kecil luas benda maka tekanannya akan semakin besar karena P=F/A. karena tekanan yang besar itu maka es akan melebur dan pemain ski dapat dengan leluasa berselancar diatas es tersebut, kemudian sesaat setelah tekanan sepatu itu dikurangi (pemain ski melaju terus) maka es akan kembali membeku sehingga tidak akan pecah es tersebut.

sekian dulu cerita fisika yang bisa saya sampaikan, Fisika itu indah ^_^ lain kali saya akan ceritakan fenomena-fenomena Fisika lainnya yang lebih seru, sehingga bisa menambah cakrawala kita dan menambah ilmu kita.
terima kasih ^_^ 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.