tip dan trik masuk UNJ 2013 – ARSBLOG.ID
Fri. Nov 15th, 2019

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

tip dan trik masuk UNJ 2013

4 min read

Selamat sore semuanya, melihat banyaknya para adik-adik kita yang ingin masuk UNJ namun kesulitan terhadap informasi yang ada, maka saya disini ingin menyampaikan beberapa informasi yang semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

unj

Untuk tahun ini UNJ memiliki 3 cara atau 3 Jalur masuk, yang pertama adalah melalui Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kedua Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan terakhir adalah SM-UNJ atau Jalur mandiri. Mari kita ulas satu persatu.
1.      Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Seperti yang kita ketahui bahwa untuk tahun ini diberlakukan sistem baru, yaitu untuk SNMPTN hanya untuk Jalur Undangan, demikian dengan UNJ, pada tahun ini memberlakukan sisten tersebut. Pada Jalur masuk ini pihak Universitas memberikan Jatah kuota sebesar 2600 kursi yang akan diperebutkan oleh seluruh siswa SMA kelas 12 di seluruh tanah air tercinta Indonesia. Jalur ini tanpa tes dan tanpa ujian keterampilan serta tidak dipungut biaya alias GRATIS. 
Pada Jalur ini yang diperhatikan adalah nilai raport, nilai matapelajaran, konsistensi, akreditasi sekolah, dan prestasi di luar sekolah. Yang saya tahu tentang penilaian ini adalah peserta akan diseleksi oleh pihak Universitas melalui beberapa hal diatas. Pengalaman saya walaupun nilai kita bagus namun nilai kita tidak konsisten atau naik turun maka kemungkinan tidak akan dipertimbangkan, kemudian nilai matapelajaran yang sesuai dengan program studi yang kamu pilih, misalnya kamu ingin masuk pendidikan fisika, namun nilai fisika kamu tidak memuaskan dan tidak konsisten maka peluang menjadi semakin sedikit. Kemudian akreditasi sekolah dan prestasi luar sekolah pun menjadi pertimbangan, sekolah dengan akreditasi A maka akan lebih dipertimbangkan, kemudian Universitas pun kemungkinan akan melihat track record alumni SMA tersebut apakah mereka ada yang kuliah di UNJ dan apakah prestasinya baik. Namun apabila kamu mempunyai prestasi luar sekolah maka dapat kamu masukan dalam CV pendaftaran kamu.
Kemudian peserta yang lulus untuk jalur ini maka akan mendapat title sebagai mahasiswa kelas regular dan besarnya biaya pendidikan untuk tahun ini tetap masih menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang besarnya berkisar antara 2,9-4 juta rupiah. UKT ini adalah besarnya biaya yang harus dibayarkan mahasiswa per semesternya selama kuliah. UKT ini merupakan biaya kuliah sampai S1 yang diakumulasikan dan dibagi dengan 8 semester. Jalur regular ini biayanya lebih murah disbanding nonreguler. Program Studi yang ada dapat kalian lihat di web resmi unj www.unj.ac.id
 
Untuk info lengkap bagaimana mendaftar lewat jalur ini, kalian bisa menghubungi guru bimbingan konseling kalian di sekolah masing-masing. Susah tidaknya masuk UNJ ini bergatung pada niatan kalian semua, banyak mendekatkan diri kepada Allah SWT dan senantiasa istiqomah.
2.      Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Tahap berikutnya adlah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jalur masuk ini akan dibuka pendaftrannya mulai dari tanggal 13 Mei pukul 08.00 WIB hingga 7 Juni pukul 22.00 WIB mendatang. Ujian tertulis pada 18-19 Juni 2013 serta ujian keterampilan pada 20 dan 21 Juni 2013. Pada Jalur ini UNJ menyediakan kuota sebesar 2600 kursi yang akan diperebutkan seluruh peserta di Indonesia mulai dari angkatan 2 tahun sebelumnya sampai angkatan tahun ini.
Pada Jalur ini peserta akan melakukan ujian tertulis dan keterampilan untuk program studi yang mensyaratkannya. Apabila kalian bertanya apakah sulit? Jawabannya ada di dalam diri kalian masing-masing, seberapa besar usaha kalian untuk lulus pada Jalur ini. Soal yang akan diujikan adalah Tes Potensi Akademik (TPA), Kemampuan Dasar (KD), dan Materi sesuai Jurusan kalian di SMA. Soal yang diujikan sudah dirancang sedemikian rupa sehingga membutuhkan logika berfikir yang cukup tinggi, namun kalian tidak perlu khawatir, kalian tinggal belajar mengerjakan soal-soal tahun sebelumnya, agar terbiasa dengan logika berfikir ala soal SBMPTN.
Peserta yang lulus pada tahap ini, maka dia akan masuk UNJ dengan title mahasiswa nonreguler. Biasanya biaya kuliah nonreguler lebih mahal dari regular. Karena tanpa subsidi. 
Namun, pada hakikatnya semua sama tidak ada yang berbeda Jadi buat kalian yang nantinya menjadi mahasiswa nonreguler tak perlu khawatir dan berkecil hati, saya saja mahasiwa nonreguler ^_^ dan saya bangga dengan title itu.
Pendaftaran pada Jalur masuk ini bisa kalian tanyakan pada guru bimbingan konseling di sekolah masing-masing.
3.      SM-UNJ (Seleksi Mandiri)
Pada Jalur ini pihak Universitas hanya membuka Jalur mandiri untuk program studi Jenjang D3 atau Diploma 3, tidak untuk program studi S1. Pendaftarn Jalur ini biasanya pada bulan Juli-Agustus atau setelah pengumuman SBMPTN.
Materi yang diujikan sama seperti SBMPTN, namun bilai dilihat dari segi kerumitan soal, ini lebih mudah dbandingkan dengan soal pada SBMPTN. Untuk pendaftaran Jalur ini kalian harus mendaftar secara onlinemelalui situs resmi mereka.
Pesan dari saya untuk adik-adik yang ingin masuk UNJ adalah, Jangan percaya pada pihak manapun yang memberikan Jaminan akan meluluskan kalian dengan membayar biaya tertentu. Karena itu adalah penipuan.
Untuk info lebih lanjut kalian bisa berkomentar di blog ini dan saya akan coba merespon tiap pertanyaan dari kalian semua. Dan Jangan lupa tinggalkan komentar untuk blog ini demi perkembangan blog ini.
UPDATE : Semenjak tahun 2013 biaya kuliah UNJ disesuaikan dengan kemampuan orang tua dan digolongkan menjadi beberapa golongan besaran uang kuliahnya, lebih lengkapnya akan diadakan penilaian oleh pihak UNJ ketika sudah dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa baru UNJ

Untuk mengetahui prediksi nilai nasional UNJ pada SBMPTN 2017 bisa klik DISINI
Untuk mendownload Soal-Soal Ujian Mandiri UNJ klik disini

82 thoughts on “tip dan trik masuk UNJ 2013

  1. kak kalo masalah biaya di unj untuk jurusan pendidikan dan sastra indonesia itu kira kira berapa? atau gini aja biaya masuk unj berapa? dan di unj kalo untuk jurusan pendidikan sastra dan bahasa indonesia ada kelas karyawan gak ya? terima kasih kak.

  2. kalau untuk biaya masuk unj itu tergantung kebijakan pemerintah dan kampus de, kalau tahun 2012 kemarin sistemnya UKT yang ditetapkan oleh pihak kampus, kalau tahun 2013 ini biaya berdasarkan kemampuan gaji orang tua, untuk tahun berikutnya saya belum bisa memastikan akan seperti apa sistemnya.

    karena UNJ kampus negeri jadi tidak ada kelas karyawan de..

  3. bukan begitu de maksudnya, jadi gini kalau tahun 2012 lalu kan snmptn ada 2 undangan dan tulis lalu ada lagi jalur mandiri UNJ, namun tahun 2013 snmptn hanya undangan saja dan yg tulis itu sbmptn, nah yg sbmptn itu menggantikan jalur penmaba(mandiri UNJ), jadi tahun 2013 tidak ada jalur penmaba UNJ

  4. untuk adik-adik ada tambahan:

    "untuk angkatan tahun 2013 lalu, sudah tidak ada kelas non-Reguler, yang ada hanyalah kelas Bilingual. mekanismenya semua peserta yang lulus snmptn dan sbmptn diberikan kesempatan untuk mengikuti tes wawancara bahasa inggris lalu yang lulus akan masuk kelas bilingual. (untuk fakultas MIPA)"

    "kemudian untuk biaya kuliah baik reguler dan bilingual besarnya disesuaikan dengan pendapatan orang tua"

  5. Ka aku mau tanya klo seandainya aku masuk UNJ apakah ada kelas untuk yang bekerja misal nya kuliah pada hari sabtu dan minggu saja , aku niat untuk kuliah sambil kerja ka

  6. Ka maaf mau tanya
    ini nilai rapot saya
    Agama 74, 82, 85, 87, 87
    Pkn 78, 80, 82, 83, 85
    indo 74, 78, 79, 81, 86
    inggris 74, 75, 80, 82, 85
    mtk 75, 74, 80, 84, 85
    sejarah 78, 78, 80, 83, 86
    geografi 78, 78, 79, 81, 85
    ekonomi 80, 80, 85, 85, 88
    sosiologi 83, 83, 83, 85, 87
    seni 76, 77, 78, 85, 87
    penjas 70, 73, 83, 84, 83
    TIK 83, 81, 87, 90, 92
    b.prancis 75, 77, 82, 84, 88
    BTA 78, 80, 78, 80, 84
    Kira2 peluang saya besar atau kecil buat masuk UNJ pendidikan ekonomi
    tolong jwb ya ka.

  7. Kalau menurut kk peluang kamu cukup bagus de, nilai kamu konsisten naik terus, mudah-mudahan kamu bisa diterima ya.. semangat terus ya..

    banyak berdoa juga, karena kk disini tidak bisa memastikan kamu pasti masuk atau tidak tapi kalau diliat peluang kamu cukup bagus de dan berpeluang masuk UNJ

  8. assalamualaikum ka saya sekolah di MA Islamic Centre Cirebon, insya Allah saya ingin masuk UNJ melalui jalur SNMPTN tapi belum ada alumni yg kuliah di UNJ kira-kira gimana yah ka ?dan maksudnya hanya sekolah yg diundang itu gimana yah ka ?

  9. wa'alaykumsaam…
    ga masalah ko de kalau belum ada alumni yg disana, yg penting nilai kamu cukup bagus sehingga peluangnya besar de…

    sebenarnya tidak ada mengenai hanya sekolah yang diundang, yang ada hanyalah kuota pendaftaran lewat jalur undangan yang dibatasi berdasarkan akreditasi sekolah de..
    sperti misalnya sekolah dengan akreditasi A maka akan diberikan kuota lebih untuk pendaftaran snmptn undangan, namun untuk tahun 2013 kemarin semua siswa berhak ikut snmptn undangan, untuk tahun 2014 ini saya belum tahu sistemnya apakah akan sama seperti tahun kemarin ataukah berbeda..

    yang terpenting tetap istiqomah dan percaya diri aja ^_^

  10. Kak kalau sbmptn (tes tulis) untuk tahun ini (2014), misalnya milih 3 prodi, itu milih univnya boleh ga kalau hanya 1 univ saja? dan univnya itu bukan yg satu wilayah di mana tempat kita melakukan tes tulis sbmptnnya?

  11. ka.. aku pengen banget masuk UNJ jurusan Fisika.
    Tapi nilai rapot fisika aku ga konsisten (naik turun) ka.
    Jadi aku minder 🙁

  12. teman sekelas saya di SMA dulu masuk tata rias, dia dari jurusan IPA, sepertinya nilai rata-rata kamu sudah cukup untuk ikut snmptn undangan, kalau masalah diterima atau tidaknya saya tidak bisa pastikan de, tapi peluang cukup bagus kok..
    kalau ada muatan lokal tata riasnya itulah yang dihitung, kalau tidak ada mungkin dilihat dari mapel yang pokok

  13. Jurusan Bahasa Inggris sama Ekonomi, peluangnya enakan yang mana nih om?
    Kalau nilai raport dan sekolah aku nya kurang mendukung, bagusan pake jalur mana nih Om?

  14. Kak, kira2 lbih sulit sbmptn atau seleksi mandiri? Aku pengen nyoba ujian mandiri karna gagal sbmptn. Makasih sebelumnya 🙂

  15. Ka mau nanya nih ,
    Saya kan mau masuk sastra inggris nah itu kelompok soshum ka , tapi saya dari jurusan ipa , jadi yang harus saya pelajari tntng soal mandiri nya tentang ipa atau ips ?
    Dan sastra inggris itu kan S1 ka apa gbisa lwat jlur mndiri ?
    Makasih tlong djwb ka:)

  16. Kalau mau lulus SBMPTN dan masuk UNJ,coba aja les di Telescope Learning Center (TLC)dia bimbel baru tapi keren banget, sayang baru ada di Jakarta Timur, padahal ini tempat les keren banget, mantep deh dibanding bimbel lama yang lain yg ini baru tapi gresssss banget, aku sih udah les disini dan alhamdlillah bagus

  17. Kalau mau BIMBEL buat persiapan masuk UNJ sih banyak, klau yang disekitaran Jakarta Timur ada banyak, cuma sih recomendednya Telescope aja, deket dari UNJ, dan bagus juga sih

  18. Kamu harus banyak latihan lagi, karna ketika kita banyak berlatih lama lama kita akan terbiasa mengerjakan soal, fokuskan pada mata pelajaran yang paling kamu kuasai untuk mendulang point, namun bukan berarti mata pelajaran lain tidak kamu perhatikan, mata pelajaran lain juga harus kamu kuasai agar bisa mendapat nilai tambahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.