Kesehatan Nikmat yang Sering Terlupakan – ARSBLOG.ID
Sat. Apr 17th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Kesehatan Nikmat yang Sering Terlupakan

3 min read
Kesehatan merupakan nikmat terindah dan terbesar yang diberikan Allah SWT kepada hambanya. Namun, banyak diantara kita yang sering melupakan kesehatan untuk keperluan yang lain. Padahal kalau kita fikir kesehatan itu mahal harganya, apabila kita sakit berapa biaya yang kita butuhkan untuk pergi ke dokter? maka dari itu pentinglah bagi kita untuk senantiasa memperhatikan kesehatan kita.
kita memang terkadang akan ingat betapa berharganya kesehatan kita ketika kita sedang sakit. sakit bukan merupakan sebuah kebencian Allah SWT kepada kita, Namun, sakit yangdiberikan kepada kita adalah tanda bahwa Allah SWT masih sayang terhadap kita, karena ia ingin kita lebih memikirkan kembali dan memperhatikan kembali kesehatan kita, karena kita telah lalai dalam memperhatikan keehatan kita.

banyak cara yang dapat dilakukan diantaranya:

1. Olahraga Secara Teratur.

Olahraga secara teratur memang sangat baik bagi kesehatan, namun olahraga pun tidak boleh dipaksakan karena tubuh memiliki batas tertentu. olahraga yang dapat dilakukan adalah lari pagi sambil menghirup udara segar agar paru-paru dan organ tubuh lainnya sehat. kemudian bisa dengan olahraga rutin tiap hari atau 2 hari sekali atau 3 kali sekali.

2. Mengkonsumsi Sayuran dan Buah-buahan.

Sayur dan Buah mengandung serat, vitamin,mineral,enzim pencernaan dan juga air hal ini tidak ditemukan pada makanan lain. Bahkan menurut salah soerang Dokter spesialis gizi klinik FKUI/RSCM dr. Fiastuti Witjaksono mengatakan bahwa secara keseluruhan apa yang dikandung buah dan sayur tidak dimiliki oleh Suplemen. sayur dan buah punya peran yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Serat yang dimiliki oleh Sayur dan buah sangat bermanfaat untuk saluran pencernaan, menjaga kadar gula darah, menjag kadar lemak darah dan juga membuat rasa kenyang.Sayur dan buah juga mengandung antioksidan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Antioksidan sendiri sangat berperan dalam mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi yang merusak DNA, protein dan juga lemak.Proses oksidasi mampu menyebabkan penuaan dini, picu kanker dan juga penyakit jantung. Padahal proses oksidasi itu bisa disebabkan oleh asap rokok, polusi, bahkan juga metabolisme tubuh sendiri. Berarti semua penyebab oksidasi sangat dekat dalam kehidupan sobat.

3. Istirahat yang Cukup.

Istirahat yang cukup dapat membuat tubuh kita sehat dan bugar, karena tubuh kita pun butuh istirahat, istirahat adalah hak yang harus diberikan pada tubuh kita. apabila tubuh terus diporsisr untul melakukan sesuatu maka tubuh akan rusak. ibaratkan handphone yang harus dicharger ketika baterai sudah habis, tubuh pun seperti itu. maka istirahatlah yang cukup untuk membuat tubuh kita tetap sehat.

4. Perbanyak Minum Air Putih

meminum air putih dapat melancarkan pencernaan kita, racun dan kotoran yang mengendap ditubuh kita akan hilang karena air putih sehingga tubuh pun segar dan sehat. selain itu air putih pun mampu melancarkan metabolisme tubuh sehingga perdearan darah ke segala organ tubuh lancar dan tubuh pun akan sehat. banyak sekali manfaat lain dari meminum air putih seperti memperbaiki kesehatan kulit, menghindari sembelit, dan mampu membantu program diet.

5. Selektif dalam Memilih Makanan

makanan yang ada saat ini syarat akan bahan pengawet dan pewarna buatan, tidak hanya itu banyak zat adiktif yang dicampurkan dalam makanan tersebut, sehingga kita harus lebih selektif lagi dalam memilih makanan, lebih baik anda memasak atau membuat makanan sendiri dibandingkan anda membeli makanan instant yang banyak mengandung pewarna dan pengamet buatan. 

6. Hindari Rokok dan Minuman Keras

sudah pasti rokok dan minuman keras tidak ada manfaatnya sama sekali, penelitian di Amerika Serikat mengatakan bahwa satu batang rokok dapat mengurangi umur kita selama 3 menit, sehingga kita dapat menghitung apabila kita merokok sama seperti kita mengantarkan kematian. minuman keras pun telah diharamkan oleh Allah SWT karena hanya memberikan hal-hal yang buruk yang dapat merusak tubuh kita, maka dari itu untuk mendapat kesehatan yang baik hindari kedua hal diatas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.