misteri lubang hitam “black hole” – ARSBLOG.ID
Sat. Apr 17th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

misteri lubang hitam “black hole”

2 min read
kita mungkin sudah tidak awam dengan kisah black hole atau lubang hitam. namun misteri tentang lubang hitam ini sangat misterius hingga menarik para ahli untuk menelitinya. karena lubag hitam ini mampu menyerap benda yang ada disekitarnya dengan putarannya yang sangat kencang. bahkan para ahli peneliti astronomi di california telah menemukan misteri teantang lubang hitam ini.
black hole
karena begitu misteriusnya lubang hitam ini Astronom berupaya mengungkap misteri lubang hitam raksasa. Menggunakan bantuan Nuclear Spectroscopic Telescope Array (NuSTAR), mereka mencoba mengukur kecepatan putar lubang hitam supermasif yang terletak di pusat galaksi spiral NGC 1365.
pada hari Kamis 28 februari 2013, Scienceagogo melansir bahwa lubang hitam supermasif ini berputar dengan cepat mendekati kecepatan cahaya. Astronom ingin mengetahui seberapa kencang putaran lubang hitam raksasa, sehingga mampu “menghisap” objek yang berada di sekitarnya.

“Ini merupakan pertama kalinya astronom bisa mengukur secara akurat tentang putaran lubang hitam supermasif,” ujar peneliti dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, Guido Risaliti. Menurutnya, perputaran lubang hitam ini memberikan petunjuk tentang apa yang terjadi di masa lalu, serta mengetahui evolusi galaksi induknya.

“Putaran lubang hitam merupakan sebuah memori, rekaman mengenai sejarah masa lalu dari galaksi secara keseluruhan,” tutur Guido. Peneliti juga bekerja bersama XMM-Newton, sehingga NuSTAR mampu melihat energi sinar-X dengan lebih luas hingga menembus lebih dalam di sekitar area lubang hitam.

Peneliti menjelaskan, lubang hitam memiliki massa dari jutaan hingga miliaran kali lipat dari ukuran Matahari. Awalnya, lubang hitam diyakini berbentuk benih kecil dan kemudian tumbuh besar dengan “menelan” bintang-bintang dan gas di galaksi induk mereka.

“Mengukur putaran lubang hitam supermasif merupakan hal mendasar untuk memahami sejarah masa lalu dan galaksi induknya,” terangnya. Mempelajari lubang hitam supermasif ini juga bisa dikaitkan dengan teori relativitas Einstein dalam kondisi ekstrem.

Teori ini menjelaskan bagaimana gravitasi mempengaruhi struktur waktu di luar angkasa. Tim peneliti juga akan mempelajari bagaimana kondisi lubang hitam dari waktu ke waktu.

sumber mengenai lubag hitam ini diperoleh dari sebuah situs berita online yang ada di indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.