Sejarah Nama Indonesia – ARSBLOG.ID
Sat. Apr 17th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Sejarah Nama Indonesia

3 min read
Indonesia
Indonesia merupakan salah satu negara yang terdiri dari beribu-ribu pulau yang terhampar luas diatas laut-laut nan megah dan indah. Indonesia juga menjadisatu-satunya negara dengan gugusan pulau-pulaunya yang terbanyak didunia, bahkan pulau kalimantan pun menjadi salah satu pulau terbesar di dunia.

Namun apakah kita pernah berfikir dan bertanya, dari manakah asal nama Indonesia? bukankah dahulu tidak ada nama itu, yang ada hanyalah nama seperti sriwijaya, maja pahit, samudra pasai, kutai, tarumanegara, dll yang merupakan kerajaan-kerajaan yang ada di pulau-pulau wilayah ini. Lalu Indonesia itu siapa yang memberikan nama itu? kenapa bisa diberi nama Indonesia? banyak dari kita yang acuh bahkan tak peduli dengan hal ini yang dikatakan sepele, karena hanya masalah nama. 
Sebagai bangsa yang baik kita seharusnya tahu dan paham akan berbagai karakteristik, sejarah, dan semua hal tentang negara kita termasuk nama Indonesia itu sendiri. Karena masyarakat Indonesia saat ini hanya berfikir apa yang dapat diberikan negara untuk kita bukan apa yang dapat kita berikan untuk negara, sehingga masyarakat kita hanya menuntut dan menuntut saja.
Baiklah, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit memberikan wawasan tentang sejarah nama Indonesia itu, mungkin sebagian sudah ada yang tahu dan belum, tak apa kita kembali buka wawasan kita. ^_^ 
Bila kita tinjau dari segi geografis sudah pasti yang dimaksud Indonesia adalah bagian bumi yang membentang dari 95°-141° Bujur Timur dan 6° Lintang Utara sampai 11 Lintang Selatan. Nah, sekarang kita mulai membuka wawasan kita tentang Indonesia. Istilah Indonesia ini untuk pertama kalinya ditemukan dan diperkenalkan oleh seorang ahli etnologi dari Inggris yang bernama James Richardson Logan yaitu pada tahun 1850 dalam ilmu bumi. Kemudian istilah Indonesia ini akhirnya digunakan juga oleh G.W. Earl dalam bidang etnologi. G.W. Earl ini memberikan nama atau sebutan Indonesians dan Melayunesians untuk penduduk Kepulauan Melayu yang tidak lain merupakan penduduk yang berada pada kepulauan Indonesia dan sekitarnya.

Kemudian pada tahun 1862 istilah Indonesia ini digunakan oleh seseorang berkebangsaan Inggris yang benama Maxwell dalam buku karangannya yang berjudul The Island of Indonesia (Kepulauan Indonesia) dimana buku ini merupakan buku dengan tema ilmu bumi. Dari sinilah istilah Indonesia kemudian semakin populer ketika pada tahun 1884 seorang ahli etnologi dari Jerman yang bernama Adolf Bastian menggunakan istilah Indonesia ini dalam hubungannya dengan etnologi.

Kata Indonesia sendiri merupakan dua buah padanan kata yang berasal dari kata Latin yaitu indus yang berarti Hindia dan nesos yang dalam bahasa Yunani diartikan sebagai pulau, atau nesioi (jamak) yang berarti pulau-pulau. Dari gabungan dua kata inilah kata Indonesia terbentuk yang memiliki arti pulau-pulau Hindia.

Kemudian Indonesia dikenal juga dengan sebutan Nusantara. Kata Nusantara ini sebenarnya merupakan kata yang berasal dari bahasa Jawa Kuno, yang merupakan gabungan pula dari dua kata yaitu nusa yang berarti pulau dan antara yang berarti hubungan. Jadi, Nusantara berarti rangkaian pulau-pulau.

Kalau dalam eksistensi dalam dunia politik, Bangsa Indonesia pertama kali menggunakan nama Indonesia dalam dunia politik untuk pertama kalinya yaitu digunakan oleh Perhimpunan Indonesia yang kita tahu merupakan sebuah organisasi yang didirikan oleh para pelajar-pelajar Indonesia di Negeri Belanda pada tahun 1908. Organisasi tersebut pertama kali bernama Indische Vereeniging. Kemudian nama itu diganti menjadi Indonesische Vereeniging pada tahun 1922. Selanjutnya pada tahun 1922 juga namanya diganti Perhimpunan Indonesia.

Kemudian pada tahun 1928 dilaksanakanlah Kongres Pemuda II di Jakarta yang menggunakan istilah Indonesia dalam hubungannya dengan persatuan bangsa. Kongres Pemuda tersebut dilaksanakan pada  tanggal 28 Oktober 1928 dengan menghasilkan beberapa keputusan dan didalamnya juga tercantum nama Indonesia. Dan pada akhirnya istilah Indonesia dengan resmi  digunakan sebagai nama negara kita pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan dilaksanakannya  proklamasi kemerdekaan Indonesia.
itulah wawasan dan sejarah asal mula nama Indonesia yang kita gunakan sampai saat ini, semoga dengan ini kita semakin bisa menghargai lagi segala bentuk perjuangan yang telah dilakukan para pejuang bangsa untuk bisa mendirikan dan menyatukan pulau-pulau di kawasan hindia ini dengan nama Indonesia. 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.