Leader’s Habits Kebiasaan yang harus dimiliki seorang pemimpin – ARSBLOG.ID
Sat. Apr 17th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Leader’s Habits Kebiasaan yang harus dimiliki seorang pemimpin

5 min read


Ketika kita membicarakan tentang seorang pemimpin yang mampu dijadikan panutan, maka yang harus kita bicarakan adalah kepemimpinan sejati, karena hanya seorang yang memiliki kepemimpinan sejatilah yang akan mampu untuk dijadikan panutan. Pemimpin sejati adalah pemimpin yang meskipun sudah tidak lagi memegang jabatan secara formal atau tidak memiliki jabatan formal, namun kepemimpinannya akan tetap dapat dirasakan dan memberikan inspirasi kepada orang lain. 
“Pemimpin itu ada masa berlakunya, ada masa kedaluarsanya, sedangkan kepemimpinan sejati selalu ada di tengah-tengah kehidupan kita.” (Anand Khrisna)
Untuk menjadi pemimpin sejati maka kita harus memikirkan apa yang dilakukan oleh para pemimpin sejati, perlu diketahui bahwa sebelum seseorang itu memimpin orang lain maka dia sendiri harus mampu memimpin dirinya lebih dulu. Untuk mampu bertindak sebagai pribadi yang efektif seseorang harus paham betul tentang paradigma dan prinsip. Paradigma adalah bagaimana melihat dunia melalui pikiran berdasarkan nilai-nilai universal. 
Oleh karena itu paradigma harus sering-sering dicocokkan dengan prinsip-prinsip universal agar paradigma tidak terlalu jauh melenceng dari nilai-nilai universal yang melandasi prinsip. Analoginya, paradigma ibarat peta sedangkan prinsip ibarat wilayah. Karenanya peta harus sering-sering dicocokkan dengan wilayah karena wilayah selalu berubah. Jika tidak mampu memahaminya maka sudah pasti si pemakai peta akan tersesat, apalagi jika menggunakan peta yang salah sudah pasti akan mencelakakan.
Kemudian untuk menjadikan diri sebagai pemimpin yang berkepribadian baik hingga akhirnya mampu menjadi pemimpin sejati, maka perlulah setiap orang tahu akan hal-hal yang biasa dilakukan oleh para pemimpin sejati tersebut. Kebiasaan pemimpin inilah yang nantinya akan membawa sebuah dampak baik atau buruk atas apa yang dipimpinnya, yang nantinya akan membuat pengaruhnya dirasakan atau tidak oleh semua orang.
Berikut adalah beberapa kebiasaan yang setidaknya harus dimiliki, dipahami, dirasakan, diresapi, dan diaplikasikan maknanya untuk mampu menjadi seorang pemimpin sejati:
1.      Membuat Tim Merasa Aman Untuk Berbicara 
Sebagai seorang pemimpin sejati kita harus mampu rendah hati kepada semua anggota tim kita, dan biasakan untuk tidak banyak menuntut perhatian dari anggota kita. Dengan demikian pemimpin akan menciptakan suasana dimana semua anggota merasa aman dan nyaman dalam bekerja dan akan merasa percaya diri untuk mengutarakan pendapat yang dimilikinya. Pemimpin juga harus mampu menjadikan dirinya sebagai pendengar yang aktif, biasakan pula untuk dengan rendah hati mendengarkan segala pendapat dari setiap anggota.
2.      Membuat Keputusan
Sudah pasti setiap pemimpin sejati akan memiliki kebiasaan untuk membuat keputusan, Namun perlu kita pahami keputusan seperti apa yang harus dilakukan. Seorang pemimpin harus terbiasa untuk membuat keputusan secara tepat dan cepat. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memahami segala masalah yang telah terjadi, dan pemimpin pun harus memiliki keberanian atas setiap resiko yang akan dihadapinya dari keputusan itu.
3.      Mengkomunikasikan Harapan
Sudah pasti setiap pemimpin sukses haruslah memiliki kebiasaan untuk mampu berkomunikasi dengan baik kepada setiap orang, Mampu mengkomunikasikan harapan yang dia miliki kepada timnya agar timnya ingat akan visi dan misi dari organisasi yang dikelolalnya. Dengan kebiasaan untuk mampu berkomunikasi dengan baik kepada orang lain inilah yang akan membuat seseorang itu menjadi pemimpin yang sukses.
4.      Memberi Tantangan Untuk Berfikir
Seorang pemimpin harus mampu memahami segala potensi yang dimiliki oleh setiap anggota timnya. Setelah pemimpin tahu akan setiap potensi tersebut, maka biasakanlah untuk memberikan tantangan kepada anggota tim untuk mampu berfikir lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah.
5.      Memberi Kepercayaan
Inilah salah satu kebiasaan yang harus dilakukan oleh setiap pemimpin untuk mampu menjadi pemimpin yang sukses. Biasakanlah untuk memberikan kepercayaan kepada setiap orang, dengan memberikan kepercayaan itu maka kita akan mendapatkan kepercayaan pula dari orang-orang itu, sehingga kita akan mendapatkan kemudahan dalam mewujudkan tujuan tim.
Pemimpin yang sukses membuat tim merasa bahwa kesuksesan yang diraih tim merupakan kesuksesan milik semua anggota tim. Untuk itu pemimpin juga harus terbiasa untuk bersikap percaya akan tugas yang telah diberikannya kepada anggotanya, dan percaylah bahwa anggota kita akan mampu menyelesaikannya dengan baik dan benar.
6.      Memimpin Dengan Contoh
Seorang pemimpin sejati adalah pemimpin yang mampu memimpin dengan contoh bukan dengan kata-kata. Oleh karena itu, untuk menjadi pemimpin sejati kita harus memiliki kebiasaan untuk mempin dengan contoh. Maksudnya adalah ketika kita ingin membuat anggota kita untuk tetap bersemangat dalam bekerja, maka kita tidak bisa hanya dengan kata-kata atau ucapan saja, melainkan harus dengan kita sendiri yang bersememangat dan menunjukannya kepada anggota kita sehingga mereka akan melihat dan mersakan hal yang sama.
Oleh karena itu mulailah untuk terbiasa memberikan contoh dalam memimpin. Karena pemimpin adalah panutan bagi semua orang.
7.      Mengalokasikan Kemampuan Tim dengan Pas
Pemimpin sejati juga dituntut memiliki kebiasaan menyusun dan merancang kemampuan tim dengan pas. Artinya adalah seorang pemimpin harus memiliki kebiasaan untuk selalu memperhatikan anggotanya dan menggali potensi yang dimiliki mereka yang kemudian akan disusun dan dirancang sesuai dengan potensi yang ada untuk mampu mewujudkan tujuan bersama.
Hal in dapat dilakukan dengan membiiasakan diri terbuka kepada semua orang, dan biasakanlah untuk memberikan perhatian kepada para anggota tim sehingga kita pun akan menjadi terbiasa dalam menyusun dan merancang strategi sesuai kemampuan tim.
8.      Bertanya dan Mencari Nasihat
Pemimpin yang sukses memiliki kebiasaan untuk bertanya dan mencari nasihat. Seorang pemimpin sejati akan selalu bertanya kepada orang yang tepa takan sesuatu hal yang tidak ia pahami atau tidak ia ketahui. Atau dengan kata lain, seorang pemimpin memiliki kebiasaan untuk terus belajar.
Pemimpin sukses juga selalu meminta atau mencari nasihat, karena ia sadar ia bukanlah makhluk yang sempurna sehingga ia butuh  nasihat untuk mampu membuat dirinya menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
9.      Menghindari untuk Menunda-nunda
Salah satu kebiasaan yang harus dimiliki dan dilakukan oleh seorang pemimpin adalah menghindari untuk menunda-ninda akan suatu hal, karena pemimpin sukses akan mengetahui bahwa masalah yang kecil akan mampu tiba-tiba mennjadi besar apabila kita menunda-nunda untuk menyelesaikannya, demikian pula dengan pekerjaan dan tugas kita, apabila kita menunda-nundanya maka akan dapat membahayakan bagi diri kita sendiri.
10.  Selalu Bertanggung Jawab atas Apa Yang Diperbuat
Dan kebiasaan terakhir yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin sukses adalah, kebiasaan untuk mampu mengakui kesalahan dan bertanggung jawab atas segala sesuatu yang telah diperbuatnya. Pemimpin sejati adalah pemimpin yang mampu menghadapi tanggung jawab bukan melepaskan tanggung jawab.
Pemimpin sejati juga merupakan seseorang yang secara bijaksana dan penuh kewibawaan mampu mengakui kesalahannya dan meminta maaf serta bertanggung jawab atas kesalahan yang telah kita perbuat.
Itulah beberapa kebiasaan yang harus mampu dimiliki oleh setiap orang untuk menjadi pemimpin yang sukses, pemimpin yang baik, dan pemimpin yang sejati.
“Saya disebut presiden termiskin di dunia, tetapi saya tak merasa miskin. Orang miskin adalah mereka yang bekerja hanya untuk menjaga gaya hidup mewahnya dan selalu menginginkan lebih.” (Presiden Urugay – Jose Mujica )
“Jangan pernah ragu dengan potensi yang ada dalam diri anda. Cobalah lihat kupu-kupu, seandainya saja ia memiliki keraguan-keraguan, maka ia akan hidup dan mati sebagai seekor ulat bulu yang hanya bisa merangkak.”Larispique Philidor
“Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.” (John Pattrick).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.