Menelisik Kualitas Kekuatan Militer Indonesia – ARSBLOG.ID
Sun. Sep 19th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Menelisik Kualitas Kekuatan Militer Indonesia

4 min read
Seperti yang telah kita ketahui bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan sebuah alat pertahanan kedaultan negara yang berperan sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara. TNI juga memiliki fungsi penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa, penindak terhadap setiap bentuk ancaman, dan pemulih terhadap kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan.
TNI
Namun, apakah sobat semua tahu akan kualitas sesungguhnya dari TNI kita ini? banyak sebagian orang yang tidak tahu akan kualitas TNI kita dan hanya menganggap bahwa TNI kita ini masih kurang bagus kualitasnya dibanding negara lain, tapi sesungguhnya TNI kita merupakan salah satu militer terbaik di dunia. Bahkan Negara sebesar Amerika Serikat pun ternyata memiliki ketakutan dan kekhawatiran yang besar dengan militer Indonesia ini.
TNI
Perlu kita ketahui bahwa kemampuan TNI baik secara personal maupun team dan baik AD, AL maupun AU sudah terbukti kuat dan sangat disegani oleh negara-negara lain di seluruh dunia bahkan jauh sebelum adanya program MEF 1. Salah satu hal yang membuat TNI ini menjadi salah satu militer terkuat di dunia adalah karena jiwa militansi yang sangat luar biasa.
Memang benar jika pepatah mengatakan bahwa kekurangan dan keterbatasan lah yang akan membuat manusia menjadi lebih kuat bertahan hidup dibanding dengan manusia lainnya yang hidup berkecukupan. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab betapa kuatnya militer-militer kita. Jika kita perhatikan bahwa memang negara kita dalam hal alutista masih kalah dari negara lain dan masih memiliki banyak kekurangan serta keterbatasan. Namun, dari keterbatasan itulah jiwa militansi para TNI kita lahir dan berkembang menjadi kuat. 
Hal diatas lah yang menyebabkan TNI kita bekerja dan berlatih lebih keras untuk menutupi kekurangan alutista tersebut. dan alhasil TNI kita memiliki kualitas dan kemampuan yang sangat baik dalam segi skill dan bertahan hidup tanpa alutista yang mumpuni, dan setidaknya hal inilah yang telah dibuktikan dalam upaya perebutan kemerdekaan Indonesia tahun 1945 silam dimana kita hanya memiliki senjata yang terbatas namun mampu menumpas habis para penjajah.
Hal inilah yang membuat negara-negara lain takut dan segan dengan Indonesia, karena mereka banyak mengandalkan alutista modern dan canggih, tetapi skill militer mereka rendah. kita ambil contoh saja US Navy Seal yang berguru ke Indonesia dalam hal surviving, tactical lead di Hutan Banongan, Situbondo Jawa Timur. Pengakuan kualitas tentara Indonesia di atas rata-rata, juga datang dari beberapa negara. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya mereka latihan bersama dengan Indonesia. Karena tentara Indonesia memiliki skill yang sangat baik dalam hal surviving, tactical, dan kesolidan team.
dapat dibayangkan Indonesia yang tanpa alutista modern saja sudah mampu menumpas habis tentara belanda, inggris, dan jepang yang dpersenjatai lengkap, bagaimana jika alutista kita modern? kita akan jadi negara terkuat di dunia.
Keterbatasan itu pula yang menjadikan militer kita memiliki kemampuan lain yang tidak dimiliki militer manapun di dunia, yaitu kemampuan “kanibalisasi”. eits jangan salah tangkap dulu ya sobat,maksud kanibalisasi disina adalah kemampuan TNI dalam mengutak-atik alutista dan mengkombninasikan alutista yang mereka punya. Contohnya saja KRI OWA yang merupakan buatan Belanda dan dibuat pada tahun 1968 (NATO) dapat dikonversikan dan dikombinasikan dengan rudal Yakhont buatan Rusia. Kepiawaian inilah salah satu unsur kemampuan vital TNI. Belum lagi ada juga korvet kelas sigma dari Belanda yang dikonversikan dan dikombinasikan pula dengan rudal R-han buatan indonesia dan juga rudal C-705, unsur radar maupun peluncur. Dan yang hebatnya lagi semua hasil “kanibalisasi” ini sukses dan mampu bekerja dengan maksimal. Ketika negara maju sedang sibuk menciptakan alutista yang modern, TNI kita pun sibuk untuk memanfaatkan alutista yang terkesan bekas untuk diolah menjadi alutista yang tidak kalah canggih dengan milik negara lain.
KRI OWA
Tidak hanya itu, TNI sudah mampu bekerja sama dengan putra bangsa dalam rangka menciptakan rudal dan bom sendiri. Tapi yang jelas dengan kemampuan yang mampu mengkombinasikan barang bekas dengan barang baru buatan sendiri menjadikan TNI kita berkualitas tinggi. ditambah skill individu yang sangat luar biasa.
Bahkan, menurut salah satu sumber yang pernah saya temukan dikatakan bahwa negara sekelas Amerika Serikat (USA) tampak takut dengan militer Indonesia. Para mantan petinggi militer USA tersebut mengatakan bahwa sebuah mimpi yang terlalu tinggi jika USA ingin menyerang Indonesia. Para mantan jendral itu juga mengatakan bahwa militer Indonesia memiliki kekutan yang lain yang tidak dimiliki militer di negara manapun di seluruh dunia, ditambah kesolidan antara TNI dengan rakyat Indonesia juga kuat jadi sutau hal yang mustahil jika USA akan menyerang Indonesia.
Bahkan militer Indonesia ini masuk jajaran 3 kekuatan militer terbaik di dunia, yang dilihat dari segala aspek baik skill personal maupun alutista. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Militer USA memilih untuk berlatih bersama TNI kita dibanding dengan negara lain. Apalagi negara kita merupakan negara Non-Blok yang bersifat netral sehingga dapat mejadikan USA tunduk pada militer kita ini.
RX-550
Jadi, mulai sekarang janganlah kita memandang sebelah mata akan kekuatan militer bangsa kita ini, janganlah hanya mencemooh dan merendahkan para penjaga kedaulatan NKRI kita ini. Biarkanlah TNI yang mengurusi sendiri masalah alutistanya karena saya yakin mereka pun tahu yang terbaik.
Iklan Promosi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.