Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Bulan – ARSBLOG.ID
Sat. Apr 17th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Bulan

3 min read
Selamat malam para pengunjung setia ARS Blog, kali ini saya sedang tertarik untuk menulis artikel tentang IPTEK nih kawan. Setelah sebelumnya saya berhasil menulis tentang penemuan planet baru kali ini saya ingin menulis tentang sebuah teknologi yang dicanangkan oleh jepang dalam beberapa tahun kedepan.

kalau kita berbicara tentang teknologi jepang sudah pasti tidak heran lagi kalau teknologi jepang ini merupakan salah satu teknologi tercanggih di dunia. Bahkan baru-baru ini jepang seedang serius untuk membangun sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). lah lalu apa hebatnya? kan jepang memang sudah lama membuat PLTS tersebut. pasti sebagian pengunjung ARS Blog memikirkan hal itu. Memang PLTS sudah tidak asing lagi bagi jepang, bahkan teknologi ini sudah jauh berkembang lebih pesat di negara matahari tersebut.

Tapi yang membuat proyek ini menjadi luar biasa adalah proyek PLTS ini direncanakan akan dibangun di bulan. Luar biasa ga sobat? kalau di Indonesia saja proyek pembangunan PLTS ini masih tarik ulur namun di Jepang proyek ini sudah direncanakan akan dibangun di bulan. Jujur saya sangat salut dan sangat mengapresiasi kinerja dari orang-orang jepang yang terkenal disiplinnya itu.
Project ini diberi nama Project Luna Ring. Luna Ring merupakan sebuah gebrakan baru dari negeri sakura tersebut. 
luna ring
Energi Matahari merupakan energi anti polusi dan merupakan sumber utama energi hijau yang akan membawa kesejahteraan bagi seluruh umat di alam semesta serta kehidupan kita di Bumi. Shimizu Corporation salah satu perusahaan besar di Jepang yang mengusulkan Luna Ring untuk hidup berdampingan tak terbatas dari umat manusia dan Bumi. Perusahaan itu mengusulkan sebuah konsep di Bulan.
luna ring
Perlu sobat ketahui semua, salah satu hal yang menjadi pertimbangan kuat serta alasan kuat perusahaan besar tersebut ingin mengerjakan megaproyek bulan tersebut adalah dimulai sejak gempa bumi dan tsunami dahsyat yang menghantam Jepang pada Maret 2011 lalu yang pada akhirnya menyebabkan banyak pembangkit listrik yang hancur dan rusak, maka para ilmuwan di Jepang dan negara-negara lain terus berupaya dan bekerja sama untuk mencari sebuah cara yang dapat digunakan untuk membuat listrik yang tentunya aman dari bencana alam dan dalam proposalnya tersebut sampailah sebuah proposal dari perusahaan swasta tersebut yang mengincar langit sebagai batas pengembangan teknologi ini.
luna ring
Sepert yang dicanangkan oleh perusahaan jepang ini, bahwa nantinya akan ada beberapa tenaga Robot yang akan memainkan peranan penting dalam pembangunan megaproyek ini di permukaan Bulan. Mereka akan beroperasi selama 24 jam sehari yang akan dikontrol dari Bumi. Robot tersebut akan melakukan berbagai tugas pada permukaan Bulan tersebut, termasuk dalam hal meratakan tanah dan penggalian dari strata bawah keras yang nantinya akan digunakan untuk pondasi awal. Mesin dan peralatan dari Bumi akan dirakit dalam ruang dan akan mendarat di permukaan Bulan tersebut untuk instalasinya. Sebuah tim astronot juga akan mendukung operasi pembangunan PLTS ini di Bulan. Sebuah perencanaan matang yang sangat luar biasa dari perusahaan jepang ini.
luna ring
luna ring
Sumber energi utama dari PLTS sudah pasti akan diterima dari sinar Matahari yang diserap melalui sabuk panel surya yang diletakan di Bulan tersebut. Kemudian energi panas Matahari yang ada akan diserap panel surya yang telah di salurkan melalui kabel daya listrik untuk ditransmisikan ke bumi melalui antena transmisi daya. Dari antena yang berdiameter 20km tersebutlah akan dikirimkan energi listrik ke rectennas penerima yang ada dibumi melalui laser dan diterima di fasilitas penerima energi laser di bumi. Bila kita pahami konsepnya memang menyeramkan bahkan terlihat mustahil, namun tak ada yang tidak mungkin kan sobat, ya setidaknya dibutuhkan waktu yang cukup lama bisa puluhan tahun mungkin dalam realisasinya nanti. Megaproyek PLTS ini pastinya akan mengeluarkan biaya yang sangat luar biasa besar. Sistem ini pun akan mampu mengirim daya listrik sebesar 13 ribu terawatt ke bumi nantinya. Pembangunan proyeknya sendiri diwacanakan baru bisa dimulai pada tahun 2035.
Luna ring ini memang menjadi salah satu proyek yang diidam-idamkan bagi para ilmuwan khususnya ilmuwan jepang. memang terlihat ini sebuah ide yang sangat gila, namun berhasil atau tidaknya kita masih harus menunggu sampai tahun 2035 nanti.
semoga apa yang saya tulis ini mampu memberikan inspirasi untuk kita semua dan dapat memeberikan manfaat untuk kita semua. Kalaupun tulisan saya ini kurang enak dibaca atau kuarang sesuai dengan ide pemahaman sobat, silahkan berikan masukkan yang baik ya ^_^
Hosting Indonesia

2 thoughts on “Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.