Penemuan Ratusan Planet Baru – ARSBLOG.ID
Sun. Sep 19th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Penemuan Ratusan Planet Baru

3 min read
Berbicara tentang tata surya memang tidak akan ada habisnya, hal ini sangat jelas sekali, karena tata surya terdiri dari ribuan planet, galaksi, dan lain-lain. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah planet. Planet ini jumlahnya sangat banyak sekali, namun planet yang kita tahu hanya beberapa planet saja, mungkin hanya sembilan planet saja. Tapi apakah kalian selalu mengikuti perkembangan tentang planet? seiring berjalannya waktu, banyak planet baru ditemukan. Planet baru ini tersebar di dalam galaksi-galaksi yang ada di sistem tata surya kita. Lalu sekarang apakah kalian tahu kalau planet yang baru ditemukan itu jumlahnya mencapai ratusan?

galaksi bimasakti
 
Baru-baru ini, Para ilmuwan telah berhasil menambahkan daftar planet lain yang merupakan planet baru yang letaknya di luar tata surya kita setelah ditemukan 715 lebih planet baru. Planet-planet baru itu tertangkap oleh teleskop Kepler yang dioperasikan oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA) Amerika Serikat. Dengan bertambahnya planet baru ini maka hingga saat ini, jumlah keseluruhan planet yang berhasil diamati menjadi 1.700.
Nah, di antara planet-planet baru itu ternyata terdapat empat planet yang memiliki ukuran 2,5 kali lebih besar dari ukuran Bumi secara keseluruhan, bahkan memiliki permukaan mirip air. Teleskop Kepler ini merupakan sebuah teleskop baru yang baru diluncurkan pada tahun 2009 lalu, pengembangan teleskop ini menghabiskan waktu empat tahun untuk akhirnya mampu mengamati 160 ribu bintang target yang melintas. Penghitungan planet baru ini telah diumumkan oleh NASA melalui konferensi persnya.

Dengan demikian kalau dibandingkan dengan jumlah sebelumnya, maka jumlah planet baru ini hampir dua kali lipat lebih banyak dari jumlah planet baru sebelumnya. Ledakan populasi planet baru ini dikarena terdapat sebuah teknik verifikasi baru yang menganalisis sebuah planet potensial dalam kumpulan, tidak satu per satu seperti sebelumnya. Metode baru ini dikembangkan setelah para ilmuwan menyadari bahwa sebagian besar planet-planet itu, seperti yang ada pada tata surya kita, mengorbit pada bintang induk yang sama.
Planet-planet yang baru ditemukan ini kemudian memperkuat bukti bahwa adanya planet kecil, yang ukurannya mencapai dua sampai tiga kali ukuran Bumi, yang secara umum tersebar di seluruh galaksi.

“Secara harfiah, di mana pun Kepler dapat melihat planet-planet yang baru, Kapler pun menemukan mereka,” kata astronom Sara Seager dari Massachusetts Institute of Technology. “Itulah mengapa kita memiliki keyakinan bahwa akan ada planet baru lain seperti Bumi di tempat lain.”

Seperti tata surya kita, yang memiliki delapan planet ditambah Pluto dan lainnya yang disebut “planet kerdil”, eksoplanet juga memiliki banyak planet-planet lain, dan salah satunya planet yang baru ditemukan ini.
Namun, planet-planet baru ini tidak seperti planet-planet di tata surya kita yang terbentang dari Mercurius hingga Neptunus sekitar 150 kali lebih jauh dari matahari ke Bumi, kumpulan planet baru yang diamati Kepler jaraknya berdekatan. Sebagian besar planet baru ini bahkan berputar lebih dekat dengan bintang induknya daripada Venus yang mengorbit matahari, yang kita tahu jaraknya sekitar 67 juta mil atau 108 juta kilometer.

Saat ini NASA dan lembaga antariksa lainnya yang tersebar di seluruh dunia sedang merancang sebuah teleskop baru untuk dapat membidik “zona layak huni” yang terbentang di sekitar bintang induknya, dimana suhunya harus cocok untuk air. Pengamatan Kepler ini baru akan dipublikasi The Astrophysical Journal edisi mendatang.
Dengan adanya penemuan planet baru ini akan membuat kita sadar akan betapa luasnya dunia ini, dan betapa besarnya dunia ini, sehingga kita tidak menganggap bahwa hanya kita yang adadi dunia ini. Hal ini juga menunjukan kepada kita betapa besar kuasa tuhan yang maha esa yang mampu menciptakan sebuah dunia yang sangat luas ini hanya dengan sendiri saja.
Dengan pengembangan teleskop baru yang sedang dirintis maka diharapkan kedepannya akan semakin banyak lagi planet baru yang dapat ditemukan. Sekian informasi yang saya tahu dan bisa saya bagi dengan kalian semua^_^
Terima kasih atas kunjungan anda ke blog kami ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.