Pesawat Tempur Tercepat dan Tercanggih di Dunia – ARSBLOG.ID
Sat. Apr 17th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Pesawat Tempur Tercepat dan Tercanggih di Dunia

4 min read
setelah beberapa waktu yang lalu saya menulis tentang kekuatan militer indonesia saat ini saya mau berbagi informasi mengenai beberapa pesawat tempur tercepat dan tercanggih di dunia.
pesawatv tempur tercepat di dunia
Seperti yang kita saksikan, selama bebrapa dekade terakhir ini kemajuan teknologi berkembang dengan begitu pesatnya. Teknologi  sudah menjelma menjadi sangat canggih, bahkan kecanggihan teknologi tersebut telah mempengaruhi dan mengubah perilaku dan kehidupan manusia pada umumnya.Tak lepas dengan kemajuan teknologi yang mengakibatkan banyak penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh personal militer di seluruh dunia. 

Salah satu kemajuan teknologi tersebut adalah dalam bidang pesawat tempur. Pesawat tempur yang menjadi sentris pertahanan di setiap angkatan udara modern telah menjelma bagaikan pesawat tempur yang sangat ideal, baik dalam hal, fitur dan kinerja pesawat tempur itu sendiri. banyak negara di dunia yang berusaha mengembangkan pesawat tempur tercepat dan tercangggih di dunia. karena seperti yang kita ketahui bahwa pesawat tempur memang sangat bagi suatu negara dalam menjaga kedaulatan negaranya sehingga perlulah sebuah pesawat tempur yang tercepat dan tercanggih agar bisa menjaga negaranya dengan baik.
memang sangat sulit untuk bisa menetapkan pesawat tempur yang mana yang menjadi pesawat tempur tercepat dan tercanggih di dunia, karena kemampuan pesawat tempur ini lebih diseimbangkan dengan fungsinya. Seperti ada negara yang konsen untuk membuat pesawat tempur tercepat, ada juga negara yang konsen pada pengembangan pesawat tempur tercanggih tanpa mengutamakan tercepatnya, ada juga negara yang konsen dengan pengembangan pada pesawat tempur yang tanpa awak.
Baiklah saya akan coba menguraikan beberapa pesawat tempur tercepat dan tercanggih di dunia ini versi ARS Blog yang sudah dicocokkan dengan beberapa sumber yang ada.

  1. Pesawatv tempur yang tercepat dan tercanggih pertama adalah Pesawat Tempur X-15. Pesawat tempur ini merupakan bagian dari armada X-Plane. Pesawat tempur eksperimental ini dikembangkan oleh beberapa pihak yaitu antara NASA dan juga Angkatan Udara AS sekitar pada awal 1960-an. menurut beberapa sumber pesawat tempur X-15 ini mampu terbang dengan kecepatan hingga Mach 6,72, yang merupakan 6,72 kali kecepatan suara, atau sekitar 4.520 mph atau dalam satuan negara kita sekitar 7.274 km / jam, sehingga menjadikan pesawat tempur ini pesawat tempur dengan kecepatan tertinggi di dunia. Pesawat X-15 tercepat ini telah berhasil untuk diproduksi sejak tahun 1970, tetapi program pesawat tercepat tersebut berhasil dalam misi mereka. Dimana Neil Armstrong, orang pertama yang langkah kaki di bulan melalui program pesawat ini. 
    pesawat X-15
  2. Pesawat tempur tercepat kedua adalah Lockheed SR-71 Blackbird. Pesawat tempur ini dikenal sebagai “Blackbird”. Pesawat tempur ini bahkan mampu terbang dengan kecepatan 3 Mach. Pesawat tercepat kedua ini dibuat oleh sebuah perusahaan kedirgantaraan Amerika Lockheed pada sekitar tahun 1960-an. Pesawat tempur ini sempat digunakan untuk misi pengintaian. Pesawat tempur ini diketahui memiliki kemampuan untuk beroperasi pada kecepatan yang sangat tinggi serta pada ketinggian yang baik untuk dapat melihat ancaman dari pesawat-pesawat tempur musuh. Pesawat tercepat ini dilengkapi dengan dua seater dan bermesin ganda. Pesawat tempur ini juga memiliki kecepatan hingga Mach 3,3 (sekitar 2.200 mph lebih atau 3.540 km / jam) pada ketinggian dari 80.000 kaki (24.400 m). SR-71 melakukan penerbangan perdana pada Desember 1964, dan diterbangkan oleh Angkatan Udara AS. Kinerja Blackbird dan kemampuan terbang membuat pesawat sebagai salah satu prestasi terbesar dalam sektor penerbangan selama Perang Dingin. 
    Lockheed SR-71 Blackbird
  3. Pesawat tempur tercepat ketiga adalah Lockheed YF-12. Pesawat tempur tercepat ketiga ini, pertama kali dikembangkan oleh sebuah perusahaan kedirgantaraan Amerika Lockheed Corporation pada sekitar akhir tahun 1950-an dan awal 1960-an. Raksasa pesawat tempur tercepat dua-seater ini dirancang khusus untuk memotong pergerakan pesawat musuh. pesawat YF-12 juga menjadi salah satu pesawat tempur tercanggih, pesawat canggih ini pertama kali tampil pada tahun 1963, dan kemudian berhasil mencatatatkan rekor kecepatan tertinggi Mach 3.2 (2,070 mph, atau 3.330 km / jam) pada ketinggian 80.000 kaki (24.400 m) lebih tinggi dari pesawat tempur tercanggih lainnya. Pesawat tempur yang juga pesawat tercanggih ini digunakan bertahun-tahun oleh angkatan udara Amerikas Serikat dan NASA sebagai pesawat penelitian.  
    Lockheed YF-12
  4. Pesawat tempur tercepat berikutnya adalah MiG-25 Foxbat. Pesawat tempur berbasis supersonik ini atau yang akrab dipanggil MiG-25 Foxbat merupakan salah satu pesawat militer tercepat yang masuk ke angkatan udara Rusia. Pesawat tempur tercepat ini sengaja dirancang secara khusus oleh produsen Pesawat Rusia yaitu Mikoyan-Gurevich Bureau. Model sampel pertama dari Foxbat kemudian telah di ujicobakan untuk penerbangan perdana pada sekitar tahun 1964 yang diakhiri dengan kesuksesannya, yang kemudian pesawat tempur ini masuk ke angkatan udara b tahun 1970. MiG-25 dirancang untuk kecepatan yang bisa dibilang tercepat, karena mampu melaju tinggi dengan kecepatan Mach 2,83 bahkan mampu mencapai Mach 3,2 namun akan sangat rentan mengalami kerusakan. Foxbat sampai saat ini masih digunakan oleh para Angkatan Udara Rusia, tetapi juga digunakan oleh negara lain seperti Aljazair dan Suriah karena memang pesawat tempur ini bisa dikatakan tercepat dikelasnya.
    MiG-25 Foxbat
  5. Pesawat tempur tercepat yang terakhir adalah XB-70 Valkyrie. Pesawat tempur ini dirancang oleh North Amerika Aviation. Pesawat tempur ini adalah model yang telah diusulkan untuk menggunakan senjata nuklir. Valkyrie mampu mencapai kecepatan maksimalnya sekitar Mach 3.02 (2.000 mph, atau 3.219 km / jam), dan mampu terbang tinggi pada ketinggian maksimum 70.000 kaki (21.300 m). XB-70-an secara efektif dibuat dan digunakan dalam penerbangan uji supersonik 1964-1969. Selama periode itu menururt sumber yang didapat bahwa salah satu prototipenya bahkan hilang tepatnya pada tahun 1966 setelah mengalami tabrakan. Kalau sobat ARS Blog masih ingin melihat pesawat ini dan penasaran dengan bentuk aslinya sobat bisa nih melihat di Museum Nasional Angkatan Udara Amerika Serikat di Dayton, Ohio.
    XB-70 Valkyrie


Itulah beberapa informasi tentang pesawat tempur tercepat dan tercanggih di dunia yang bisa saya bagi dengan sobat semua, semoga dengan adanya pesawat-pesawat tempur tercepat dan tercanggih ini bisa memacu kreativitas dan kemampuan anak bangsa kita Indonesia untuk mampu menciptakan sendiri pesawat tempur tercepat dan tercanggih kelak dikemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.