Virus Komputer Paling Berbahaya – ARSBLOG.ID
Sat. Apr 17th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Virus Komputer Paling Berbahaya

4 min read
Berbicara tentang virus pasti sudah tidak asing lagi dalam telinga kita, karena hampir semua virus merusak dan mengganggu, lalu bagaimana dengan virus komputer? sebenarnya sama saja, virus komputer pun merusak, namun komputer yang dirusak. Virus komputer merupakan sebuah program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.
Virus komputer ini pada umumnya dapat merusak berbagai perangkat lunak komputer, namun tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras.
Virus komputer ini diketahui pada awalnya tercipta dari dua hacker remaja yang secara sengaja dibuat atas dasar untuk bersaing menjadi pemenang, mereka kemudian membuat malware yang dirancang untuk merusak dan mengacaukan data-data dari temannya.

Sekarang dunia telah berubah, para hacker telah menjadikan virus sebagai pekerjaan profesional. Bahkan, ada para hacker yang berambisi untuk menguasai dan merusak tatanan kehidupan dunia.

Sebagian lagi, para hacker berkerja secara langsung pada pemerintah atau badan intelijen untuk melindungi keamanan negara. Berikut ini kami hadirkan 10 virus komputer paling berbahaya di dunia internet, yaitu :

  1. Jerusalem, aka Friday 13th, (1987)
jerusalem
Jerusalem virus ini dinamakan, sebagai salah satu virus yang pertama yang menyerang MS-DOS, kemudian virus ini menginfeksi komputer di berbagai negara, universitas, lembaga pemerintah dan swasta dan perusahaan di seluruh dunia, Jerusalem menginfeksi ribuan komputer tanpa ampun. Pada tiap hari Jumat tanggal 13, virus menghapus semua file program yang berada pada hard drive yang terinfeksi.
2. Morris aka “Internet Worm” (November 1988)

moriss
Ini adalah virus jenis “worm” pertama di dunia awal internet yang menginfeksi lebih dari 6000 komputer di Amerika Serikat!! Termasuk beberapa milik NASA.
Morris Worm held at floppy disk in Boston Museum of Science Bahasa pengkode virus itu sendiri ternyata adalah cacat, dan sengaja mengirimkan jutaan salinan dari dirinya sendiri ke banyak komputer-komputer lainnya dengan jaringan yang berbeda-beda.

Virus ini dapat melumpuhkan semua sumber daya dari jaringan tersebut dan menyebabkan kerusakan serta kerugian berbiaya hampir $ US100 juta dollar AS!!

Kata-kata yang menentukan pada akhir potongan kode itu mengatakan:

“Don’t know how many…” atau “Tidak tahu berapa banyak …“

Begitu “hebohnya” kode yang dapat mengacaukan sistem Windows untuk pertama kalinya pada masa lalu ini, hingga membuatnya disimpan ke dalam sebuah floppy disk dan dipamerkan di Boston Museum of Science atau musium ilmu pengetahuan di Boston, Amerika Serikat.

3. Melissa (1999)
“Twenty-two points, plus triple-word-score, plus 50 points for using all my letters. Game’s over. I’m outta here.” tulis David L. Smith, alias “Kwyjibo”, penulis virus makro Microsoft Office ini, pastilah penggemar Simpsons. Virus Melissa dikirim melalui email kepada pengguna yang berbeda, dan virus itu memiliki kemampuan untuk “berkembang biak” pada file Word dan Excel. 
melissa Selain itu virus Melissa juga dapat menyebar otomatis dengan cara mengirim dirinya sendiri ke e-mail semua teman dan kerabat anda (mass-mail) dengan membaca alamat e-mail lalu memanfaatkan aplikasi Outlook, akibatnya membuat overloading server di dunia internet.
4. Love Letter / I Love You / Lovebug (May, 2000)
I LOVE (2000) virus-paling-berbahaya-10Kembali pada tahun 2000, jutaan orang membuat kesalahan dengan membuka lampiran e-mail yang berlabel sederhana, “I Love You”. Seorang programmer usia sekolah dari Manila yang mungkin tidak begitu terlibat menulis bug terkenal ini dari dalam kelas. 
i love you 
Alih-alih mengungkapkan pengakuan tulus dari pengagum misterius, tetapi sebaliknya sebuah program berbahaya yang menimpa file gambar pengguna telah diaktifkan karena kecerobohannya sendiri. Virus Love Letter bisa dianggap sebagai virus komputer pertama yang memakai rekayasa sosial. Asmaranya menyebar melalui email.
i love you

 
Subject: ILOVEYOU, lampiran: LOVE-LETTER-FOR-YOU.TXT.VBS, pesan: “silakan cek LoveLetter terpasang berasal dari saya“, dan menghapus semua file “jpeg” dan “jpg” disemua direktori dari semua disk. Hasil yang sama sekali tidak sangat romantis.
5. Code Red (Juli, 2001)
code red 
Code Red menginfeksi hampir seluruh komputer di dunia pada tahun 2001. Code Red berhasil merusak website whitehouse.gov dan memaksa badan-badan pemerintah lainnya untuk memback-up datanya sementara.

Penciptaan bahasa kode kecil yang jahat ini telah menginfeksi puluhan ribu komputer yang menggunakan sistim operasi Microsoft Windows NT dan Windows 2000 sebagai server, pada awal abad ke-21 tersebut. 

code red
Code Red merusak halaman web, menyerang dengan teks “Hacked by Chinese!” . Virus itu bisa dijalankan sepenuhnya oleh memori tanpa meninggalkan jejak file atau jejak apapun. Kerusakan tersebut menyebabkan kerugian yang diperkirakan mencapai $ US 2 miliar.
Sebenarnya masih banyak sekali virus-virus komputer yang sangat berbahaya, bahkan para pembuat virus pun sudah lebih kratif, mereka menyisipkan virus dalam program-program yang ketika di instal dikomputer maka akan langsung jalan dan menyebar virusnya, makanya sangat penting bagi kita untuk memiliki antivirus di komputer kita dan yang terpenting selalu menyedikan back up data kita, agar ketika sewaktu-waktu hal-hal yang tidakj diinginkan terjadi kita sudah siap.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.