24 Juni 2014 Kemasan Rokok Resmi Berisi Gambar Menyeramkan – ARSBLOG.ID
Sat. Apr 17th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

24 Juni 2014 Kemasan Rokok Resmi Berisi Gambar Menyeramkan

2 min read
Tak dapat dipungkiri bahwa hampir semua orang di dunia ini menyadari bahwa tembakau akan memicu banyak penyakit yang sangat mematikan. Beberapa di antaranya: kanker, penyakit paru-paru, tuberkulosis (TBC), dan diabetes.

bahaya rokok


Seperti yang kita ketahui banyaknya pengidap penyakit tidak menular itu, karena jumlah konsumen rokok yang tak lain berbahan dasar tembakau di Indonesia sudah mencapai angka yang mengerikan, jumlahnya mencapai 90 juta jiwa dimana 68,8 persen diantaranya adalah pria, dan 6,9 persen lainnya adalah wanita.
 
Kejadian ini memang sangat ironis, karena perokok menyadari akibat asap tembakau yang diisapnya namun mereka tak juga menghindarinya, malah semakin hari semakin bertambah jumlahnya. Padahal, tembakau tidak hanya berbahaya bagi yang aktif mengonsumsinya. Perokok pasif pun terkena efek buruknya, bahkan lebih berbahaya. Inilah yang dinamkan rokok itu asiknya sendiri matinya rame-rame.

Seperti yang dikutip dari beberapa media, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menuliskan, asap rokok terdiri atas tujuh ribu senyawa kimia beracun. Salah satunya berupa bahan yang digunakan pada pembersih toilet dan racun tikus. Oleh karena begitu berbahayanya rokok ini dan juga demi semakin menyadarkan bahaya merokok, pemerintah memberi label peringatan pada setiap kemasan dan reklame rokok. Mulai 24 Juni mendatang, ada peringatan lain yang akan ditampilkan.

bahaya rokok


Produsen rokok diminta menambahkan gambar efek buruk merokok. Misalnya: paru-paru atau tenggorokan rusak. Gambar seram itu diharapkan bisa membuat takut perokok akan bahaya tembakau.

“Penggunaan gambar lebih mudah menyerap daripada sekadar tulisan. Khususnya bagi perokok pemula atau calon perokok,” kata dr. Lili Sulistyowati, MM, Kepala Pusat Promosi Kesehatan Kemenkes.

Dengan adanya terobosan ini diharapkan dapat membuat efek menakutkan dan begitu berbahayanya rokok bagi ksehatan, dan yang terpenting adalah untuk melindungi anak dari bahaya merokok, karena diharapkan dengan melihat kemasan rokok anak menjadi takut dan menjauhi rokok, dan pada akhirnya diharapkan perokok di Indonesia berkurang jumlahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.