Jenis Prosesor Pada Smartphone – ARSBLOG.ID
Sat. Apr 17th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Jenis Prosesor Pada Smartphone

4 min read
Seperti yang kita telah ketahui bahwa performa dari seebuah perangkat smartphone tentunya tak lain ditentukan dari processor yang disematkan pada perangkat tersebut, tidak terkecuali pun android. Peran processor begitu sangat krusial, karena fungsinya sebagai pengendali jalannya sistem dari sebuah smartphone.dewasa ini banyak produsen smartphone yang berlomba menawarkan produk besutannya, namun kita juga harus jeli jangan hanya melihat dari luarnya saja namun juga dalamnya. dan prosesor menjadi hal yang paling utama.
Saat ini jenis processor yang beredar di pasaran sangat beraneka ragam, prosesor ini dirilis oleh berbagai produsen dengan variasi bentuk, ukuran, kecepatan dan kapasitas kerjanya. seiring dengan tingginya kebutuhan dalam pengembangan smartphone maka prosesor pun berkembang dengan pesat mulai dari single core, dual core, quadcore hingga yang terbaru octacore.
untuk itulah mari kita mengenal tipe-tipe prosesor yang ada saat ini.
1. Exynos

exynos

Processor Exynos ini dikembangkan oleh vendor Samsung Electronics, dimana prosesor ini dibangun dengan basis System on a Chip (SoC) khusus untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Exynos ini diketahui jenis pertama yang dirilis adalah 3110 atau yang sebelumnya dikenal dengan nama hummingbird atau S5PC110. Setelah sukses dengan exynos 3110, samsung kembali meluncurkan exynos 4212, yang menggunakan CPU ARM Cortex A9 dual core dengan clock antara 1.2 GHz hingga 1.5 GHz dan dilengkapi dengan GPU ARM Mali-400 MP4. Kelebihan yang ditawarkan CPU ini adalah multitasking, fitur game 3D dan hemat karena dibangun dengan proses High K Metal Gate 45nm, 32nm dan 28nm. jenis exynos yang ada saat ini adalah:
  1. Exynos 3 : Kecepatan 1.2 GHz Single-core ARM Cortex-A8, GPU PowerVR SGX540
    200 MHz
  2. Exynos 4 : Kecepatan 1.6 GHz Quad-core ARM Cortex-A9, GPU Mali-400 MP4 (Quad-Core) 440 MHz
  3. Exynos 5 : Kecepatan 1.6–1.8 GHz quad-core ARM Cortex-A15, GPU PowerVR SGX544MP3 (Tri-Core) at 533 MHz

Saat ini samsung tengah mempersiapkan Exynos generasi ke 6 yang kabarnya hadir tahun 2013/2014, mengenai fitur masih belum ada info yang memadai.

2. Tegra

tegra
Processor besutan nvidia ini sangat maju dikarenakan ia lebih dulu melakukan release quad core sementara produsen lainnya masih sibuk memproduksi dual core. Product quad core tersebut adalah nvidia tegra 3 yang dibangun dengan menggunakan arsitektur ARM Cortex A9 dengan core maximum 1.4GHz. Processor ini mempunyai keunggulan mampu menampilkan kualitas gambar dengan konsumsi daya yang minimum, selain itu processor ini juga mampu memutar video dengan resolusi yang besar. Jika anda gemar bermain game dan memutar video, mungkin tegra adalah pilihan yang cocok untuk anda. 
Tegra ini bisa kita katakan sebagai rival terberat dari Qualcom Snapdragon, hampir dapat dipastikan semua smartphone yang menyisipkan Chiset Nvidia Tegra adalah Smartphone kelas premium. Sampai saat ini Nvidia Tegra sudah sampai pada kelas Tegra 4i, berikut tingkatannya.
  1. Nvidia Tegra 2 : Kecepatan Dual-Core 1.2 GHz ARM Cortex-A9, RAM 1 GB, GPU ULP GeForce, Kamera 12 MP, Video (1080p)
  2. Nvidia Tegra 3 : Kecepatan 1.7 GHz single core /1.6 GHz quad-core, RAM 2 GB, GPU ULP GeForce 3x dibanding Tegra 2, Kamera 32 MP, Video (1080p), 3D Stereo
  3. Nvidia Tegra 4 : Kecepatan (4+1) 1.9 GHz ARM Cortex-A15, RAM 4 GB, Custom GPU Core, Kamera dengan fitur HDR preview, instant HDR photos, HDR video, HDR burst, HDR Flash, dan HDR Panorama.
 3. Omap
omap
OMAP ini merupakan salah satu jenis processor yang diproduksi oleh vendor Texas Instrument, sampai dengan saat ini telah tersedia OMAP 1 sampai dengan OMAP 4. Processor OMAP 4 merupakan langkah awal texas instrument versi dual core. Processor OMAP juga sering digunakan  oleh smartphone dengan kinerja yang handal diantaranya samsung galaxy nexus, huawei ascend P1 S hingga tablet archos. Keunggulan OMAP mampu memberikan dan memproses tampilan situs pada internet layaknya website pada PC, User interface lebih cepat dengan konsumsi daya lebih sedikit, menunjang kamera primer dan sekunder lebih kuat serta mampu menampilkan video Full HD.
Generasi OMAP
  1. OMAP 3 : Kecepatan 1 GHz ARM Cortex A8, GPU POWERVR™ SGX 2D/3D, Kamera 12 MP
  2. OMAP 4 : Kecepatan 1.5 GHz Dual Core Cortex A9, GPU POWERVR™ SGX54x, Kamera 20 MP
  3. OMAP 5 : Kecepatan 1.7 GHz Dual Core Cortex A15, GPU POWERVR™ SGX544-MPx, Kamera 24 MP
4. Snapdragon
qualcomsnapdragon

Snapdragon merupakan jenis processor besutan Qualcomm yang paling banyak digunakan untuk smartphone android, kemampuan processor ini diklaim banyak pihak lebih baik dari processor lain. sehingga banyak sekali vendor smartphone yang menggunakan snapdragon ini contohnya saja smartfren yang masih setia menggunakan snapdragon.
Perkembangan snapdragon ini dimulai dari Snapdragon 200, 400, 600 dan yang terakhir Snapdragon 800 yang pertama kali dicicipi oleh Phablet besutan Sony Mobile, Xperia Z Ultra dan diikuti Samsung Galaxy S4. Berikut perbandingan kemampuan Prosesor Snapdragon.
  1. Snapdragon 200 : Kecepatan proses Hingga 1,4 GHz Quad Cortex A5, GPU Andreno 203, Kamera 8 Megapiksel, Video HD 720p (30/15 fps), USB 2.0, Bluetooth 3.0
  2. Snapdragon 400 : Kecepatan Hingga 1,7 GHz, GPU Andreno 305, Kamera 13 Megapiksel, Video HD 1080p, USB 2.0, Bluetooth 4.0
  3. Snapdragon 600 : Kecepatan Hingga 1.9 GHz Quad Krait 300, GPU Andreno 320, Kamera 21 Megapiksel, Video HD 1080p, USB 2.0, Bluetooth 4.0
  4. Snapdragon 800 : Kecepatan 2,3 GHz Quad Krait 400, GPU Andreno 330, Kamera 55 MP, Video 4k x 2k UHD pengambilan video/pemutaran, USB 3.0/2.0, Bluetooth 4.0

5. Mediatek

mediatek
MediaTek atau yang lebih akrab dikenal dengan MTK merupakan perusahaan semikonduktor dan menjual komponen untuk perangkat komunikasi nirkabel. Di Taiwan, mediatek merupakan pembuat chip terbesar dan juga termasuk perusahaan semikonduktor terbesar, sementara dibidang chipset smartphone, menurut data dari strategic analytic, mediatek menduduki peringkat ketiga setelah snapdragon dan exynos. Selain memiliki berbagai keunggulan, processor mediatek dikenal sebagai processor dengan harga murah namun memiliki kualitas yang mengagumkan. Tak heran jika banyak smartphone murah menggunakan prosesor MTK ini contohnya saja evercoss, mito, imo, dan lainnya. Karena seperti yang disebutkan diatas mediatek ini memiliki harga yang murah namun kualitasnya sangat bagus sehingga mampu menduduki peringkat tiga setelah snapdragon dan exynos.

generasi dari MTK ini adalah:
mediatek












itulah beberapa jenis prosesor yang ada di pasaran saat ini, sebenarnya masih banyak lagi vendor lain yang menyediakan prosesor tersebut namun saya rasa yang disebutkan diatas merupakan yang paling banyak digunakan oleh para vendor smartphone.


Artikel Yang akan Rilis Berikutnya:
Cara Upgrade android jelly bean ke kitkat untuk evercoss A26C, Cara Upgrade android jelly bean ke kitkat untuk evercoss A7S, Cara Upgrade android jelly bean ke kitkat untuk evercoss A7T, Cara Upgrade android jelly bean ke kitkat untuk lenovo, Cara Upgrade android jelly bean ke kitkat untuk acer, Cara Upgrade android jelly bean ke kitkat untuk Samsung, Cara Upgrade android jelly bean ke kitkat untuk Sony, Cara Upgrade android jelly bean ke kitkat untuk LG, Cara Upgrade android jelly bean ke kitkat untuk Evercoss A66S, Cara Menambahkan Kapasitas RAM smartphone, Cara meningkatkan kapasitas prosesor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.