Penemuan Fosil Monster Laut Berusia 500 Juta Tahun – ARSBLOG.ID

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Penemuan Fosil Monster Laut Berusia 500 Juta Tahun

2 min read
Penemuan fosil monster lautberusia 540 juta tahun, itulah kabar yang baru-baru ini menghebohkan dunia. Seperti yang telah diketahui belakangan ini sebuah monster laut yang luar biasa telah ditemukan di Wilayah China. Para peneliti kemudian berhasil mengungkapkan bahwa makhluk raksasa laut ini berumur sekitar 520 juta tahun, dikatakan juga bahwa monster ini pernah hidup di laut selama periode Kambrium.

Dilansir oleh Live Science, makhluk luar biasa ini merupakan salah satu dari predator pertama yang memakai mata majemuk, pelindung tubuh, dan dua cakar runcing untuk memburu atau mencari mangsanya. Fosil dari spesies baru ini ternyata telah diawetkan dengan baik oleh alam ini dan membuat sistem saraf dan bagian otaknya masih jelas.

Dalam ilmu sejarah diketahui bahwa ledakan kambrium berlangsung antara periode 543 juta dan 493 juta tahun yang lalu, pada periode ini sebagian besar kehidupan menyerupai ganggang sederhana dan makhluk jellyfishlike stasioner. Namun, akhirnya diketahui bahwa selama ledakan Kambrium, periode evolusi berubah dengan cepat ketika keanekaragaman hayati mengalami ledakan populasi yang luar biasa, makhluk laut dengan mata majemuk, kaki bersendi dan exoskeletons keras mulai muncul akibat dari evolusi yang terjadi selama periode tersebut.

monster
Dalam periode ini dinilai sangat menarik perhatian para peneliti karena dalam periode ini juga terlihat dengan munculnya kelompok udang yang dikenal sebagai anomalocaridids. Monster ini adalah predator atas laut Kambrium, memakai pelindung tubuh dan mulut berbentuk kerucut. Beberapa yang terbesar dari makhluk ini bisa tumbuh sampai 6 kaki (1,8 meter).

Kemudian hal ini kembali menarik para ilmuwan, salah satunya seorang peneliti dari Universitas Yunnan di Cina, yang bernama Peiyun Cong, beliau kemudian menjelaskan bahwa kebanyakan spesimen paleontologi anomalocaridid ini ditemukan dalam kondisi yang buruk, sehingga sangat sulit untuk kita mengetahui dengan persis mengenai kehidupan mereka.

Para ilmuwan ini akhirnya berfikir bahwa anomalocaridid ini memiliki kelompok yang memisahkan diri sebelum nenek moyang terbaru mereka dari semua arthropoda yang hidup. Sementara peneliti yang lain berfikir bahwa hewan tersebut adalah bagian dari kelompok yang disebut ‘chelicerates’ yang meliputi laba-laba dan kalajengking.

Dalam beberapa tahun terakhir ini setidaknya para peneliti telah melakukan penggalian dan menemukan tiga spesimen luar biasa yang kemudian diawetkan dan juga spesies anomalocaridid baru dalam sebuah sedimen fosil di Cina. Sedimen ini dikatakan begitu sempurna hingga sistem saraf, usus dan beberapa otot masih terlihat.

velvet worm

Chong kemudian mengatakan bahwa “Berdasarkan pada otak, makhluk ini memiliki beberapa karakteristik fitur yang ditemukan di chelicerates, dan kesamaan dengan kelompok yang dikenal sebagai cacing beludru”.

Makhluk yang dijuluki ‘Lyrarapax unguispinus’ berukuran sekitar 6 inci (15 cm). L. unguispinus memiliki ekor yang tampak sedikit seperti lobster dan dua penjepit raksasa untuk menangkap mangsa.

“Namun, hasilnya tidak bisa menentukan dimana letak hilangnya pohon kehidupan monster laut kuno ini. Tetapi, tidak peduli pada grup apa makhluk ini berasal. Yang jelas, sudah dapat dipastikan bahwa makhluk ini berasal dari era Paleozoic, sekitar 251 juta tahun yang lalu, saat anomalocaridid punah”.