Roket Baru Terbesar Buatan NASA – ARSBLOG.ID
Sun. Sep 19th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Roket Baru Terbesar Buatan NASA

2 min read
roket nasa
Seperti yang kita tahu bahwa NASAsudah sejak dulu selalu berkreatifitas menciptakan dan mengembangkan berbagai jenis teknologi, salah satunya adalah roket. Kali ini NASA kembali menciptkan sebuah roket baru bertipe baru dengan kerja sama berasama pihak BOEING yang menurut beberapa media dikatakan ini bisa jadi merupakan roket terbesar yang pernah dibuat Nasa. Proyek roket ini direalisasikan dengan menghabiskan dana US$2,8 miliar, Boeing setuju untuk membuat roket raksasa untuk mendukung misi ke bulan dan Mars.
Banyak yang menilai roket ini menjadi roket yang terbesar, roket ini disebut yang terbesar karena tingginya akan mencapai 384 kaki. Kesepakatan dengan pihak boeing ini dikabarkan terjadi setelah Nasa menyelesaikan tahap awal perencanaan berupa Critical Design Review (CDR). dengan terbitnya kesepakatan ini maka Ini merupakan kelanjutan sejarah Nasa untuk pesawat eksplorasi sejak 1961, berupa Roket Saturn V.
Menurut kabar yang ada roket terbesar ini dijadwalkan akan melakukan uji coba pertamanya pada 2017 nanti. Sistem peluncuran roket terbesar ini akan didesain secara fleksibel dan akan mampu mengangkut keperluan kargo dan kru misi yang beraneka ragam. Uji coba pertama roket terbesar ini kabarnya ditargetkan akan mampu membawa kapasitas 77 ton. Setelah melewati dua tahap konfigurasi, kemampuan angkutnya akan dinaikkan dua kali lipat menjadi 143 ton.

“Tim kami telah mendedikasikan diri untuk membuat Sistem peluncuran pesawat luar angkasa (SLS) yang paling besar yang pernah ada. Kami akan membangunnya dengan aman, terjangkau dan tepat waktu,” ujar Virginia Barnes, VP dan Program Manager Boeing SLS, seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat, 4 Juli 2014.

Roket ini pun dinilai tidak sekedar roket eksplorasi luar angkasa namun roket ini juga didesain untuk bisa melakukan multi-fungsi. Seperti yang telah disebutkan diatas, tidak hanya mendukung misi eksplorasi manusia ke luar angkasa, tapi juga misi sains lainnya yang melibatkan asteroid dan Mars.

“Ketika kebanyakan orang berpikir SLS adalah untuk eksplorasi manusia, ternyata itu salah. Aplikasi roket ini bisa lebih luas lagi di semua area eksplorasi, termasuk menelusuri sains luar angkasa,” ujar Asisten Manajer Program untuk Strategi dan Kemitraan SLS, Steve Creech.

Berkat adanya rencana pembuatan roket besar ini, Nasa dan para ilmuwan lain mengevaluasi kemungkinan peluncuran pesawat robot seperti Europa Clipper untuk ditempatkan di Jupiter.

Spesifikasi SLS
Nantinya akan ada dua jenis roket SLS yang dibuat Boeing sesuai pesanan Nasa. Satu versi kecil dan lainnya lebih besar.

Roket yang kecil memiliki daya angkut 70 metrik ton dan memiliki ukuran tinggi 321 kaki. Daya dorongnya harus mencapai 8,4 juta pon saat meluncur nanti. Beratnya hanya 5,5 juta pon dan mampu membawa 154.000 pon muatan. Kemungkinan versi ini yang akan digunakan dalam uji coba.

Sedangkan yang versi besar memiliki konfigurasi 130 metrik ton. Tingginya 384 kaki dan memiliki daya dorong 9,2 juta pon saat meluncur. Untuk urusan berat, sekitar 6,5 juta pon dan bisa membawa muatan seberat 286.000 pon.

Roket versi besar ini dianggap paling cocok untuk digunakan dalam misi. karena selain besar, roket ini juga sudah sesuai dengan perhitungan desain untuk mensukseskan misi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.