Mari Meningkatkan Daya Ingat Otak – ARSBLOG.ID
Sat. Apr 17th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Mari Meningkatkan Daya Ingat Otak

3 min read
Daya ingat yang kuat akan bergantung pada kesehatan dan vitalitas otak kita. Apakah kamu seorang mahasiswa yang selalu belajar dan mengingat pelajaran untuk ujian akhir? Jika ya, maka kamu perlu melatih otak kamu agar tetap sehat dan memiliki daya ingat yang baik. Otak pun layaknya sebuah memori komputer dimana ada RAM dan ROM.
daya ingat otak
Otak kecil kita sama seperti RAM komputer yang bersifat menyimpan data sementara, sedangkan otak besar kita layaknya ROM, yang akan menyimpan data selamanya sampai usia ROM berakhir. Informasi yang kita dapatkan setiap hari memicu jutaan sel otak menerjemahkannya menjadi sebuah impuls, namun tidak semua informasi yang ada disimpan di otak besar, kebanyakan informasi itu disimpan di otak kecil, dan ketika kita tertidur tak ubahnya seperti komputer yang dimatikan maka data akan hilang, lain halnya bila kita simpan informasi dalam otak besar maka akan kita ingat terus informasi tersebut.
Lalu, masalahnya adalah bagaimana kita bisa meningkatkan kemampuan otak kita untuk menyerap dan menyimpan informasi yang ada? 
ada pepatah yang mengatakan “Kamu tidak akan bisa mengajarkan trik baru pada anjing yang sudah tua”. Namun, bila kita berbicara tentang otak pepatah ini tidak berlaku. Para ilmuwan berhasil mengungkapkan bahwa otak manusia memiliki kemampuan yang sangat menakjubkan untuk beradaptasi dan berubah, bahkan sampai usia tua. Kemampuan ini dikenal sebagai neuroplastisitas. Dengan stimulasi yang tepat, otak Anda dapat membentuk jalur saraf baru, mengubah koneksi yang ada, dan beradaptasi dan bereaksi dengan cara yang selalu berubah.

Kemampuan luar biasa otak untuk membentuk kembali dirinya sendiri ini dapat terjadi ketika sesorang selalu belajar dan mengingatnya. Anda dapat memanfaatkan kekuatan alami dari neuroplastisitas ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif Anda, meningkatkan kemampuan Anda untuk mempelajari informasi baru, dan meningkatkan daya ingat Anda.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya ingat otak kita dan mengoptimalisasikannya:
Pertama : Jangan Malas Untuk Berolahraga dan Perhatikan Lama Tidur
Layaknya seorang atlet yang meningkatkan kemampuannya dengan cara memperhatikan nutrisi dan gizi yang dikonsumsinya dan kualitas tidur mereka, Otak pun demikian. Kemampuan mengingat kita akan terus meningkat jika kita memlhara otak kita dengan asupan gizi dan nutrisi yang tepat serta senantiasa memperhatikan waktu istirahat otak untuk melakukan regenerasi sel.
daya ingat otak
Hal berikutnya adalah jangan pernah malas untuk berolahraga, Karena jika kamu berolahraga dan melatih tubuh kamu maka otak juga akan berolahraga dan berlatih sehingga otak menjadi selalu segar. Latihan fisik meningkatkan oksigen ke otak Anda dan mengurangi risiko untuk gangguan yang menyebabkan hilangnya memori, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular. Olahraga juga dapat meningkatkan efek dari bahan kimia otak dan membantu melindungi sel-sel otak.
Saat kita kurang tidur, otak kita tidak akan mampu untuk beroperasi pada kapasitas penuh. Kreativitas, kemampuan pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis juga akan terganggu. Apakah Anda sedang belajar, bekerja, atau mencoba untuk menyulap banyak tuntutan hidup, kurang tidur adalah bencana untuk mewujudkan impian anda tersebut.
 
daya ingat otak
Tidur sangat penting untuk meningkatkan daya ingat dalam cara yang lebih mendasar. Penelitian menunjukkan bahwa tidur diperlukan untuk konsolidasi memori, dengan aktivitas memorimeningkatkan kunci yang terjadi selama tahap terdalam dari tidur.
Kedua : Luangkan Waktu Untuk Bersama Teman dan Bersenang-senang
daya ingat otak
Ketika Anda memikirkan cara-cara untuk meningkatkan daya ingat, Kegiatan serius apakah yang andaakan fikirkan? apakah seperti bergulat dengan teka-teki silang New York Times atau menguasai strategi catur, atau melakukan hiburannongkrong dengan teman-teman atau menikmati film komedi di bioskop? Sebuah hasil penelitian yang tak terhitung jumlahnya menunjukkan bahwa kehidupan yang penuh teman-teman dan menyenangkan akan dilengkapi dengan manfaat kognitif.
Penelitian menunjukkan bahwa memiliki hubungan yang bermakna dan sistem dukungan yang kuat sangat penting tidak hanya untuk kesehatan emosional, tetapi juga untuk kesehatan otak. Dalam sebuah penelitian terbaru dari Harvard School of Public Health, misalnya, para peneliti menemukan bahwa orang dengan kehidupan sosial yang paling aktif memiliki tingkat penurunan daya ingat yang  lama, atau dengan kata lain memiliki daya ingat yang kuat.
Sehingga sangat disarankan untuk kita lebih bersosialisasi dengan teman dan lingkungan apabila kita ingin daya ingat kita meningkat, kemudian dengan berteman dapat menurunkan tingkat stress dan dapat membuat otak menjadi segar.
Kemudian, apakah kalian pernah mendengar bahwa tertawa merupakan obat yang baik untuk otak? tertawa dalam hal ini adalah tertawa yang sewajarnya, karena dengan tertawa dapat meningkatkan kualitas kemampuan emosional kiita, sehingga otak akan menjadi lebih rileks dan segar sehingga informasi yang di dapat akan lebih mudah diserap dan disimpan.
itulah beberapa hal yang sederhana yang dapat meningkatkan kualitas daya ingat otak kita, jangan selalu menggunakan cara instan untuk meningkatkan daya ingat karena itu akan sangat berbahaya, lebih baik gunakan cara alami seperti yang telah disebutkan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.