Mencoba Menjadi Pemimpin Yang Baik – ARSBLOG.ID
Sat. Apr 17th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Mencoba Menjadi Pemimpin Yang Baik

4 min read
Bagaimana cara Anda menggambarkan seorang pemimpin yang baik? Dalam suatu studi tentang kepemimpinan, didapatkan bahwa kualitas seperti ketegasan, kemampuan beradaptasi, kecerdasan dan kesadaran yang disebut-sebut sebagai sifat dan sikap yang paling penting dalam sebuah karakter seorang pemimpin yang baik. Penelitian jelas menunjukkan bahwa pemimpin transformasional, pemimpin yang positif, inspirasi, dan yang memberdayakan dan mengembangkan anggotanya, adalah pemimpin yang lebih baik,” tutur seorang psikolog dan ahli kepemimpinan Ronald E. Riggio. Mereka lebih dihargai oleh anggotanya dan memiliki tim yang berkinerja tinggi.
good leader
Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk merangkul karakteristik ini dalam satu kesatuan pribadi diri dan menjadi pemimpin yang lebih baik? Pemimpin transformasional biasanya digambarkan sebagai seseorang yang antusias, bergairah, asli dan energik. asli dalam hal ini adalah sikap yang memang apa adanya. Para pemimpin ini tidak hanya khawatir tentang membantu kelompok mencapai tujuannya, namun mereka juga peduli untuk membantu setiap anggota kelompok mencapai potensi maksimalnya.

Mari bersama kita pertimbangkan beberapa tips berikut untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana menjadi pemimpin yang lebih baik dan berpikir tentang cara-cara untuk menerapkan strategi ini dalam kehidupan sehari-hari Anda.


Pelajari lebih lanjut tentang Gaya Kepemimpinan Anda
Memahami gaya kepemimpinan Anda saat ini sangatlah penting. Karena banyak pertanyaan yang timbul tentang apa kekuatan Anda? Sikap dalam diri Anda yang mana yang membutuhkan perbaikan? Salah satu cara untuk memulai menilai keterampilan Anda adalah dengan mengikuti beberapa test tentang kepemimpinan, sehingga anda akan tahu bagaimana gaya kepemimpinan Anda. Setelah Anda menyelesaikan test, kemudian membaca tentang karakteristik utama dari gaya dominan kepemimpinan Anda. Apakah kualitas ini membantu atau menghambat kepemimpinan Anda? Setelah Anda menentukan bidang kerja Anda, Anda dapat mulai mencari cara untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan Anda.

Mendorong Kreativitas
Stimulasi intelektual merupakan salah satu keunggulan dari kepemimpinan transformasional. Anggota kita perlu didorong untuk mengekspresikan kreativitas mereka. Para pemimpin yang efektif harus menawarkan tantangan baru dengan dukungan yang cukup untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satu cara untuk menumbuhkan kreativitas adalah untuk menawarkan tantangan kepada anggota kelompok, memastikan bahwa tujuan berada dalam jangkauan kemampuan mereka. Tujuan dari jenis latihan adalah untuk membuat orang untuk meregangkan batas mereka, tetapi tidak menjadi berkecil hati dengan hambatan untuk sukses.

Sajikan Sebagai Model Peran
Pengaruh ideal adalah satu dari empat komponen kunci dari kepemimpinan transformasional. Pemimpin transformasional memberikan contoh perilaku dan karakteristik yang mereka miliki untuk mendorong para anggota mereka. Pemimpin tranformasional memberikan contoh bagaimana untuk tetap konsisten dalam mencapai suatu tujuan bersama, Akibatnya, anggota kelompok mengagumi para pemimpin ini dan bekerja untuk meniru perilaku ini. Jika Anda ingin menjadi pemimpin yang lebih baik, bekerjalah pada pemodelan kualitas yang Anda ingin lihat dalam anggota tim Anda.
Be Passionate
Apakah Anda akan melihat ke seseorang untuk bimbingan dan kepemimpinan jika mereka tidak benar-benar peduli tentang tujuan dari kelompok? Tentu saja tidak! Pemimpin besar tidak hanya terfokus untuk mendapatkan anggota kelompok yang mau menyelesaikan tugas-tugas. mereka memiliki semangat yang tulus dan antusiasme untuk proyek-proyek yang mereka kerjakan. Mulailah dengan memikirkan cara-cara berbeda yang dapat Anda lakukan untuk mengekspresikan semangat Anda. Biarkan orang tahu bahwa Anda peduli tentang kemajuan mereka. Ketika salah satu orang paham maka seluruh kelompok akan paham, pastikan untuk memberitahu mereka betapa Anda menghargai kontribusi tersebut. 
Menjadi Pendengar dan Berkomunikasi Efektif
Karakteristik penting lain dari kepemimpinan transformasional adalah melibatkan fokus pada penyediaan komunikasi yang efektif dengan anggota kelompok. Para pemimpin yang baik harus mengungkapkan perhatian yang tulus dan kepedulian terhadap anggota kelompok mereka baik secara verbal dan nonverbal. Dengan menjaga jalur komunikasi tetap terbuka, para pemimpin ini dapat memastikan bahwa anggota kelompok merasa mampu memberikan kontribusi dan menerima pengakuan atas prestasi mereka. 
Memiliki Sikap Positif
Pemimpin transformasional memiliki sikap optimis, sikap optimis ini berfungsi sebagai sumber inspirasi bagi para anggotanya. Jika para pemimpin tampak putus asa atau apatis, anggota kelompok cenderung juga akan menjadi tidak bersemangat. Bahkan ketika hal-hal terlihat suram dan anggota Anda mulai merasa putus asa, mencobalah untuk tetap positif. Ini tidak berarti melihat hal-hal melalui kacamata berwarna. Ini hanya berarti menjaga rasa optimisme dan harapan dalam menghadapi tantangan. 
Mendorong Setiap Orang Untuk Berkontribusi
Biarkan anggota tim Anda tahu bahwa Anda menyambut ide-ide positif mereka. Pemimpin yang mendorong keterlibatan dari anggota kelompoknya dalam setiap proyek sering disebut sebagai pemimpin demokratis atau partisipatif. Sementara mereka mempertahankan kata akhir atas semua keputusan, mereka mendorong anggota tim untuk mengambil peran aktif dengan ide-ide dan rencana. Penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan gaya kepemimpinan demokratis menyebabkan komitmen yang lebih besar, lebih kreatif pemecahan masalah dan peningkatan produktivitas. 
Memotivasi Anggota
Pemimpin transformasional juga memberikan motivasi inspirasional untuk mendorong anggota mereka untuk berkontribusi. Tentu saja, ini akan menjadi inspirasi yang tidak selalu mudah. Untungnya, Anda tidak perlu pidato motivasi untuk membangkitkan anggota kelompok Anda. Beberapa ide untuk inspirasi kepemimpinan termasuk menjadi benar-benar bergairah tentang ide-ide atau tujuan, membantu anggota merasa dilibatkan dalam proses dan menawarkan pengakuan, pujian dan penghargaan atas prestasi masyarakat. 
Berikan Penghargaan Atas Setiap Kerja Keras Anggota
Seorang pemimpin yang baik tahu bahwa memberikan pengakuan dan penghargaan yang efektif adalah salah satu cara terbaik untuk membantu anggota merasa dihargai dan bahagia. Hal ini akan membuat anggota bekerja lebih nyaman dan lebih bersemangat. Menurut peneliti Teresa Amabile dan Steven Kramer, pemimpin dapat membantu anggota kelompok merasa bahagia dengan menawarkan bantuan, menghilangkan hambatan untuk sukses dan upaya yang kuat dalam kebermanfaatan mereka.

Susan M. Heathfield dalam artikelnya tentang Panduan untuk Sumber Daya Manusia, menawarkan beberapa tips tentang bagaimana pemimpin dapat mengekspresikan pengakuan dan penghargaan anggota tim. Beberapa strategi ini termasuk mendengarkan tanpa gangguan, menempatkan pujian Anda secara tertulis dan secara terbuka berterima kasih kepada orang-orang untuk usaha mereka.

Selalu Mencoba Hal Baru
Siapa bilang kepemimpinan adalah hubungan satu arah? Ketika Anda bekerja maka anda secara tidak langsung akan mengasah keterampilan kepemimpinan Anda, jangan lupa untuk melihat ke anggota Anda untuk umpan balik dari inspirasinya. Perhatikan hal-hal yang sudah efektif di masa lalu dan selalu waspada cara baru untuk menginspirasi, memotivasi dan anggota kelompok reward. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.