Fenomena Dua Planet yang Nyaris Menyebabkan Perang Dua Negara di ASIA – ARSBLOG.ID
Sat. Apr 17th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Fenomena Dua Planet yang Nyaris Menyebabkan Perang Dua Negara di ASIA

3 min read
Beberapa tahun yang lalu dikabarkan nyaris terjadinya pertikaian antara dua negara di Asia, yaitu India dan China, Namun beruntung tindakan itu akhirnya urung terjadi berkat adanya ilmu pengetahuan. Namun, yang jadi pertanyaan, apakah yang membuat kedua negara ini nyaris bertikai? dan jawabannya adalah dua planet. Ketika mendengar alasan ini pasti kita akan dibuat bingung, sebab bagaimana dua planet ini nyaris menyebabkan perang antar kedua negara tersebut? 
Tenang, ternyata semua yang terjadi saat itu adalah hanya sebuah kesalahpahaman yang disebabkan fenomena penampakan dua planet tersebut, dan beruntung negara yang terlibat tidak langsung mengambil tindakan melainkan melakukan penelitian terlebih dahulu. Lalu bagaimana peristiwa itu dapat terjadi? 
Berikut akan diceritakan bagaiamana fenomena dua planet yang nyaris menyebabkan perang dua negara itu terjadi.
jupiter
Seperti yang dikutip dari vivaforum, Diketahui sejak bulan agustus 2012 hingga februari 2013 tentara india yang melakukan misi pengawasan perbatasan di Ladakh ( Perbatasan India-China) telah melihat dua buah obyek terang di langit yang hampir setiap harinya bergerak mendekati wilayah tersebut sebelum pada akhirnya melewati dan melanggar perbatasan kedua negara dan bahan sampai masuk ke wilayah india. Keteganganpun terjadi kala itu. Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa wilayah perbatasan Ladakh ini pernah memicu perang India-China di tahun 1962 dan sejak itu kedua negara sering mengirim pesawat pengintai tak berawak ke wilayah lawan untuk melakukan misi pengintaian aktivitas masing-masing negara di kawasan tersebut.

Dengan adanya peristiwa ini India berniat untuk melakukan serangan kepada China, Namun sebelum bertindak untuk menyerang China, militer perbatasan India melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada para ahli astronomi yang ada di India, mereka melakukan ini untuk memastikan apakah obyek terang yang mereka lihat tersebut adalah celestial ataukah terestrial. Konsultasi tersebut akhirnya dilakukan sekitar pada pertengahan bulan Februari 2013 lalu. Para astronom diberikan laporan mengenai fenomena itu berupa laporan tentang kemunculan objek pertama yang bila dilihat dari lokasi memiliki ketinggian sekitar 4.715 meter di atas permukaan laut dekat Thakung, yang kemudian muncul di cakrawala sekitar pukul 06:00 pm dan tetap terlihat sampai sekitar 05:00 am. Setelah itu, Obyek kedua muncul pada 04:00 am dan memudar pada pukul 11:00 am.

Para Astronom juga diberitahu bahwa ada delay empat menit dalam penampakan salah satu objek setiap hari berturut-turut, dan objek-obyek yang tampak terang di langit tersebut terlihat bergerak dibandingkan dengan posisi bintang-bintang yang ada di langit wilayah tersebut. Para astronom kemudian menyimpulkan bahwa ternyata objek yang diamati dari ketinggian 4715 meter adalah planet Jupiter. karena, pengamatannya bertepatan dengan gerakan diurnal planet dan gerakan tampak dari objek karena rotasi Bumi.

Seperti yang telah diketahui bahwa pada bulan Agustus 2012 Jupiter memang terbit setelah tengah malam dan akan terlihat sepanjang malam, kemudian terbit sedikit lebih awal setiap hari. Pada bulan November Jupiter terbit saat matahari terbenam dan tetap terlihat sepanjang malam. Deskripsi obyek “tak dikenal” kedua yang muncul sangat awal di pagi hari menunjukkan bahwa itu adalah Planet Venus, yang saat itu bergerak di belakang Matahari dan dalam beberapa bulan mendatang akan muncul sebagai obyek malam. Venus mengorbit Matahari dengan lebih cepat, yang kemudian bergerak lebih cepat selama periode waktu yang sama, akan tetapi pada bulan Agustus 2012 Venus akan terlihat di sebelah timur sebelum matahari terbit, semakin dekat dengan Matahari (dan terbit lebih kemudian) seiring berjalannya waktu.

Semua pengamatan yang telah dilakukan oleh para astronom tersebut tampaknya cocok. Selain itu para astronom juga mengatakan bahwa bintang dan planet diatas cakrawala Ladakh tampil sangat cemerlang karena meningkatnya transparansi atmosferis di dataran tinggi dan baik Jupiter maupun Venus pada saat itu adalah planet paling terang di langit. Para astronom juga menjelaskan bahwa benda-benda yang terbit di timur mungkin tampak bergerak melintasi perbatasan dan bergerak mendekati sisi India. Untunglah Militer perbatasan India menanyakan kepada para ahli astronomi mereka terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan. Bayangkan apa yang akan terjadi jika militer India menyerang China karena dianggap berulangkali melanggar batas wilayah mereka. Perang akan terjadi hanya akibat ketidaktahuan dan tindakan yang terburu-buru.

Dan mis-identifikasi seperti ini bukan pertama kalinya (dan mungkin juga tidak akan menjadi yang terakhir). Kedua planet tersebut sering dikira piring terbang. Banyak orang pernah melaporkan Jupiter sebagai UFO, dan bahkan stasiun TV Fox NYC pernah mengambil video yang menunjukkan Jupiter dan bulan-bulannya, sementara wartawan mengatakan bahwa itu UFO. Venus juga sering disangka banyak orang sebagai piring terbang, dan bahkan Bulan tak luput dari kesalahan identifikasi ini.

dari fenomena ini kita dapat mengambil sebuah nilai bahwa dalam menanggapi sebuah permasalahan yang belum tentu kebenarannya, maka kita harus lebih sabar dan mencoba mengkonsultasikan kepada yang lebih ahli atau pakarnya, sehingga hal-hal yang buruk yang mungkin saja dapat terjadi akibat ketidak tahuan terhadap suatu ilmu pengetahuan tidak akan menjerumuskan kita dan membuat kita menjadi orang-orang yang merugi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.