Isu Asteroid Besar yang akan Menabrak Bumi di Tahun 2017 – ARSBLOG.ID

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Isu Asteroid Besar yang akan Menabrak Bumi di Tahun 2017

2 min read
Beberapa waktu yang lalu beberapa isu seputar adanya asteroid besar yang sedang menuju bumi sempat beredar. menurut beberapa sumber dikatakan bahwa asteroid itu diperkirakan akan sampai ke permukaan bumi pada sekitar tahun 2017 mendatang. Asteroid tersebut bernama 2012 TCP. Seperti yang telah disampaikan di atas, 2012 TCP tersebut diperkirakan akan melintas dekat Bumi pada 12 Oktober 2017. Akankah asteroid ini akan menabrak Bumi dan membahayakan manusia? atau apakah asteroid ini hanya melintas di sekitar bumi dan kemudian menuju tempat yang lain.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa ssteroid sebelumnya pernah menuju bumi dan bahkan sampai masuk ke dalam bumi hingga akhirnya meledak di atas kota Chelyabinsk di Rusia. Ledakan asteroid itu setidaknya melukai 1.500 orang di Rusia dan merusak lebih dari 7.000 bangunan. Asteroid 2012 TCP diperkirakan berukuran 12 sampai 40 meter. Bahaya asteroid 2012 TCP ini bahkan diperkirakan oleh beberapa astronom dinilai akan lebih dahsyat jika dibandingkan dengan asteroid yang pernah meledak di langit Rusia tersebut.

“Asteroid ini sangat berbahaya dan kekuatannya mungkin akan mampu menghancurkan apapun tergantung di mana ia akan meledak,” kata Judit Györgyey-Ries, astronom di University of Texas McDonald Observatory seperti yang dikutip dari laman Phys, Rabu (15/4/2015).

Asteroid seukuran rumah sebelumnya juga pernah ditemukan tahun lalu tepatnya pada 4 Oktober 2014 oleh observatorium Pan-STARRS, di Hawaii. Seminggu kemudian, asteroid itu mendekati Bumi dengan jarak yang sangat dekat sekira 94.800 km. namun keberadaan dan prediksi apakah asteroid tersebut akan sampai ke permukaan bumi masih terus dilakukan penelitian.

Astroid 2012 TC4 ini digambarkan sebagai sebuah obyek memanjang dan berputar dengan sangat cepat dan telah dikenal membuat banyak pendekatan dekat dengan Bumi di masa lalu. Sekarang, para ilmuwan mencoba untuk menentukan di wilayah mana tepatnya 2012 TCP akan terbang dan memperkirakan dampak yang mungkin ditimbulkan. serta mengantisipasi dampak-dampak buruk yang mungkin ditimbulkan bila saja asteroid tersebut memang benar-benar akan sampai ke permukaan bumi.

“Kesempatan (asteroid) untuk menghantam Bumi hanya 0,00055 persen,” tambah Judit Györgyey. Keyakinan astronom asal Amerika Serikat tersebut juga didukung oleh astronom lainnya dari badan antariksa Eropa ESA, Detlef Koschny. Menurutnya ukuran asteroid 2012 TCP yang diperkirakan sangat besar belum terbukti dan harus diteliti lagi.

“Peluang asteroid 2012 TCP untuk meledak ialah satu berbanding satu juta dan ukuran asteroid biasanya akan dilihat dari kecerahannya, tapi kita tidak tahu refleksitasnya jadi ukuran asteroid itu bisa lebih kecil atau lebih besar,” ujar Detlef Koschny.

Menurut data yang diperoleh dari laman tersebut, terhitung hingga 12 April 2015, terdapat 1.572 asteroid yang berpotensi berbahaya bagi Bumi terdeteksi. Tak satu pun dari asteroid itu diketahui pada jalur tabrakan dengan Bumi, meskipun para astronom hampir selalu menemukan asteroid yang baru setiap saat. Sehingga sampai detik ini pun para astronom masih berusaha melakukan penelitian dan melakukan prediksi mengenai kemungkinan asteroid-asteroid tersebut tertarik gravitasi bumi dan kemungkinan asteroid tersebut sampai ke permukaan bumi atau hanya akan masuk ke bumi dan habis saat melintasi lapisan ozon bumi. Kita tunggu saja kabar terbaru dari fenomena ini.