Kapal Selam Buatan India – ARSBLOG.ID
Sat. Apr 17th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Kapal Selam Buatan India

2 min read

Setelah sukses membangun dan meluncurkan kapal selam nuklir buatan dalam negerinya, India kini meluncurkan kapal selam serang dari galangan kapalnya di Mumbai. Kapal selam serang ini memperkuat armada kapal selam India menjadi 16 unit dari berbagai kelas sedang dan besar. 

kapal selam india

 

Kapal selam serang buatan galangan kapal Mazagaon, Mumbai, ini berbasis kelas Scorpene dari Prancis (yang juga dibeli Tentera Laut Diraja Malaysia). Satu-satunya elemen asing dalam proyek Angkatan Laut India ini adalah keterlibatan rancang bangun insinyur Prancis terkait penataan konsumsi bahan bakar disel. Sisanya dirancang insinyur lokal. Scorpene dibangun di galangan kapal Magazon, Kota Mumbai. Kemudian India menamai proyek pembangunan kapal selam serang ini sebagai Project 75 yang dilakukan bersama Prancis. 

Kapal selam serang yang tidak disebut namanya ini menjadi satu pilar modernisasi armada kapal selam Angkatan Laut India. Selama ini India memiliki sembilan kapal selam kelas Kilo dari Rusia yang telah berusia 30 tahun, empat kapal selam kelas Type 209 SSK (sekelas dengan KRI Cakra-401 dan KRI Nanggala-402), satu kapal selam sewa kelas Akula dari Rusia yang dinamai INS Chakra, dan kapal selam nuklir peluru kendali antar benua buatan sendiri, INS Arihant. 

INS Arihant, menurut US Naval Institute Combat Fleet of the World, merupakan yang pertama di kelasnya saat diluncurkan pada 2013. Kapal selam nuklir ini dipersenjatai peluru kendali antar benua berkepala nuklir, dan direncanakan secara resmi bergabung dengan Angkatan Laut India pada 2016 nanti. India telah mengumumkan kebijakan Green Water Navy-nya tiga tahun lalu; dengan perbandingan Angkatan Laut Amerika Serikat yang sejak lama menjadi Blue Water Navy. Kapal selam nuklir kedua buatan India diluncurkan pada 2013 dan akan masuk dinas resmi juga pada 2016. 

Adapun kemajuan teknologi India berusaha dikejar oleh Indonesia sebagai negara maritim. semoga dengan keberhasilan ini menambah motivasi bagi negara berkembang di ASIA khususnya Indonesia untuk mampu menyaingi perkembangan teknologi yang di gagas oleh India ini. sehingga, Indonesia tidak lagi di cap sebagai negara yang hanya mampu mengimpor barang apapun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.