Senjata Perang Hasil Pengembangan LAPAN – ARSBLOG.ID
Sat. Apr 17th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Senjata Perang Hasil Pengembangan LAPAN

3 min read
Indonesia merupakan negara yang sangat kaya. Indonesia pun negara yang sangat potensial dalam segala bidang. begitu besarnya potensi yang dimiliki Indonesia membuat negara kita ini rawan akan hal yang berhubungan dengan penjajahan. Untuk itu kita perlu mengembangkan sebuah senjata untuk melindungi kedaulatan NKRI. Kita memang memiliki Negara tetangga yang banyak, dan mungkin juga mereka memiliki uang yang melimpah untuk membeli mesin – mesin yang canggih untuk kebutuhan perang. Jika kita berbicara soal uang, mungkin bagi Negara lain itu bukanlah masalah penting, tetapi bagi Indonesia harus berpikir matang – matang sebelum membeli sebuah mesin perang yang canggih. Sadar akan hal tersebut, Indonesia mencoba membuat sendiri sebuah alat pertahanan yang strategis. Salah satunya yaitu sistem pertahanan missile atau peluru kendali.
Teknologi terkini buatan Indonesia ini memang masih harus menunggu waktu untuk benar-benar dapat digunakan, namun setidaknya teknologi ini mampu membangkitkan gairah pengembangan IPTEK di Indonesia dan setidaknya sedikit merubah pandangan bahwa indonesia sebagai negara pengimportir. Kedepannya diharapkan teknologi ini mampu mendapatkan perhatian yang lebih dari berbagai pihak untuk pengembangan dan penyempurnaannya, sehingga tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang Indonesia akan kembali berjaya dan menjadi negara yang disegani di dunia.
dan berikut beberapa senjata terkini pengembangan LAPAN.
 
misil lapan
RX 550 LAPAN
 
Mungkin di dalam pembuatan senjata Roket maupun Missile, Indonesia memang tertinggal dengan Negara tetangga seperti Jepang, India, China serta Iran. Akan tetapi baru – baru ini, para ahli Lapan mencoba membuat sebuah roket yang bisa menjelajah ruang angkasa, atau peluru kendali jarak jauh. Lapan sendiri mencoba membuat senjata Roket untuk mengantisipasi dari mata – mata yang mengintai Negara Indonesia. Dan mereka kini sendang menjalin kerjasama dengan Krakatau Steel, untuk pembuatan roket yang merupakan penyempurnaan dari RX 420. Dan akhirnya mereka berhasil menciptakan roket terbaru mereka yaitu RX 550 ( caliber 550 mm ). Roket ini mampu mengorbit seperti satelit dengan memiliki panjang hingga 10 meter. Saat ini roket RX 550 ini masih terus menjalani serangkaian percobaan. Untuk itu Lapan sendiri mencoba mendesain roket ini bisa meluncur sampai 500 km. selain RX 550, senjata Lapan Indonesia lainnya berjenis roket yaitu RKN 200, atau Roket Kendali Nasional. Untuk roket RKN 200 sendiri merupakan roket yang memiliki fungsi sebagai roket pengorbit satelit yang memiliki kecepatan hingga 7 Mach.
HSFTB ( High Speed Flying Test Bed )
Untuk membuat sebuah roket kendali sendiri, Indonesia memang masih belum menguasai secara penuh untuk pembuatan guide missile. Oleh sebab itu Indonesia mencoba membuat sebuah pesawat tanpa awak yang disebutnya dengan HSFTB. Senjatan Lapan Indonesia HSFTB merupakan sebuah wahana terbang yang dilengkapi dengan turbojet, dimana memiliki fungsi sebagai penguji sistem kendali untuk memeriksa berbagai parameter dinamika terbang secara akurat dan tepat. Selain itu HSFTB juga berfungsi sebagai tahapan dalam pembuatan rudan nasional serta UAV tingkat advance. Dengan kata lain, HSFTB ini merupakan sebuah uji coba awal untuk pembuatan roket kendali. HSTFB ini juga bisa menganalisa anomaly trayektori serta menguji strategi terbang, sehingga bisa mencapai sasaran yang dituju. Tentunya semua informasi mengenai HSFTB ini akan diaplikasikan ke peluru kendali nantinya kelak. Acuan dalam pembuatan HSFTB LAPAN ini yaitu meniru Long Range missile seperti Storm Shadow atau ACALP EG buatan Eropa dan AGM 157 Joint Air to Surface Standoff Missile buatan USA. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.