Batu Unik dari Museum Trovants yang Dapat Bertambah Ukuran – ARSBLOG.ID
Sun. Sep 19th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Batu Unik dari Museum Trovants yang Dapat Bertambah Ukuran

2 min read
Batu Unik dari Museum Trovants yang Dapat Bertambah Ukuran Berbicara tentang fenomena alam tentu tidak akan ada habisnya, karena fenomena-fenomena alam ini merupakan wujud dari keagungan Sang Maha Pencipta. Baru-baru ini beredar sebuh berita tentang fenomena batu asal Rumania yang dapat bertambah panjang uurannya sampai 10 meter karena faktor fenomena alam. Memang bila didengar sukar bagi kita untuk dipercaya bahwa bebatuan dapat hidup dan terus tumbuh berkembang. Karena batuan ini dianggap sebagai benda mati dan benda mati tidak akan tumbuh atau berkembang. Namun inilah kekusaan Sang Pencipta, ternyata ada batu yang dapat tumbuh dari waktu ke waktu. Batu ini hanya ada di museum pelestarian alam Trovants, Rumania yang terletak di Valcea County. 
batu trovants
Dilansir brilio dari whenonearth.net, Senin (4/5), museum alam tersebut terletak di sebuah desa kecil bernama Costesti. Di sanalah terletak bebatuan yang menarik dan misterius yang disebut Trovants, yang diyakini memiliki kehidupan di dalamnya. Trovants adalah istilah geologi yang dipakai di Rumania untuk menyebutkan sedimen pasir yang menyatu membentuk sebuah batu.
Namun, jangan terburu-buru berfikiran kalau ini adalah fenomena magis yang berbau mistis, melainkan pertumbuhan batu ini karena fenomena alam. Batu unik ini dihasilkan oleh aktivitas seismik. Trovants (Sebutan untuk batu tersebut) tumbuh ketika terkena air, batu kecil berukuran enam sampai delapan millimeter dan akan menjadi besar hingga berukuran enam sampai sepuluh meter. Trovants terdiri dari inti batu, dengan kulit luar berupa pasir. Setelah hujan deras, batu-batu kecil itu akan berubah bentuk menjadi lebih besar.

Beberapa ilmuwan melakukan penelitian untuk menjelaskan keanehan yang terjadi dengan batu Trovants. Para ilmuwan mempercayai bahwa di bawah bagian batu mengandung unsur mineral yang tinggi. Sehingga ketika permukaan menjadi basah, mineral mulai menyebar dan akan menekan pasir untuk membesar. Hal inilah yang membuat batu-batu itu tumbuh.  jadi tidak ada hubungannya dengan mistis dan hal-hal berbau magis lainnya, batu ini memang benda mati namun kita harus paham bahwa setiap batu memiliki kndungn mineral, dan kandungan mineral inilah yang membuat batu itu tumbuh karena faktor alam lainnya.

Batu-batu Trovants ini menjadi salah satu daya tarik wisata yang popular di Rumania. Muzeul Trovantilator adalah sebuah museum untuk melindungi batu unik ini yang telah diresmikan pada 2004 silam. Saat ini Batu Trovants telah dilindungi oleh UNESCO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.