Lubang-Lubang Misterius yang Ada di Bumi – ARSBLOG.ID
Sun. Sep 19th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Lubang-Lubang Misterius yang Ada di Bumi

4 min read
Lubang-Lubang Misterius yang Ada di Bumi Berbicara tentang lubang-lubang misterius yang ada di bumi maka tidak bisa dilepaskan dari beberapa fenomana alam yang terjadi yang membuat hal itu terjadi. Fenomena alam tidak hanya terjadi di tempat dimana kita berdiri dan bekerja, namun juga ada dan nyata di lautan, di angkasa, maupun di gunung sekalipun. Dan beberapa dari fenomena alam tersebut berupa munculnya lubang-lubang misterius yang ada di bumi, lubang-lubang misterius ini muncul atau terbentuk dari fenomena-fenomena alam yang seakan menyiratkan akan kebesaran dan keagungan sang pencipta.

Berikut beberapa lubang misterius yang ada di bumi berdasarkan versi plpen.

Lubang Misterius yang Ada di Bumi yang pertama adalah Bimmah Sinkhole yang terdapat di Oman, salah satu negara di Asia Timur. Terletak 6 KM dari kota Dibab. Oman. Turis yang berdatangan akan melihat langsung dan berpendapat bahwa lubang misterius yang berada di dalam air ini merupakan sebuah wisata yang sangat indah dan menawan. Bagaimana tidak, Bimmah Sinkhole sekilas terlihat seperti lubang biasa di tengah padang pasir. Karena memang dulunya area ini diyakini terbentuk karena kejadian atau fenomena alam. Namun secara berangsur, lubang ini mulai padat terisi air. Warga setempat mulai berdatangan dan menjadikannya kolam renang alami. Dengan jarak yang curam menuju ke bawah, mereka membuatkan tangga agar turis yang datang semakin mudah untuk menjangkau kolam renang alami tersebut. Lubang misterius ini pun alhasil menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi para turis baik lokal maupun mancanegara.

bimmah-sinkhole

Lubang Misterius yang Ada di Bumi yang kedua adalah Dean’s Blue Hole yang terdapat di Bahama. Dean’s Blue Hole ini merupakan lubang biru yang terdalam di dunia dengan kedalaman lubang mencapai 202 meter atau setara dengan 663 kaki yang terletak di perairan laut lepas pantai barat Kota Clearance di Long Island, Bahamas. Karena kedalamannya, lubang di dalam air itu seperti pintu masuk menuju langsung ke arah laut. Dean’s Blue Hole kini sudah menjadi kolam renang alami yang sering dikunjungi oleh pelancong di seluruh dunia. Lubang misterius ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang paling Indah di dunia karena keunikannya dan kemisteriusan pembentukan lubang ini.

deans blue hole

Lubang Misterius yang Ada di Bumi yang ketiga adalah Devil’s Sinkhole yang terletak di wilayah Amerika Serikat. Sinkhole atau lubang yang tenggelam, adalah sebuah lubang misterius yang berada di dalam tanah yang terbentuk karena runtuhnya lapisan luar tanah. Lubang misterius ini bernama Devil’s Sinkhole atau lubang iblis karena tampilan luarnya yang seperti jurang curam ke dalam menuju gua kapur yang cukup besar dengan ukuran 12 x 18 Meter. Devil sinkhole terletak di Texas, USA yang mana masuk ke dalam kawasan habitat alam yang dilindungi oleh department. Gua ini pertama kali ditemukan oleh penduduk setempat pada tahun 1876. Yang paling menarik dari Devil’s Sinkhole adalah gua ini adalah tempat dari jutaan kelelawar Mexico yang hinggap selama bulan April hingga Oktober.

devil sinkhole

Lubang Misterius yang Ada di Bumi yang keempat adalah The Great Blue Hole yang terletak di Berlize. The Great Blue Hole adalah lubang misterius besar yang berada di lepas pantai Belize, Amerika tengah. Lubang ini membentuk bulat sempurna dengan dimeter lebih dari 300 Meter, sekitar 984 kaki dan mempunyai kedalaman 124 Meter atau 407 kaki. The Great Blue Hole terbentuk karena peristiwa glasial pada jaman es, yaitu pelelehan es yang dimulai sejak jutaan tahun yang lalu hingga masa sekarang. Efek dari peristiwa tersebut adalah erosi dan penurunan material, perubahan sistem arus sungai dan perubahan tingkat air menjadi lebih rendah. Menurut analisa, formasi bebatuan yang terdapat di dalam The Great Blue Hole telah berumur 153.000 tahun. Dan disaat tingkatan air berubah menjadi tinggi kembali, lubang yang terbentuk akibat erosi dan pelelehan es, menjadi ditutupi oleh air. Sampai saat ini, The Great Blue Hole adalah salah satu dari bagian BBRRS (Belize Barrier Reef Reserve System), yaitu deretan terumbu karang yang berada di perairan pantai Belize.
The Great Blue Hole juga dilindungi oleh UNESCO karena masuk sebagai salah satu situs peninggalan dunia.

the great blue hole

Lubang Misterius yang Ada di Bumi yang kelima adalah Harwood Hole yang terletak di Selandiaa Baru atau New Zealand. Harwood Hole atau lubang Harwood, adalah sistem gua yang terletak di barat laut South Island di Selandia Baru. Gua ini merupakan satu dari beberapa sistem gua penting di dalam Takaka Hill yang berada di antara Golden Bay dan Tasman Bay. Bermula dari permukaan lubang memiliki diameter 50 meter dan turun ke bawah hingga mencapai 183 meter. Namun Harwood Hole mempunyai kedalaman akhir hingga mencapai 357 Meter yang menjadikan gua ini memiliki sistem gua terowongan terdalam di Selandia Baru. Para penjelajah selalu membawa tali yang cukup panjang untuk menuruni gua ini karena menuruni gua ini dengan tingkat ketinggian tersebut adalah sesuatu yang ‘spektakuler’ bagi seorang penjelajah.

harwodd hole

Semua lubang-lubang misterius ini menjadi tanda keagungan sang pencipta, dengan kekuatan yang maha dahsyatnya Sang Pencipta mampu membuat fenomena-fenomena alam ini. Terima kasih telah membaca artikel tentang Lubang-Lubang Misterius yang Ada di Bumi. Semoga Bermanfaat.

1 thought on “Lubang-Lubang Misterius yang Ada di Bumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.