Efek Kecanduan Internet, Remaja Ini Potong Tangannya – ARSBLOG.ID
Fri. Aug 23rd, 2019

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Efek Kecanduan Internet, Remaja Ini Potong Tangannya

3 min read
Efek Kecanduan Internet, Remaja Ini Potong Tangannya – Perkembangan teknologi dan informasi di era global ini memang sangat pesat, terlebih sejak tercetusnya program Internet yang pada awalnya di gagas untuk komunikasi antar kampus di Inggris mengenai hasil laporan penelitian, kemudian berkembang untuk penguunaan di bidang militer, hingga sampai saat ini semua orang dapat menggunakan internet untuk menemukan apapun yang ingin diketahuinya.

kecanduan internet


Bahkan ada beberapa orang yang mengatakan bahwa internet ini seperti jendela dunia, karena kita tidak harus menjelajah seluruh dunia untuk mengetahui tempat-tempat atau informasi yang ada di dunia. Sehingga, pada saat ini internet bahkan oleh sebagian orang dimasukkan ke dalam kebutuhan primernya.

Namun, penggunaan internet yang berlebihan juga tidak dibenarkan, atau bahkan penggunaan internet yang berlebihan ini dapat menimbulkan kecanduan yang berimbas pada hal-hal yang mungkin akan disesali seumur hidup. Seperti seorang remaja yang berada di China. Seorang remaja berusia 19 tahun harus menjalani pembedahan di sebuah rumah sakit di kota Nantong, provinsi Jiangsu, Tiongkok, setelah memotong tangannya sendiri dalam upaya menyembuhkan kecanduannya terhadap internet.
Dilansir dari laman viva “Kami tak bisa menerima apa yang terjadi ini. Kejadian tersebut benar-benar tak terduga. Dia anak yang pintar,” kata ibu remaja itu, yang tak mau menyebutkan identitasnya tersebut.
Perempuan itu mengatakan bahwa dia masuk ke dalam kamar putranya itu pada hari Rabu pekan lalu sekitar pukul 23.00 waktu setempat. Namun, Betapa terkejutnya sang Ibu tersebut kala melihat dan menemukan putranya sudah tak ada di kamar dan yang paling mencengangkan Ia hanya menemukan selembar catatan di atas ranjang.

Catatan itu berisi ucapan-ucapan seperti berikut “Ibu, saya harus pergi ke rumah sakit. Jangan khawatir. Saya akan pulang malam ini,”
Ternyata tanpa sepengetahuan orangtuanya bahkan tak ada seorangpun yang tahu kalau remaja yang dipanggil ibunya dengan nama “Wang kecil” itu telah “menyelundupkan” sebilah pisau dapur yang sangat tajam sebelum Ia menyelinap keluar rumah. Setelah merasa tidak ada seorangpun yang melihat, “Wang kecil” kemudian memotong sendiri tangan kirinya menggunakan pisau dapur yang telah dibawanya tersebut. setelah Ia memotong tangannya tersebut Ia kemudian memanggil taksi untuk mengantarnya ke rumah sakit terdekat. Sementara itu, potongan tangannya ditinggal begitu saja di tempat kejadian.

Para dokter di rumah sakit tersebut dengan segera menggelar pelaksanaan operasi penyambungan kembali tangannya yang telah dipotong tersebut. Beruntung, para ahli bedah bisa menyambung kembali tangan remaja itu meski tidak menjamin tangan tersebut bisa berfungsi normal kembali seperti sedia kala.
Efek kecanduan internet
Salah seorang guru remaja tersebut memperkirakan bahwa kecanduan internetlah yang mengakibatkan “Wang kecil” nekat melakukan perbuatan yang diluar akal sehat tersebut tersebut. Bahkan sejumlah aktivis mengatakan, negara-negara Asia, khususnya Tiongkok, yang memiliki 649 juta pengguna aktif internet, kini tengah mengalami epidemi kecanduan internet. Hal ini tentu saja akibat penggunaan internet yang berlebihan.

Tao Ran, psikolog militer yang mengelola sebuah pusat rehabilitasi para pecandu internet di Beijing, memperkirakan bahwa 14 persen para remaja negeri itu kini kecanduan internet. Gejala kecanduan internet itu bervariasi, mulai dari membolos sekolah, atau nyaris tak pernah keluar kamar hingga merasa hidup di sebuah semesta virtual.”Mereka hanya melakukan dua hal, yaitu tidur dan bermain internet,” kata Tao yang sudah menangani masalah ini sejak satu dekade lalu. 
Banyak remaja di China yang kecanduan Internet melalui game online yang membuatnya serasa benar-benar hidup dalam permainan tersebut dan melupakan kehidupan nyatanya. Bahkan tidak sedikit remaja yang tewas akibat kecanduan internet, salah satu penyebab utamanya adalah karena terlalu ambisius dalam memainkan game online yang digandrunginya hingga mereka tidak sadar kalau tubuhnya juga butuh istirahat, akhirnya mereka tewas karena serangan jantung dan kelelahan.
Wabah kecanduan internet ini membuat pemerintah Tiongkok pun akhirnya turun tangan. Pada 2013, pemerintah Shanghai menerbitkan undang-undang yang menuntut para orangtua untuk mengambil tindakan demi mencegah anak-anak merokok, mengonsumsi minuman keras, berkeliaran di jalanan, serta kecanduan internet dan game komputer.

Internet memang banyak memberikan kita manfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta banyak memberikan kta manfaat dalam hal penyebaran informasi, namun kita harus bijak dalam menggunakan internet, sehingga kejadian seperti yang terjadi pada remaja di China tersebut tidak terjadi pada sanak saudara ataupun keluarga kita.

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang Efek Kecanduan Internet, Remaja Ini Potong Tangannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.