Penemuan Planet Hitam Oleh Para Astronom – ARSBLOG.ID
Fri. Aug 23rd, 2019

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Penemuan Planet Hitam Oleh Para Astronom

2 min read
Penemuan Planet Hitam Oleh Para Astronom– Baru-baru ini para astronom sedang dikejutkan terkait penemuan sebuah planet asing yang berwarna hitam, benda angkasa ini diyakini merupakan sebuah planet karena karakteristiknya menyerupai karakteristik planet. Kejadian ini terjadi ketika awalnya para Astronom meneliti bintang ‘red dwarf’ yang berjarak 500 tahun cahaya dari Bumi. Bintang yang diberi nama HATS-6 ini memiliki ukuran setengah dari matahari di sistem tata surya. Saat meneliti bintang ‘red dwarf’ inilah kemudian tanpa disengaja para Astronom ini menemukan sebuah objek berwarna hitam yang kemudian diyakini sebagai penemuan planet baru.
planet hitam
Seperti yang tertera pada laman Gizmodo, Minggu (3/5/2015), HATS-6 ini dikenal sebagai salah satu bintang paling kecil yang ada di galaksi. Saat astronom sedang serius menyaksikan bintang tersebut, peneliti-peneliti tersebut kemudian menemukan planet asing yang melewati HATS-6. Planet tersebut muncul melintasi atau mengorbit bintang HATS-6. Para peneliti ini kemudian memalingkan penelitiannya untuk menemukan objek yang mengorbit dekat HATS-6 ini.

Setelah diteliti objek ini merupakan sebuah planet berwarna hitam. Planet hitam yang dijuluki HATS-6b ini diperkirakan memiliki massa serupa Saturnus atau 100 kali lipat dari massa Bumi. HATS-6b ini merupakan salah satu planet asing yang memilik orbit dekat dengan bintang induknya. Oleh karena jaraknya yang dekat dengan bintang induk, HATS-6b memiliki gas yang mengepul keluar. Kondisi ini membuat planet tersebut tampak membesar seperti balon udara panas hingga ukurannya serupa Jupiter.

Dengan periode orbit hanya 3,3 hari, astronom mengungkapkan bahwa HATS-6b secara signifikan lebih dekat dengan bintang induknya. Astronom juga menamakan HATS-6b dengan sebutan ‘Warm Saturn’ atau Saturnus yang Hangat.Sampai saat ini sebenarnya para astronom ini sudah banyak menemukan objek-objek yang kemudian dinyatakan sebagai planet. 

Terima Kasih anda sudah membaca artikel tentang Penemuan Planet Hitam Oleh Para Astronom semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.