5 Langkah Super Membangun Website yang SEO and USER Friendly – ARSBLOG.ID
Sat. Apr 17th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

5 Langkah Super Membangun Website yang SEO and USER Friendly

5 min read
5 Langkah Super Membangun Website yang SEO and USER Friendly – Sebelum kita masuk pada langkah-langkah super untuk membangun website kita yang SEO dan User Friendly, maka kita harus paham terlebih dahulu bahwa tujuan utama kita membuat website atau blog adalah untuk berbagi dan menarik pengunjung bukan? ibarat sebuah toko maka website kita bangun agar banyak pengunjung dapat menikmati berbagai buah karya pikiran kita. Saya pun yakin bahwa anda tidak mungkin membuat website tanpa menginginkan ada pengunjung, pasti anda ingin website anda banyak dikunjungi oleh pengunjung baik dari mesin pencari maupun melalui backlink lainnya.
SEO

SEO
Untuk dapat mewujudkan itu semua, maka kita harus mampu mendesain sebuah website yang tidak hanya SEO Friendly, melainkan User Friendly, dengan harapan pengunjung website anda “kerasan” berada di website anda. Apalagi bila tujuan blog anda untuk memonetasinya, maka website dengan SEO and User Friendly sangatlah diperlukan.
Untuk itu, saya akan coba berbagi kepada anda, bagaimana membangun website yang SEO dan User Friendly dengan 5 langkah super yang dapat anda pahami kemudian terapkan dalam website anda. 5 langkah super membangun website yang SEO dan User Friendly tersebut adalah:
1.  LAKUKAN EVALUASI
Langkah pertama dan yang paling utama adalah melakukan evaluasi. Tanpa melakukan evaluasi, Anda tidak akan pernah tahu apa yang sebenarnya harus diperbaiki dari website Anda. Lakukan evaluasi tentang :

1. Pada bagian apa di website Anda yang membuat website Anda buruk?
2. Apakah desain website anda sudah bagus? dan bagian manakah yang harus didesain ulang?
3. Konten manakah yang memberikan kesan negatif kepada pengunjung anda? 

Lakukan evaluasi ini secara bertahap, dengan melakukan evaluasi maka kita dapat mengetahui apakah website kita sudah SEO ataupun User Friendly. Lakukan evaluasi ini dalam jangka waktu misal sebulan sekali, evaluasi dapat kita lakukan pada berapa jumlah pengunjung website kita, berapakah page impressionnya, alexa rank apakah naik atau turun, dan konten manakah yang menjadi primadona dalam website kita, dengan melakukan itu maka kita akan paham apa yang harus ditingkatkan dan diperbaiki. 
2. MENENTUKAN TARGET
Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan setelah melakukan evaluasi adalah menentukan target. Apalah gunanya perbaikan tanpa target yang jelas? Tentu saja hanya akan menjadikan evaluasi dan rencana perbaikan website Anda sia-sia belaka.

Untuk menentukan target, mulailah dengan menentukan Key Performance Indicator (KPI) yaitu hal-hal yang akan Anda amati sebelum dan sesudah Anda melakukan renovasi terhadap website Anda. Yang harus Anda lakukan saat ini adalah mengumpulkan data statistik mengenai website Anda saat ini. Data ini akan menjadi dasar perbandingan atas kesuksesan renovasi website Anda nanti.

Selanjutnya, kumpulkan data seputar trafik pengunjung website setelah Anda melakukan perubahan pada website Anda secara konsisten (reguler per bulan atau per minggu). Dari data-data yang Anda kumpulkan nanti, Anda akan menemukan renovasi bagian mana yang berhasil menarik lebih banyak
pengunjung dan mana yang tidak , berdasarkan data trafik pengunjung website.  

Bicara tentang optimasi, tentu saja tidak dapat dipisahkan dari penggunaan kata kunci. Lakukan tes juga pada kata kunci yang Anda gunakan. Lakukan beberapa perubahan pada daftar kata kunci yang Anda tembak, lalu amati. Melakukan evaluasi ulang pada pilihan kata kunci juga sangat penting dalam proses transformasi maupun renovasi website Anda untuk mencapai target kesuksesan. 

Apa saja yang harus Anda perhatikan berkaitan dengan kata kunci? Perhatikan hal-hal berikut ini:

Kata kunci yang harus dipertahankan

Kata kunci yang harus dipertahankan adalah kata kunci yang:
1. Meningkatkan trafik website Anda

2. Mengkonversi pengunjung website menjadi pelanggan
3. Mengidentifikasikan langsung nama atau jenis usaha Anda

    Tambahkan kata kunci

    Selain mempertahankan kata kunci seperti petunjuk di atas, Anda juga perlu menambahkan kata kunci dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

      1. Kata kunci apa yang membuat kompetitor Anda unggul?
      2. Kata kunci apa yang bisa jadi highlights produk atau layanan Anda?
      3. Kata kunci apa yang terkait dengan penawaran baru yang akan Anda tawarkan kepada konsumen Anda?

        Setelah memperhatikan pertanyaan-pertanyaan di atas, buatlah daftar kata-kata kunci baru yang akan jadi dasar dari optimasi website Anda. Aktifkan kata-kata kunci dalam daftar tersebut pada rencana konten Anda.


        3. OPTIMASI TIAP HALAMAN
        Setelah Anda menentukan strategi kata kunci seperti di atas. Saatnya sekarang Anda melakukan optimasi setiap halaman.

        Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan struktur konten untuk mengoptimasi website Anda. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, salah satunya adalah penggunaan judul yang unik, <h1> dan ,h2> tags dan meta descriptions.
        Penggunaan kode diatas akan membantu mesin pencari untuk merayapi website anda, sehingga informasi yang ada pada website anda dapat diterjemahkan dan ditampilkan pada halaman pencarian yang ada pada mesin pencari.
        Untuk memaksimalkan penggunaan meta tag bisa anda lihat disini 
        4. TAUTAN LINK KE WEBSITE ANDA
        Kita semua sepakat, bahwa tautan link atau backlink ini merupakan sebuah komponen yang sangat penting yang harus anda perhatikan. Tanpa adanya backlink maka website anda tidak akan pernah berkembang. Tautan link ini ada dua jenis, yaitu External Link dan Internal Link:

        1. Internal links (tautan internal), Gunakan struktur URL yang jelas. Gunakan tata urutan atau hierarki yangjelas dengan nama yang deskriptif. Jika Anda mengubah alamat URL. sebuah halaman, jangan lupa gunakan 301 redirect agar pengunjungyang sudah telanjur hafal dengan URL lama Anda tetap dapat menemukan halaman yang mereka cari.

        2. Tautan eksternal yang dimaksud di sini adalah tautan dari website lain yang menuju website Anda. Namun sebelumnya Anda perlu bertanya dahulu pada diri sendiri, apa yang membuat orang lain atau website lain mau menampilkan tautan (link) menuju website Anda?

        Agar ada orang lain atau website lain yang mau membagikan tautan ke website Anda, buatlah artikel yang unik dan relevan sehingga bisa membuat website Anda populer di dunia maya.

        Selain itu, jangan lupa bahwa ada tiga kunci elemen penting SEO, yaitu:

        (1) strategi dan pemilihan kata kunci,
        (2) optimasi website secara keseluruhan dan pada setiap halaman website,
        (3) membangun tautan.

        Untuk sukses mengoptimasi website, ketiga elemen ini harus bekerja secara simultan untuk meningkatkan posisi website Anda di mesin pencari (search engine), meningkatkan trafik kunjungan ke website Anda dan meningkatkan konversi (convertion rate).

        5. MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL
        Salah satu langkah terpenting dalam membangun sebuah website yang SEO dan User Friendly adalah pemanfaatan media sosial. Kita semua paham bahwa media sosial ini dapat kita ibaratkan sebagai kolam ikan yang berisi banyak sekali ikan dengan berbagai macam jenis. Untuk itu bila kita tebar jaring di kolam itu maka kita akan mendapatkan banyak ikan. sama halnya dengan bila kita menyebarkan konten-konten website kita pada media sosial maka anda akan mampu menjaring banyak pengunjung, sehingga lama kelamaan siiring dengan berjalannya waktu dan pengoptimalan langkah-langkah diatas, maka dengan sendirinya website anda akan lebih terasa SEO and USER Friendly.
        Satu hal penting yang perlu kita tekankan adalah semua langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk membangun website yang SEO dan User Friendly ini tidak ada yang instant, semua perlu waktu dan kerja keras. apabila anda banyak menemukan cara untuk mendatangkan banyak pengunjung ke website anda dengan cepat menggunakan exchanger, maka itu adalah cara instant yang tidak dianjurkan, karena website anda akan terindex sebagai SPAM oleh robot search engine, dan kemungkinan buruknya adalah, website anda akan hilang dalam dunia maya ini.

        Leave a Reply

        Your email address will not be published. Required fields are marked *

        Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.