6 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menempatkan Iklan Pada Website atau Blog – ARSBLOG.ID
Sat. Apr 17th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

6 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menempatkan Iklan Pada Website atau Blog

4 min read
Tidak dapat kita pungkiri bahwa iklan merupakan salah satu sumber kehidupan bagi keberlangsungan sutu website atau blog. Iklan ini dapat menunjang biaya operasional pengelolaan sebuah website. Namun, anda harus paham bahwa tujuan utama anda membangun website adalah untuk menyajikan artikel-artikel atau konten yang berkualitas yang dapat mendatangkan banyak pengunjung. Iklan dapat diibaratkan sebgai bonus dari kreasi dan kerja keras Anda.
best ads placement
Namun, Tahukah anda bahwa dalam menempatkan iklan, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar pengunjung website anda tetap setia berkunjung ke website anda? kesalahan atau ketidaktahuan dalam memperhatikan penempatan iklan akan membuat website anda bukan terlihat profesional malah akan terlihat tidak User Friendly dan tidak Eye Catching, bahkan akan terlihat seperti website amatiran yang dibuat hanya semata-mata demi menghasilkan uang tanpa memperhatikan konten websitenya.
Untuk itu, ada 6 Hal yang harus anda perhatikan dalam menempatkan iklan pada website atau blog anda. 6 hal tersebut antara lain:

Pertama, Pikirkan Baik-Baik Tentang Pengunjung Anda
 
Sebelum anda menempatkan iklan pada website anda, maka hal pertama yang harus anda perhatikan adalah, pikirkan baik-baik tentang pengunjung blog anda. Kelolalah website anda dengan konten yang tertata dengan baik dan mudah untuk dinavigasi. Kemudahan yang anda berikan akan membuat penempatan iklan menjadi lebih maksimal. Jangan pernah membuat iklan yang dapat menjebak pengunjung Anda. Pengunjung anda datang ke website anda guna mendapatkan suatu informasi, jadi pikirkanlah bagaimana mereka mendapatkannya. Bila pengunjung anda puas, iklan yang anda tempatkan pun akan menarik pengunjung untuk melakukan aksi.
 
Ada beberapa pertanyaan yang dapat anda jawab sebelum anda menempatkan iklan pada website atau blog anda, seperti:
  • Apa tujuan yang ingin dicapai pengguna ketika mengunjungi situs saya?
  • Apa yang dilakukan pengguna saat menampilkan laman tertentu?
  • Di mana kemungkinan besar perhatian mereka terarah?
  • Bagaimana cara mengintegrasikan iklan ke area tersebut tanpa menghalangi pengguna?
  • Bagaimana cara menjaga penampilan laman tetap bersih, rapi, dan mengundang?

Untuk itu, berpikirlah seperti seorang pengguna dan mungkin Anda akan melihat laman (dan penempatan iklan Anda) dalam sudut pandang yang sama sekali berbeda. Jika mudah menemukan yang dicarinya, pengguna akan kembali ke situs Anda. Selain itu, pilih gaya iklan yang mudah dibaca pengguna. 

 
Kedua, Tempatkan Iklan Berdampingan dengan Konten Anda 
 
Tujuan utama kita menempatkan sebuah iklan adalah agar dilihat oleh pengunjung website kita. Maka, tempatkanlah iklan di dekat konten yang banyak diminati oleh pengguna atau pengunjung website anda, pastikan juga agar pengguna dapat dengan mudah menemukan konten yang mereka cari. Misalnya, jika situs Anda menawarkan konten-konten yang bersifat unduhan, pastikan tautan unduh ada di paro atas atau dibagian setengah atas layar website anda dan mudah ditemukan oleh pengunjung website anda. 
 
Ketiga, Buatlah Iklan Tampak Seperti Iklan
 
Hal ketiga ini merupakan hal yang memiliki dampak yang cukup besar dalam memaksimalkan iklan anda. Anda harus membuat iklan tampak seperti iklan, Memilih warna iklan yang melengkapi situs Anda memang bagus, namun jangan menjajarkan gambar dengan iklan atau membuat konten yang berdekatan menyerupai format iklan tersebut. karena itu malah akan membuat pengunjung anda mengira iklan adalah gambar atau bagian dari konten anda sehingga akan membuat iklan dilewati untuk dilihat oleh pengunjung blog anda. Menampilkan iklan dengan cara ini biasanya dilarang oleh kebijakan program pengiklanan yang ada.
 
Keempat,  Sebut Iklan Apa Adanya
Meskipun Anda mungkin tergoda untuk menyebut iklan sebagai “sumber informasi” atau menempatkannya tepat di bawah judul situs, hindari label dan judul yang dapat menyesatkan pengguna. Unit iklan hanya boleh diberi label sebagai “Iklan” atau “Pesan sponsor”. Selain itu, hindari menempatkan iklan di lokasi yang membuatnya bisa salah diartikan sebagai menu, navigasi, atau tautan unduhan.  Penyebutan yang berlebihan terhadap iklan anda justru akan membuat pengunjung anda merasa tidak enak bahkan dapat membuat pengunjung blog anda merasa membosankan.

 
Oleh karena itu,  agar iklan anda tidak disalahartikan oleh pengunjung blog anda, maka biarkanlah iklan itu tampil secara normal dan secara apa adanya. 
 
Kelima, Jangan Berlebihan
 
Hal penting lainnya yang harus anda perhatikan adalah jangan berlebihan dalam menempatkan iklan pada website anda. Website yang terlihat User Friendly tidak akan memasang banyak iklan pada websitenya. Meskipun kebijakan dari beberapa penyedia iklan membolehkan Anda menempatkan 3 unit iklan pada setiap laman situs Anda, menempatkan jumlah iklan maksimum pada laman dapat membuatnya terlihat berantakan. Jika pengguna tidak menemukan apa yang dicari mereka di situs Anda, pengguna mungkin berpaling ke situs lain untuk mendapatkan informasi.

Oleh karena itu, tempatkanlah iklan sewajarnya saja, jangan menempatkan iklan lebih dari 3 jenis untuk membuat pengunjung anda betah dalam menggunakan website anda. Kepuasan pengunjung akan menjadikan nilai baik dan lebih bagi perkembangan website anda.

Keenam, Tinjau Situs Anda

Hal terakhir adalah, luangkan waktu anda untuk meninjau atau melihat tampilan situs anda, apakah sudah terlihat baik bagi pengguna atau pengunjung situs anda? apakah sudah terlihat mudah untuk dinavigasi? apakah sudah terlihat mudah bagi pengguna atau pengunjung untuk menemukan informasi yang mereka cari?

Jika jawabannya tidak, maka anda harus memperbaiki tata letak situs anda, dan memperbaiki pengelolaan konten-konten yang ada pada situs anda sampai semua jawaban dari pertanyaan diatas adalah ya.


3 thoughts on “6 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menempatkan Iklan Pada Website atau Blog

  1. gw setuju sama point yg jgn berlebihan pasang iklan, blog yg kaya gitu terliat awur2an bgt, pengunjung jg males jdinya.

    blognya keren gan, simple, user friendly, dan ga banyak iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.