Jenis-Jenis Iklan yang Dapat dimanfaatkan Untuk Website atau Blog – ARSBLOG.ID
Sat. Apr 17th, 2021

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Jenis-Jenis Iklan yang Dapat dimanfaatkan Untuk Website atau Blog

4 min read
Berbicara tentang dunia maya memang sudah tidak ada habisnya, bahkan di zaman yang modern ini hampir semua kegiatan dapat ditemukan dalam duni maya. Pengguna dunia maya ini pun semakin hari semakin banyak dan membludak. Banyaknya pengguna dunia maya ini yang kemudian dapat dimanfaatkan oleh para blogger dan webmaster untuk mendapatkan keuntungan dan penghasilan dari fenomena ini.
cpc, cpa, cpm
Buat anda yang berfikiran ingin mencoba memanfaatkan peluang tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari blog atau website anda, maka anda perlu mengenali beberapa jenis iklan-iklan yang dapat anda pasang atau tempatkan dalam blog anda, sebelum anda memasang iklan-iklan ini, anda harus mengetahuinya, sehingga anda tidak salah dalam memilih iklan yang malah akan menyebabkan pengunjung blog anda berkurang bahkan menghilang.
Beberapa jenis iklan yang dapat anda coba untuk memonetasi blog anda antara lain:
cpc, cpa, cpm
PPC (Pay Per Click)

PPC ini merupakan sebuah bentuk pengiklanan yang dipasang oleh publisher atau pemilik blog dan website yang berupa banner bergambar atau text. Pemilik blog atau website akan memperoleh komisi dari setiap iklan yang diklik oleh pengunjung website tersebut. Semakin banyak jumlah klik maka penghasilan yang didapatkan oleh pemiliki website atau blog juga akan semakin besar. Namun, tidak semua klik yang dilakukan pengunjung dapat mendatangkan komisi, karena komisi yang dihitung adalah komisi yang berasal dari klik unik yang berasal dari pengunjung dengan ip adress unik.
CPC (Cost per Click)
 
Sekilas CPC ini hampir sama dengan PPC seperti yang telah dijelaskan di atas. Namun, CPC ini merupakan sebuah gambaran perhitungan/perkiraan harga iklan online yang terdapat pada sebuah website atau blog yang akan dibayarkan berdasarkan jumlah klik yang diterima dari pengunjung baik direct traffic ataupun traffic dari serach engine seperti google. Jadi bisa dikatakan kalau CPC adalah perkiraan komisi yang akan didapatkan pemilik blog atau website jika ada yang mengklik iklan, sedangkan PPC adalah komisi nyata yang diterima pemilik blog atau website tersebut.
CPM (Cost per Mille)

Sekilas kita sudah dapat mengartikan maksud dari CPM ini, kalau kita lihat dari segi bahasanya, dalam bahasa latin mille memiliki arti 1000, maka yang dimaksud dengan CPM ini adalah sejumlah komisi yang akan dibayarkan kepada pemilik blog atau website dalam hitungan per 1000 kunjungan/view halaman. Penggunaan iklan CPM ini bisa dibilang lebih baik dibandingkan CPC/PPC karena kita tidak perlu mengharapkan kerendahan hati para pengunjung untuk mengklik iklan yang ada di website kita, yang perlu kita lakukan hanyalah membuat agar trafik blog atau website kita lebih baik lagi, sehingga komisi yang kita terima akan lebih besar lagi.
CPL (Cost per Leaad)
 
CPL ini merupakan sebuah pengiklanan yang unik, karena mereka akan membayar pemilik blog atau website yang dihitung dari jumlah pengunjung blog atau website anda yang telah atau berhasil melakukan Pendaftaran (Sign-Up / Regestrasi). Pendaftaran biasanya hanya berupa mereka yang telah mencantumkan Nama, Email, Alamat, kontak, dsb. Biasanya komisi CPL ini memiliki nilai yang cukup besar, bahkan pada beberapa broker iklan, mereka memberikan komisi sampai 8$ untuk setiap pengunjung yang melakukan pendaftaran.
CPA (Cost Per Action)
 
CPA ini adalah jenis iklan yang baru ngetren belakangan ini, terutama setelah munculnya aplikasi-aplikasi android. CPA adalah jenis iklan yang membayar publishernya jika terjadi tindakan/penjualan yang dilakukan pengunjung melalui iklan yang ditampilkan di blog. Misalnya pengunjung melakukan pembelian produk. Sangat berbeda dengan PPC yang hanya butuh klik saja sudah mendapatkan bayaran.
 
Pada saat ini CPA ini lebih banyak didominasi dengan iklan-iklan aplikasi android yang bila pengunjung blog atau website aanda melakukan instalasi terhadap aplikasi tersebut, maka pemilik blog atau website akan memperoleh komisi yang besarannya bervariasi, bahkan harga tertingginya mencapai 10$ untuk setiap pengunjung yang mendownload dan menginstal aplikasi melalui website atau blog anda.
 
Pop-Up & Pop-Under
 

Pop-Up diartikan sebagai iklan yang akan muncul secara tiba-tiba ketika pengunjung datangdan tanpa melakukan apapun, seperti namanya pop-up ini akan terus ada walaupun pengunjung tidak melakukan aksi atau kegiatan apa-apa. Pop-up ini sangat disukai oleh pemiliki blog atau website karena memiliki komisi yang sangat besar. Namun, sangat dibenci oleh pengunjung, karena pengunjung hanya ingin mencari artikel atau konten namun yang ditampilkan malah iklan yang melayang-layang.

 
Berbeda dengan Pop-up, Pup-Under merupakan sebuah Iklan hanya akan muncul jika pengguna melakukan klik pada halaman blog, baik itu klik url ataupun hanya sekedar klik halaman kosong. Iklan ini sangat meresahkan para pengunjung blog, karena terkadang iklan yang terbuka sangat tidak relevan dengan isi atau konten yang pada pada blog
 
Demikianlah bebeapa jenis iklan yang dapat anda manfaatkan untuk memonetasi blog atau website anda. Pilihan ada pada anda sendiri, dan pastikan bahwa anda jangan sampai tergiur dengan menempatkan banyak iklan pada blog atau website anda, Karena unsur utama popularitas blog atau website adalah artikel atau kontennya bukan seberapa banyak iklan yang ada pada blog atau website tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.