Text Neck, Penyakit yang Menyerang Leher Akibat Terlalu Lama Bermain Smartphone – ARSBLOG.ID
Fri. Aug 23rd, 2019

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Text Neck, Penyakit yang Menyerang Leher Akibat Terlalu Lama Bermain Smartphone

2 min read
Text Neck, Penyakit yang Menyerang Leher Akibat Terlalu Lama Bermain Smartphone – Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa perkembangan teknologi dan informasi sudah mencapai pada level atas yang lebih canggih lagi. Penggunaan Smartphone sudah tidak dibatasi usia lagi, tua muda lelaki wanita semua dapat menggunakan smartphone ini.
text nect
Namun, tahukah anda bahwa penggunaan ponsel, pemutar musik maupun gadget lainnya, ternyata berisiko menimbulkan penyakit yang biasa disebut ‘Text Neck‘.  Lalu apakah  Text Neck itu?
Sebelum kita berlanjut mari kita simak sedikit penjelasan tentang text neck ini.

Baiklah sekarang kita coba untuk sedikit mereview dan mendiskusikan tentang penyakit ‘Text Neck‘ ini. Text Nct merupakan sebuah keluhan rasa sakit yang terjadi di seputar leher dan bagian sekitarnya. Mmenurut Hayden Thomas dari asosiasi kesehatan Chiropractors, Text Nect ini disebabkan oleh kebiasaan seseorang menundukkan kepala saat sedang sibuk dengan perangkat ponsel, misalnya saat sedang menulis SMS, Chating, menonton video, bermain game, atau memutar musik.

Menurut beberapa ahli, kasus ini mulai banyak dikeluhkan semenjak smartphone mengalami peningkatan penggunaan di abad ke 21 ini. “Tulang dan otot manusia beradaptasi dengan perubahan postur tubuh yang terjadi,” ujar Thomas seperti dilansir dari Bignews Network dan dikutip detikINET.

Kasus penyakit baru text nect atau penyakit leher ini ternyata diakibatkan karena leher dan kepala dipaksa untuk terus-menerus melihat ke arah bawah dalam jangka waktu yang lama. “Perubahan itu mendukung pula perubahan pada ligamen, tendon, otot serta tulang yang akhirnya dapat mengakibatkan kejang otot maupun sakit pada saraf,” tambah Thomas.

Meskipun kit asemua  ketahui dan sadari bahwa di zaman  ini bagi sebagian orang sangat tidak mungkin untuk menghindar dari penggunaan perangkat teknologi canggih semacam itu, namun ada baiknya untuk merubah posisi melihat perangkat demi kesehatan. Kebiasaan buruk ini akan berdampak besar terhadap kesehatan anda kedepannya.

Perubahan tersebut termasuk memperhatikan postur tubuh, terutama leher saat mengirim maupun menerima pesan singkat ataupun pada perangkat genggam lainnya. Salah satunya dengan merubah posisi seperti memegang ponsel lurus berhadapan dengan wajah untuk menghindari tekukan leher. Dan jangan lupa untuk sering meregangkan otot-otot leher secara teratur.

“Perubahan kebiasaan kecil saat Anda menggunakan ponsel, pemutar musik maupun e-reader bisa menjadi sebuah perbedaan besar untuk menjaga kesehatan dan memberikan umur panjang bagi Anda,” tutup Thomas.

Menurut beberapa ahli, cara menghindari penyakit text neck ini adalah dengan melakukan peregangan leher secara teratur dan berkala ketika menggunakan gadget, baik smartphone maupun laptop. Misalnya dengan melakukan gerakan leher ke kanan kiri atas bawah setiap 15 atau 30 menit sekali.
Pada dasarnya mencegah lebih baik daripada mengobati.

2 thoughts on “Text Neck, Penyakit yang Menyerang Leher Akibat Terlalu Lama Bermain Smartphone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.