Blogger VS WordPress (Ulasan Lengkap Untuk Membandingkan Keduanya) – ARSBLOG.ID
Mon. Jul 22nd, 2019

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Blogger VS WordPress (Ulasan Lengkap Untuk Membandingkan Keduanya)

3 min read
Kami sering ditanya oleh beberapa kawan yang ingin memulai untuk membuat blog tentang apa yang harus digunakan, WordPress ataukah Blogger, memang keduanya menyediakan layanan gratis untuk para pemula, Namun keduanya pun memiliki beberapa keunggulan pada masing-masing fiturnya. Untuk itu, kami akan coba sedikit berbagi tentang Blogger VS WordPress baik pro maupun kontra untuk memberikan gambaran kepada anda apa yang harus digunakan sebagai pemula.
blogger vs wordpress
Sebelumnya, perlu diketahui bahwa perbandingan ini hanya berdasar pada opini pribadi kami sebagai penulis yang sudah mencoba menggunakan keduanya, perbedaan perbandingan mungkin saja dapat terjadi antara opini kami dengan opini penulis lainnya. Baiklah, mari kita simak perbandingan Blogger VS WordPress di bawah ini:
1. Kepemilikan
Blogger adalah layanan blogging gratis yang disediakan oleh perusahaan teknologi terbesar di dunia yaitu Google, pada blogger siapapun dapat secara bebas menggunakannya, dan dapat digunakan kapanpun sepanjang waktu, anda hanya tinggal menulis artikel atau mempromosikan barang-barang anda. namun, perlu diketahui bahwa semua yang ada di blog adalah bukan milik anda, semua data dan informasi adalah milik google, sehingga sewaktu-waktu bila terjadi pelanggaran maka google berhak menutup blog anda.
Berbeda dengan google, di WordPress Anda dapat menggunakan penyedia WordPress hosting untuk host situs Anda sendiri. Anda bebas untuk memutuskan berapa lama Anda ingin menjalankannya dan ketika Anda ingin menutupnya Anda memiliki semua data Anda, dan Anda dapat mengontrol secara penuh informasi apa yang ingin Anda bagi dengan pihak ketiga.
2. Kontrol
Blogger adalah layanan blogging yang diatur oleh google secara baku dengan fasilitas yang sangat terbatas yang memungkinkan Anda untuk melakukan tugas-tugas khusus di situs web Anda. Hal-hal yang dapat Anda lakukan di blogspot sangat terbatas, karena sudah settingan google seperti itu, dan tidak ada cara lain untuk dapat mengatur tampilan sesuai kemauan kita, walaupun kita bisa mengubah templete namun tetap akan terlihat kaku.

WordPress adalah sebuah perangkat lunak open source, sehingga Anda dapat dengan mudah meng-upgrade dan menambahkan fitur baru. Ada ribuan plugin WordPress yang memungkinkan Anda untuk memodifikasi dan memperpanjang set fitur standar seperti menambah toko ke website Anda, menciptakan portofolio, dll

Ketika membandingkan WordPress vs Blogger untuk website bisnis, maka WordPress adalah pilihan yang tepat yang dapat memberikan solusi jangka panjang untuk para pemilik bisnis yang serius. 

3. Tampilan
Blogger secara default hanya menyediakan satu set terbatas template untuk anda digunakan. Anda dapat saja mengubah warna dan tata letak template ini menggunakan builtin tools, tetapi Anda tidak dapat membuat tata letak Anda sendiri atau membuat modifikasi terhadap tata letak anda, karena setingan bakunya sudah sesuai aturan Google. Memang, ada beberapa template yang tidak resmi yang dapat anda gunakan dan banyak tersedia di beberapa situs, tetapi template tersebut biasanya berkualitas kurang baik dan sulit disesuaikan dengan blog Anda.

Sedangkan pada  WordPress, Ada ribuan tema WordPress gratis dan premium yang memungkinkan Anda untuk membuat website terlihat lebih profesional. Ada tema WordPress untuk hampir setiap jenis situs web. Tidak peduli apa jenis situs Anda, Anda akan menemukan banyak tema berkualitas tinggi yang mudah untuk memodifikasi dan menyesuaikan. 

blogger vs wordpress
 4. Keamanan

Dari segi keamanan, blogger jelas jauh lebih aman dibandingkan wordpress, hal ini karena blogger merupakan platform besutan google dimana data dan informasi dikelola oleh google, sehingga kemanan akan lebih terjaga.

WordPress sendiri bukannya tidak aman, namun karena WordPress dikelola oleh kita sendiri maka keamanan akan sangat rentan. Karena anda bertanggung jawab sendiri terhadap keamanan data maka keteledoran anda berakibat fatal.

5. Progress Kedepan
Blogger saat ini belum terlihat adanya pembaruan besar untuk waktu yang sangat lama. Kita telah melihat Google banyak menutup layanan populer mereka seperti Google Reader, Adsense for feed, dan mungkin saja akan menutup FeedBurner. Masa depan Blogger pun juga tergantung pada Google, dan mereka memiliki hak untuk menutupnya kapan saja mereka inginkan. dan ketika blogger ditutup, maka semua data dan informasi yang dimiliki para blogger pun akan hilang.

WordPress adalah sebuah perangkat lunak Open Source yang berarti masa depan tidak tergantung pada satu perusahaan atau individu (Lihat sejarah WordPress). Hal ini dikembangkan oleh komunitas pengembang dan pengguna. sistem manajemen konten yang paling populer adalah dunia, ribuan bisnis di seluruh dunia bergantung padanya. Masa depan WordPress cerah dan meyakinkan.


Dan sekarang, tinggal bagaimana anda akan menatap masa depan anda, apakah anda akan menulis untuk sekedar berbagi ataukah menulis untuk kepentingan komersial dan bisnis, sehingga anda dapat menentukan layanan apa yang akan anda gunakan. Semoga informasi kami bermanfaat untuk anda. Salam hangat…. ^-^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.