Bukalapak VS Tokopedia – ARSBLOG.ID
Fri. Aug 23rd, 2019

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Bukalapak VS Tokopedia

3 min read
Zaman sekarang siapa sih yang ga kenal internet? melalui teknologi yang satu ini benar-benar memberikan kita beragam kemudahan baik dari segi pengetahuan sampai hiburan, tak terkecuali dengan kemudahan dalam berbelanja. Perubahan mindset masyarakat Indonesia akan kegiatan jual beli sudah mengarah kepada jual beli secara online, bagaimana tidak? fenomena ini dapat kita lihat dengan maraknya platform situs jual beli online di Indonesia. 
Banyak situs jual beli online di Indonesia, sebut saja Lazada, Zalora, Blibli, Elevenia, Bukalapak, Tokopedia, dan lain-lain yang dapat memberikan kita kemudahan dan keuntungan yang berlipat ganda. Namun, pada kesemapatan kali ini kami akan coba mereview dua situs jual beli online yang sedang naik daun, yaitu BUKALAPAK dan TOKOPEDIA.
tokopedia vs bukalapak
Tanpa basa-basi lagi mari kita simak perbandingan bukalapak dengan tokopedia di bawah ini:
1. Barang yang Dijual
Baik bukalapak maupun tokopedia merupakan sebuah platform yang memfasilitasi setiap orang untuk melakukan jual beli aman secara online, untuk bukalapak barang yang ditawarkan sangat beragam dan lebih kepada barang-barang dari UKM meskipun banyak juga barang-barang modern lainnya yang tersedia dalam bukalapak, mungkin seperti tujuan utamanya yaitu untuk memberdayakan UKM maka bukalapak lebih memprioritaskan barang hasil UKM, berbeda dengan bukalapak, tokopedia lebih banyak menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari yang lebih modern dan mengikuti perkembangan zaman, tinggal bagaimana kebutuhan kita dalam mencari produk secara online.
2. Metode Pembayaran
Baik bukalapak maupun tokopedia menyediakan metode pembayaran yang lengkap untuk berbagai pengguna rekening bank. Pada awalnya kedua e-commerce ini tidak mendukung pembayaran kartu kredit. Tapi seiring dengan bertambahnya jumlah transaksi, keduanya kemudian menambahkan layanan kartu kredit pada cara pembayaran. Tokopedia melayani pembayaran dengan mandiri clickpay, e-cash mandiri, Klikpay BCA, transfer manual bank, dan saldo Tokopedia. Sedangkan Bukalapak menerima pembayaran dengan mandiri clickpay, Klikpay BCA, Cimbclicks Niaga, Transfer manual bank, dan buka dompet (saldo Bukalapak).Bahkan, keduanya juga telah menyediakan pembayaran secara kredit dengan cicilan 0% melalui kartu kredit yang akan memanjakan para penggunanya.
3. Keamanan Transaksi
Untuk hal yang satu ini kami rasa bukalapak memiliki keamanan transaksi yang lebih baik, dimana reputasi dan lama pengiriman setiap pelapak dapat diketahui serta feedback yang diberikan oleh para pembelinya dapat membuat kita menentukan akan berbelanja di lapak yang mana, selain itu pada bukalapak juga memiliki sistem dimana uang akan dikembalikan langsung ke saldo bukadompet anda jika dalam 2 hari kerja pelapak tidak mengirimkan barang yang dipesan. Namun, bukan berarti tokopedia tidak aman dalam bertransaksi, semua pedagang di tokopedia memiliki rating namun kurang memberikan informasi seperti bukalapak, dan pengembalian dana jika pedagang membatalkan transaksi juga belum semudah bukalapak.
4. Aplikasi
Untuk hal yang satu ini juga kami rasa bukalapak masih menang dari tokopedia, aplikasi bukalapak lebih baik secara sistem dan server, walaupun secara tampilan masih lebih baik tokopedia, namun aplikasi tokopedia masih memiliki kekurangan dari segi server, hal ini dapat dilihat dari agak lamanya loading di aplikasi tokopedia tersebut
5. Harga dan Promo
Harga barang-barang yang dijual di bukalapak dan tokopedia hampir sama, karena memang para pedagan atau penjualnya pun sama, namun yang membedakan keduanya adalah promo yang diberikan kepada konsumen, dalam hal promo bukalapak jelas terlihat lebih baik dibandingkan tokopedia, walaupun dalam tokopedia promo dan diskon yang diberikan cukup banyak namun bukalapak lebih baik dari segi promo, karena banyak sekali program-program hadiah menarik yang diberikan oleh bukalapak kepada para penggunanya.
bukalapak vs tokopedia
Pada akhirnya, semua pilihan dikembalikan kepada anda-anda para pecinta belanja online, anda dapat menggunakan keduanya untuk mendapatkan promo dan harga yang menarik untuk mendapatkan produk incaran anda.
Perlu diketahui, bahwa perbandingan ini adalah murni berdasarkan pengalaman dari penulis, bila ada hal-hal yang kurang tepat atau kurang sesuai harap dimaklumi. Terima kasih semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.