Punya Keluhan Terkait Birokrasi Pemerintahan?? Ayoo LAPOR kan melalui situs LAPOR.GO.ID – ARSBLOG.ID
Fri. Sep 20th, 2019

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Punya Keluhan Terkait Birokrasi Pemerintahan?? Ayoo LAPOR kan melalui situs LAPOR.GO.ID

3 min read
Mungkin hampir seluruh masyakarkat pernah merasakan pengalaman kurang mengenakkan terkait dengan birokrasi di pemerintahan, baik RT, RW, Desa, Kecamatan, sampai ke tingkat pemerintahan pusat.
Sebagai contoh saja, misal ketika pembuatan KTP, Akta, atau KK yang seringkali banyak Pungutan Liar atau PUNGLI, padahal secara UU pembuatan tersebut dilaksanakan secara gratis atau tanpa biaya, masalah ini dapat kita laporkan melalui lapor.go.id
mungkin sebagian dari anda masih bingung apa itu LAPOR. baiklah kami akan sedikit memberikan ulasan tentang LAPOR.
lapor
Seperti yang dikutip dari situs lapor.go.id, LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) adalah sebuah sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang mudah diakses dan terpadu dengan 81 Kementerian/Lembaga, 5 Pemerintah Daerah, serta 44 BUMN di Indonesia. 

LAPOR! dikembangkan oleh Kantor Staf Presiden dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat untuk pengawasan program dan kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan publik.
LAPOR! diinisiasikan oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP) dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat sekaligus interaksinya dengan pemerintah dalam rangka pengawasan program pembangunan dan pelayanan publik. 
Hingga April 2015, LAPOR! telah digunakan oleh lebih dari 290.000 pengguna dan menerima rata-rata lebih dari 800 laporan masyarakat per harinya. LAPOR! menjadi cikal-bakal sistem aspirasi dan pengaduan masyarakat yang terpadu secara nasional. 
Semua laporan yang berhubungan dengan aspirasi atau masukan terkait birokrasi ataupun masalah-masalah lainnya yang berhubungan dengan birokrasi pemerintahan akan diterima untuk kemudian akan diteruskan kepada kementerian ataupun lembaga negara yang sesuai dengan konten aduannya.
Bagi masyarakat yang ingin melaporkan atau memberikan aspirasi dan saran dapat menggunakan situs lapor ini, prosedur pelaporannya pun sangat mudah dan tidak berbelit-belit. Kami akan berikan alur pelaporan sesuai dengan yang tertera pada situs LAPOR.

alur kerja lapor
Pelaporan

 

Masyarakat umum dapat mengirimkan laporan pada LAPOR! melalui berbagai media termasuk situs https://www.lapor.go.id/, SMS 1708 dan juga aplikasi mobile. Laporan kemudian diverifikasi terlebih dahulu oleh administrator LAPOR! untuk kejelasan dan kelengkapan, dan selanjutnya diteruskan ke intansi K/L/D terkait paling lambat 3 hari kerja setelah pelaporan dilakukan. 
Tindak Lanjut Pelaporan
 
LAPOR! akan mempublikasikan setiap laporan yang sudah diteruskan sekaligus memberikan notifikasi kepada pelapor. Instansi K/L/D diberikan waktu paling lambat 5 hari kerja untuk melakukan koordinasi internal dan perumusan tindak lanjut dari pelaporan yang diberikan oleh masyarakat umum. Apabila sudah ada rumusan tindak lanjut, maka instansi K/L/D memberikan informasi kepada pelapor pada halaman tindak lanjut laporan. 
Penutupan Laporan
 
Laporan dianggap selesai apabila sudah terdapat tindak lanjut dari instansi K/L/D pada laporan, dan telah berjalan 10 hari kerja setelah tindak lanjut dilakukan tanpa adanya balasan dari pelapor maupun administrator LAPOR! di halaman tindak lanjut. 
Fitur
  • Tracking ID LAPOR! .Tracking ID LAPOR! merupakan sebuah kode unik yang secara otomatis melengkapi setiap laporan yang dipublikasikan pada situs LAPOR!. Tracking ID dapat digunakan pengguna untuk melakukan penelusuran atas suatu laporan.
  • Anonim dan Rahasia. Fitur anonim tersedia bagi pelapor untuk merahasiakan identitasnya, sedangkan fitur rahasia dapat digunakan untuk membatasi akses atas laporan hanya bagi pelapor dan instansi terlapor. Kedua fitur ini dapat digunakan untuk pelaporan isu-isu sensitif dan sangat privat.
  • Peta dan Kategorisasi. Setiap laporan dapat dilabeli dengan dengan lokasi geografis, topik, status ketuntasan laporan, dan institusi terkait sehingga pemerintah maupun masyarakat dapat memonitor isu dengan berbagai skala dan sudut pandang. Peta LAPOR! dipergunakan sebagai pusat informasi banjir pada saat bencana banjir besar Jakarta di tahun 2012 dan 2014 sebagai rujukan dalam rangka penyaluran bantuan kepada para korban.
  • Opini Kebijakan. Fitur ini dapat digunakan oleh instansi pemerintah yang terhubung sebagai sarana jajak pendapat masyarakat. Beberapa jajak pendapat yang telah dilakukan melalui fitur ini diantaranya tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan dan Rencana Implementasi Kurikulum Baru Pendidikan 2013.
Dengan adanya situs LAPOR ini kita dapat dengan mudah memberikan kritik dan saran serta melaporkan aparatur sipil negara yang bekerja tidak sesuai dengan undang-undang, bahkan kita dapat melaporkan aparatur sipil negara yang terindikasi melakukan pelanggaran terhadap UU baik secara individu, substansi, maupun instansi.
Semoga dengan adanya situs LAPOR ini birokrasi pemerintahan Republik Indonesia ini menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.