Waspada Badware Saat Anda Sedang Browsing di Internet !!! – ARSBLOG.ID
Fri. Sep 20th, 2019

ARSBLOG.ID

BERBAGI DAN MENGINSPIRASI

Waspada Badware Saat Anda Sedang Browsing di Internet !!!

2 min read
Mungkin bagi sebagian besar masyarakat yang sering melakukan kegiatan browsing di internet belum mengetahui istilah badware, padahal badware akan sangat membahayakan komputer atau perangkat yang digunakan untuk melakukan browsing.
badware
Badware secara umum adalah perangkat lunak atau software yang secara fundamental yang akan mengabaikan pilihan pengguna yang berkaitan dengan bagaimana komputer atau jaringan pengguna tersebut digunakan. atau secara lebih mudah badware ini adalah software yang dapat menginstall secara tersendiri tanpa memberikan kita pilihan untuk mengaturnya.
Beberapa badware dirancang untuk tujuan krimal, politik, bahkan untuk kegiatan main-main yang biasa dilakukan oleh hacker untuk menunjukkan eksistensinya. Badware mungkin dirancang untuk mendapatkan informasi secara ilegal seperti:
  • Mencuri rekening bank, Password, Rahasia Perusahaan, Bahkan Informasi-Informasi berharga lainnya
  • Menipu pengguna untuk melakukan pembelian barang yang ia tidak perlu
  • Mengirim email sampah (spam), atau pesan teks premium dari perangkat mobile
  • Menyerang Komputer lain
  • Mendistribusikan lebih banyak badware lainnya
Jenis badware ini sering juga disebut malware yang didalamnya mengandung virus, trojan, rootkit, bootnet,  spyware, scareware, dan lain sebagainya yang tujuannya untuk mendapatkan keuntungan dari keteledoran pengguna.
badware
Beberapa badware yang ada mungkin tidak memiliki niat jahat, tapi masih gagal untuk dapat menempatkan pengguna dalam kontrol terkait penggunaan software tersebut. Sebagai contoh, misalnya, toolbar pada browser yang dapat membantu Anda berbelanja online lebih efektif, tetapi tidak disebutkan bahwa berbelanja online lewat toolar itu dapat mengirimkan daftar segala sesuatu yang Anda beli secara online tersebut kepada perusahaan yang menyediakan toolbar. Dalam hal ini, Anda tidak dapat membuat keputusan tentang apakah akan menginstal atau menggunakan perangkat lunak ini. Contoh lain adalah ketika Anda menginstal software, yang biasanya terdapat perangkat lunak atau software yang tidak anda inginkan ikut terinstall. Hal ini dapat sangat mengganggu jika software tambahan melakukan sesuatu yang Anda tidak suka atau tidak dapat dihapus ketika Anda menghapus perangkat lunak yang asli.
Saat ini, pendistribusian atau penyebaran badware tidak hanya melalui software yang anda instal, namun juga dapat melalui website yang anda kunjungi atau yang disebut sebagai “badware website”.
Badware Website adalah sebuah situs yang membantu untuk menyebarkan badware tersebut, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Bahkan, beberapa pemilik situs atau website pun terkadang tidak mengetahui bahwa websitenya telah digunakan sebagai distributir badware kepada para pengunjungnya.
ini adalah contoh situs yang terindikasi mengandung badware pada browser mozilla
blocked situs
 
Untuk itu, sebagai antisipasi dalam mencegah penyebaran badwrae tersebut, alangkah lebih bijaknya jika kita mengaktifkan proteksi yang disediakan oleh browser anda, sehingga ketika sebuah situs terindikasi sebagai badware website, maka anda dapat mengetahuinya.
Waspadalah selalu dalam melakukan kegiatan browsing.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.ARSBLOG.ID | Newsphere by AF themes.